“Despite” dan “In Spite Of”

Dalam penggunaan “Despite” dan “In spite of” masih beberapa orang bingung bagaimana menggunakannya dalam kalimat. Di Bahasa Indonesia sendiri kata ini memiliki arti “meskipun”. Mari kita pelajari lebih detail kata ini yuk!

Source: Sun English “Despite” vs “In spite of”

Despite dan In spite of adalah preposition yang terdapat di awal atau di tengah kalimat.

Istilah-istilah ini menunjukkan kontras atau semacam hubungan antara klausa independen (klausa yang dapat berdiri sendiri sebagai kalimat lengkap), dan klausa dependen (klausa yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat lengkap).

Despite dan in spite seharusnya ditulis pada awal klausa dependen.

In spite of studying for months, Monica did not pass the state bar exam.

Dalam contoh tersebut, “studying for months” adalah klausa dependen dan “Monica did not pass the state bar exam” adalah klausa independent.

Namun, ada beberapa tipe kata-kata khusus yang menggunakan “despite” atau “in spite of”

Noun (a person, place, thing, or idea):

He suddenly felt hot, in spite of the freezing weather.

Gerund (a verb form that ends in “–ing” that is used as a noun):

Despite all my meditating, I still felt anxious.

Phrases yang menggunakan how, who, what, where, why, when:

They forgave each other, despite what was said.

Tips untuk mengingat penggunaan “Despite” dan “In spite of”

  1. Prepositions “despite” dan “in spite of” digunakan untuk mengekspresikan kontras antara klausa independen (kalimat lengkap yang memiliki subjek, predikat, objek), dan Klusa dependen (klausa yang tidak dapat berdiri sendiri dan membutuhkan klausa independent)
  2. Tidak ada masalah dalam memilih “despite” atau “in spite of” dalam kalimat, tapi banyak yang memilih “despite” karna lebih efektif dipakai.
  3. Tidak ada “of” setelah despite. Hanya ada “despite” atau “in spite of”, bukan “despite of”
  4. “in spite of” dan “despite” keduanya adalah idioms yang artinya meskipun seseorang tidak ingin atau berharap untuk melakukannya.

“Luna cried in spite of herself,” artinya Luna tetap menangis walaupun dia tidak mau.

“Despite being a great writer, spelling and grammar errors can slip into your writing.”

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar ne geri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.