Contoh Kalimat Past Future Tense

contoh kalimat past future tense

unsplash.com

Pengertian Past Future Tense

Past Future Tense adalah salah satu bagian dari tenses yang menjelaskan kejadian atau peristiwa di masa depan dari sudut pandang masa lalu. Contoh kalimat past future tense adalah I would come to Nina’s birthday. berdasarkan kata ‘would come’ menjelaskan aksi (berupa janji untuk datang) pada masa lalu yang akan terjadi di masa depan yaitu ulang tahunnya Nina.

Penggunaan bentuk Past Future Tense terjadi ketika dalam hal meyatakan suatu kejadian yang akan dilakukan, membuat prediksi dan membuat janji pada masa depan saat berada di masa lalu. Past future tense sendiri dibagi mejadi dua bentuk:

  • pertama, menggunakan tense ini dalam kalimat pengandaian (conditional sentence) atau kalimat tidak langsung (reported sentence);
  • kedua, pemakaian dalam mengucapkan kegiatan atau peristiwa yang penggunaannya terjadi pada waktu lampau.
Sumber: alamy.com

Rumus Past Future Tense

Berdasarkan dari Merriam Webster, Simple past future tense dibentuk dari modal would dan bare infinitive atau dibentuk dari auxiliary verb “be” (was, were), present participle “going”, dan infinitive. Apa itu infinitive? Infinitive adalah particle “to” + bare infinitive. Kemudian past future tense mempunyai dua bentuk yang berbeda, yang pertama adalah bentuk lampau modals shall/will sehingga penggunaan pada past future tense berubah menjadi should/would, selanjutnya yang kedua adalah bentuk lampau dari kata kerja bantu “be” yaitu am, is, are berubah menjadi was, were dan ditambah dengan going to.

Adapun rumus past future tense dibagi menjadi tiga jenis kalimat, yaitu sebagai berikut:

Kalimat PositifS + should/would + bare infivitive S + was/were + going to + bare infinitive
Kalimat NegatifS + should/would + not + bare infinitiveS + was/were + not + going to + bare infinitive
Kalimat InterogatifShould/would + S + bare infinitive?Was/were + S + going to + bare infinitive?

Fungsi dan Contoh Penggunaan Past Future Tense

Kesukarelaan

Kalian dapat menggunakan Past Future Tense untuk mengarah pada sebuah aksi yang terjadi dengan cara sukarela (menggunakan would). Contoh kalimat past future tense fungsi pertama adalah:

  1. (+) I knew you would prepare all the things for the class (saya tahu kamu akan mempersiapkan segala hal untuk kelas)

(-) I knew you would not prepare all the things for the class. (Saya tahu kamu tidak akan mempersiapkan segala hal untuk kelas)

(?) Would you prepare all the things for the class? (Maukah kamu memepersiapkan segala hal untuk kelas?)

2. (+) Andre was going to give a cool sneaker to his friend. (Andre akan memberikan sepatu kets keren untuk temannya)

(-) Was Andre going to give a cool sneaker for his friend? (Apakah Andre akan memberikan sepatu kets keren untuk temannya?)

Perencanaan

Selanjutnya adalah perencanaan, kalian dapat menggunakan Past Future Tense jika ingin meyatakan tindakan yang direncanakan, yaitu dengan menggunakan was/were going to.

  1. (+) My brother said he and his friends were going to trip to Yogyakarta (Kakakku mengatakan dia dan teman-temannya akan jalan-jalan ke Yogyakarta)

(-) My brother said he and his friends were not going to a trip to Yogyakarta (Kakakku mengatakan dia dan teman-temannya tidak akan jalan-jalan ke Yogyakarta)

(?) Were your brother and his friends going to a trip to Yogyakarta? (Apakah kakakmu dan teman-temannya akan pergi jalan-jalan ke Yogyakarta?)

2. (+) I thought she was going to married on this year (Saya pikir dia akan menikah tahun ini)

(-) I thought she was not going to married on this year (Saya pikir dia tidak akan menikah tahun ini)

(?) Was she going to married on this year? (Apakah dia akan menikah tahun ini?)

Menyatakan Janji

Selanjutnya, kita dapat menggunakan tense ini ketika ingin menyatakan sebuah janji kepada orang lain, dalam hal ini kita menggunakan would. Contoh kalimat past future tense fungsi ketiga adalah:

  1. (+) My friend told me that she would treat me for a food today (Teman saya memberi tahu saya bahwa dia akan mentraktir saya makan hari ini)

(-) My friend told me that she would not treat me for a food today (Teman saya mengatakan kapada saya bahwa dia tidak akan mentraktir saya untuk makan hari ini)

2. (+) He promised me he would give me a new bag (Dia berjanji padaku dia akan memberiku tas baru)

(-) He promised me he would not give me a new bagi (Dia berjanji dia tidak akan memberi saya tas baru)

Prediksi

Dalam pemakaiannya, bentuk ini menyatakan prediksi ataupun pengandaian. Adapun contohnya adalah sebagai berikut:

  1. (+) My father had a strong feeling that the weather would be a warm (Ayah saya memiliki perasaan yang kuat bahwa cuaca akan menjadi hangat)

(-) My father had a strong feeling that the weather would not be a warm (Ayah saya memiliki perasaan kuat bahwa cuacanya tidak akan hangat)

(?) Would your father had a strong feeling that the weather be a warm? (Apakah ayahmu memiliki perasaan yang kuat bahwa cuacanya hangat?)

2. (+) I thought that the authorities were going to investigate all allegations of fraud (Saya pikir pihak berwenang akan menyelidiki semua tuduhan penipuan)

(-) I thought that the authorities were not going to investigate all allegations of frauds (Saya pikir pihak berwenang tidak akan menyelidiki semua tuduhan penipuan)

(?) Were you thought that the authorities going to investigate all allegations of frauds? (Apakah kamu berpikir bahwa pihak berwenang akan menyelidiki semua tuduhan penipuan?)

Sekian penjelasan mengenai contoh kalimat Past Future Tense secara singkat, yang mana cara penggunaaannya seringkali kita lupakan saat belajar Bahasa Inggris. Masih banyak lagi Tense iyang terdapat dalam Bahasa Inggris lohh kira-kira Tense mana lagi yang sering kali kalian lupakan atau bahkan tidak tau cara penggunaannya?

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsAp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *