Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta ada di mana?

Perguruan tinggi negeri masih menjadi tujuan favorit bagi sebagian besar siswa lulusan SMU, salah satunya yaitu di Jakarta yang merupakan mimpi sebagian besar calon mahasiswa di Indonesia. Hal ini dikarenakan ada banyak pilihan jurusan dan universitas yang bisa dipilih di Jakarta. Selain itu, banyak yang percaya bahwa dengan berkuliah di Jakarta, prospek karir akan lebih melesat.

Nah, buat kamu yang hendak mencari informasi tentang universitas di Jakarta, khususnya universitas negeri, berikut ini adalah daftarnya, yang disertai dengan informasi mengenai jurusan favorit dan beasiswa. Simak baik-baik ya.

1. Universitas Indonesia (UI)

Ini adalah perguruan tinggi negeri terfavorit, bukan hanya bagi warga Jakarta, tapi bahkan se-Indonesia. Banyak pelajar yang ingin berkuliah di sini. Berikut ini adalah jurusan yang peminatnya lebih dari 2000 orang pada pendaftaran SNMPTN tahun 2020 kemarin.

  • Pendidikan Dokter
  • Ilmu Hukum
  • Manajemen
  • Akuntansi
  • Ilmu Psikologi
  • Ilmu Komunikasi

Peluang untuk masuk perguruan tinggi negeri, termasuk UI, tentu akan dipertimbangkan secara matang oleh calon mahasiswa dengan mengacu ke ‘angka keketatan’ tertinggi di SBMPTN 2021. Keketatan merupakan presentase jumlah daya tampung berbanding dengan jumlah pendaftar di suatu jurusan universitas. Semakin kecil presentase, artinya daya saing semakin tinggi. Sebaliknya, jika semakin besar persentase, maka semakin rendah daya saingnya. Sebagai contoh, Ilmu Komunikasi menjadi jurusan di UI dengan keketatan tertinggi. Jumlah pendaftar Ilmu Komunikasi UI pada SBMPTN 2021 sebanyak 1.978 siswa, sementara daya tampung untuk tahun 2022 sebesar 30 siswa. Artinya, persentase keketatan di jurusan tersebut tercatat sebesar 1,06%. 

Berikut beberapa Jurusan di UI dengan Keketatan Tinggi di SBMPTN 2021 

  1. Ilmu Komunikasi
    Jumlah pendaftar 2021: 1.978
    Keketatan 2021: 1,06%
    Daya tampung 2022: 30
  2. Bahasa dan Kebudayaan Korea
    Jumlah pendaftar 2021: 736
    Keketatan 2021: 1,22%
    Daya tampung 2022: 9
  3. Ilmu Hubungan Internasional
    Jumlah pendaftar 2021: 1.268
    Keketatan 2021: 1,34%
    Daya tampung 2022: 18
  4. Sastra Inggris
    Jumlah pendaftar 2021: 857
    Keketatan 2021: 1,63%
    Daya tampung 2022: 14
  5. Ilmu Psikologi
    Jumlah pendaftar 2021: 2.910
    Keketatan 2021: 1,86%
    Daya tampung 2022: 57

Macam-Macam Beasiswa Di UI

Universitas Indonesia menawarkan beberapa jenis beasiswa sebagai berikut:

  1. program beasiswa kerja paruh waktu, yang dikhususkan bagi mahasiswa yang ingin kerja paruh waktu pada berbagai unit kerja yang ada di sekitar UI. Syarat yang harus dipenuhi adalah mahasiswa harus bekerja selama 40 jam per bulan. Sehingga, nantinya akan memperoleh kompensasi sebesar Rp. 300.000 per bulan.
  2. beasiswa sponsor, yang bisa bersumber dari pemerintah, perseorangan, perusahaan, yayasan, dan lembaga lain. Masing-masing program sponsor mempunyai besaran biaya dan jangka waktu bervariasi. Beberapa program menawarkan biaya sampai kuliah selesai. Ada juga yang menyediakan beasiswa hanya pada semester tertentu. Selain itu, besaran beasiswa yang diberikan juga bervariasi, mulai dari membayar uang kuliah per bulan, membayar uang kuliah per bulan plus uang saku. Untuk beasiswa sponsor sendiri, ada tiga jenis. Pertama adalah beasiswa prestasi, beasiswa campuran, dan beasiswa kurang mampu. Hal lainnya yang perlu kamu perhatikan dari beasiswa kuliah di Universitas Indonesia adalah timeline mengajukannya karena UI menyediakan beasiswa sebelum perkuliahan dimulai, sebelum semester satu dimulai, contohnya adalah beasiswa Bidik Misi.

Syarat Beasiswa di UI

Jika kamu ingin mengajukan beasiswa, maka hal paling utama adalah dengan melengkapi seluruh dokuman yang dibutuhkan. Pahami serta ikuti seluruh tahap yang sudah ada. Persyaratan tentu berbeda, namun umumnya adalah sesuai syarat berikut:

  • IPK minimal 3.01
  • Salinan slip gaji kedua orangtua
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy Kartu Identitas Mahassiwa (KTM)
  • Melengkapi formulir beasiswa
  • Daftar riwayat hidup
  • Surat pernyataan tidak merokok

Berikut adalah berbagai pilihan beasiswa di UI:

  • PPA-BBM
  • Bank Indonesia
  • BP MIGAS
  • Sumitomo
  • BRI
  • Exxon-Mobil
  • UFJ
  • BMU
  • Unilever
  • BAZNAZ
  • Seribu Anak Bangsa
  • Karya Salemba
  • BCA

Kamu juga dapat memperoleh informasi lebih lengkap pada laman ini.

Alumni Universitas Indonesia Paling Populer

  1. Chairul Tandjung
    Pengusaha kelas kakap yang namanya langganan masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia ini adalah lulusan Fakultas Kedokteran Gigi UI lho.
  2. Najwa Shihab
    Gelar sarjana hukum di samping namanya diperoleh jurnalis ternama satu ini dari Fakultas Hukum UI. Najwa diketahui lulus dari Fakultas Hukum UI pada tahun 2000.
  3. Dian Sastrowardoyo
    Menyebut nama alumni UI, tak afdol jika tak memasukkan nama aktris film papan atas satu ini. Ya, Dian merupakan sarjana Ilmu Filsafat dari Fakultas Ilmu Budaya UI.

2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 

Universitas Negeri Jakarta dahulu terkenal dengan nama IKIP Jakarta (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Namun setelah ada perubahan dan kebijakan dari pemerintah, saat ini namanya berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta atau UNJ. Setelah berubah, UNJ pun menjadi salah satu perguruan tinggi negeri dengan berbagai jurusan terbaik di Jakarta .

Sebagaimana diketahui, UNJ adalah perguruan tinggi negeri yang identik mencetak lulusan guru, khususnya di sekitar Jakarta. Meski menonjol di jurusan pendidikan guru, namun ada juga pilihan jurusan nonkeguruan yang tak kalah menarik. Bahkan, UNJ termasuk salah satu kampus favorit di ibu kota yang tak pernah sepi peminat.

Kampus ini memiliki 8 fakultas dan 62 program studi (prodi), baik itu bidang kependidikan maupun non-kependidikan untuk program S1. Pada UTBK SNMPTN atau SBMPTN 2021, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi salah satu PTN favorit. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah peminatnya dalam SBMPTN 2021 lalu. Tercatat, peserta yang memilih UNJ dalam UTBK SBMPTN 2021 baik sebagai pilihan 1 dan 2 mencapai 40.437 orang. Dari angka tersebut, terbagi dalam berbagai jurusan yang ditawarkan. Diantara jurusan favorit tersebut, salah satunya mungkin bisa menjadi pilihan. Berikut adalah beberapa jurusan paling diminati di UNJ:

  1. Psikologi
    Psikologi menjadi jurusan yang menyumbang paling banyak peminat pada SBMPTN 2021 lalu dengan jumlah mencapai 3.536 pemilih. Jumlah kuota yang disediakan jauh melebihi pemilihnya dengan kota hanya 90 kursi saja.
  1. Manajemen
    Pada prodi Manajemen, pada tahun 2821 lalu menawarkan 54 kursi dan pada realisasinya memiliki total Pendaftar UTBK SBMPTN 2021 sebanyak 3.200
  1. Ilmu Komunikasi
    Prodi Ilmu Komunikasi menjadi jurusan paling diminati UNJ dengan daya tampung 33 kursi dengan total pendaftar UTBK SBMPTN 2021 mencapai 3.166.
  1. Bisnis Digital
    Pada prodi Bisnis Digital, UNJ memberikan kuota 41 kursi pada UTBK SBMPTN 2021. Menariknya, para saat itu memiliki total pendaftar sebanyak 2.264.
  1. Akuntansi
    Prodi Akuntansi di UNJ menawarkan daya tampung 54 kursi pada UTBK SBMPTN 2021. Prodi ini menjadi salah satu yang paling diminati dengan total pendaftar UTBK SBMPTN 2021 mencapai 1.680.

Macam-Macam Beasiswa Di UNJ

Seperti perguruan tinggi negri lainnya, ada beberapa beasiswa dan sumber dana yang tersedia di UNJ, antara lain sebagai berikut:

1.Peningkatan Prestasi Akademik/PPA (Proyek UNJ)
2.Bantuan Belajar Mahasiswa/BBM (Proyek UNJ)
3.Bidik Misi (Proyek TPSD Dikti)
4. PKPS-BBM (Proyek TPSD Dikti)
5.TPSD (Proyek TPSD Dikti)
6.The Tempo Group (PKPPM Ditjen Dikti)

Syarat Beasiswa di UNJ

Syarat umum menerima beasiswa biasanya tidak berbeda jauh dari tahun ke tahun, berikut syarat umum yang dapat kamu cermati antara lain:
1. Mahasiswa sedang aktif kuliah, tidak cuti atau berencana cuti.
2. Mahasiswa tidak sedang mengusulkan/mendapat beasiswa atau bantuan dari pihak lain (pemerintah dan swasta), dan belum tiga kali berturut-turut mendapat beasiswa yang dinyatakan dengan surat keterangan ditandatangani Kepala Prodi.
3. IPK minimal bisa berbeda tergantung persyaratan beasiswa yang diajukan)
4. Melengkapi berkas-berkas usulan beasiswa dan fomulir beasiswa tergantung beasisiwa yang diajukan.

Setiap fakultas memiliki kebijakan berbeda mengenai pengajuan dan persyaratan untuk memperoleh beasiswa. Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta bisa mengajukan beasiswa dengan persyaratan-persyaratan tertentu yang ditentukan oleh Universitas Negeri Jakarta. Informasi mengenai beasiswa ini ada di setiap fakultas dan bisa langsung diperoleh di bidang akademik atau kemahasiswaan atau mengakses www.unj.ac.id dan untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi dapat mengakses link ini.

Alumni UNJ Paling Populer

Walaupun identik dengan profesi guru, ternyata banyak juga alumni UNJ yang berkarya di berbagai bidang. Salah satunya adalah menjadi artis. Berikut ini deretan artis lulusan UNJ:

1. Oki Setiana Dewi Perempuan berhijab ini adalah seorang aktris, penulis, dan pendakwah. Oki memulai kariernya sebagai bintang utama di film Ketika Cinta Bertasbih pada 2009. Namanya pun mulai bersinar hingga sukses membintangi sinetron dan film yang sebagian besar bertema Islami. Oki tercatat pernah menempuh kuliah program Magister Pendidikan Anak Usia Dini UNJ dan lulus pada 2016. Oki yang juga dikenal sebagai pendakwah juga menempuh S3 Kajian Islam Konsentrasi Dakwah di UIN Syarif Hidayatullah dan lulus pada 2021.

2. Denny Wahyudi atau di dunia televisi dikenal dengan Denny Cagur merupakan alumni sarjana program studi Pendidikan Ekonomi UNJ yang lulus pada 2001. Semenjak mahasiswa, Denny memang dikenal sebagai orang yang menghidupkan suasana dengan berbagai candaannya. Hingga akhirnya Denny dan beberapa temannya membentuk grup lawak Cagur.

3. Sundari Soekotjo Nama wanita ini terkenal di dunia musik Indonesia, terutama keroncong. Wanita yang juga pernah mengajar sebagai guru kesenian di SMA 38 Jakarta ini menempuh pendidikan D3 IKIP pada 1987 dan sarjana Pendidikan Seni Musik dari UNJ pada 2002. Pemilik nama lengkap Sundari Untinasih Soekotjo ini memiliki kecintaan pada musik keroncong dari sang ayah, Soekotjo Ronodihardjo. Ayahnya yang memperkenalkan musik keroncong dan kerap mengajaknya bernyanyi lagu-lagu keroncong. Selama berkarier, Sundari memiliki sejumlah karya-karya musik. Di antaranya Rek Orek, Ela Elo, Jamur Ing Mangsa Ketiga, album Keroncong Asli Sundari Soekotjo Vol 1 (2002), Album Emas Keroncong (2008), Pop Keroncong (2009), Keroncong Asli Sundari Soekotjo Vol 2 (2010), dan Keroncong In Jazzy Mood – Impian Semalam (2015).

3. UPN Veteran Jakarta

Selain dua pilihan di atas, perguruan tinggi negeri di Jakarta lainnya yang mungkin kamu bisa pilih yaitu UPN Veteran Nasional (Universitas Pembangunan Nasional).

Berikut beberapa jurusan di UPN Veteran Jakarta yang paling diincar

A. Jurusan saintek dengan peminatan tertinggi

1. Sistem informasi
Jumlah peminat 2020: 1.920
Daya tampung 2021: 88

2. Kedokteran
Jumlah peminat 2020: 1.848
Daya Tampung 2021: 75

3. Kesehatan Masyarakat
Jumlah peminat 2020: 1.650
Daya tampung 2021: 70

B. Jurusan soshum dengan peminatan tertinggi
1. Ilmu komunikasi
Jumlah peminat 2020: 4.242
Daya tampung 2021: 160

2. Manajemen
Jumlah peminat 2020: 2.671
Daya Tampung 2021: 140

3. Hukum
Jumlah peminat 2020: 1.838
Daya tampung 2021: 175

Macam-Macam Beasiswa Di UPN

Beasiswa PPA dan BBP-PPA

Sebagai perguruan tinggi negeri, khususnya di Jakarta, UPN menawarkan beberapa bantuan finansial bagi mahasiwanya. Yang pertama yaitu beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA). Beasiswa PPA biasanya diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) di atas 3,3. Sementara itu, beasiswa BBP-PPA terbuka bagi mahasiswa yang kurang mampu namun memiliki prestasi yang cukup memuaskan. Syarat umum untuk bisa mendapatkan beasiswa ini yaitu memiliki Indeks Prestasi Komulatif yang memadai, yakni 3,00. Di UPN Veteran Jakarta, semua penerima beasiswa ini akan ditetapkan melalui Surat Keputusan Dekan.

Beasiswa ini baru bisa kamu ikuti setelah menempuh semester kedua. Namun, sejak semester I kamu sudah harus mempersiapkan diri menjadi mahasiswa yang layak dan bisa lulus seleksi beasiswa ini. Secara umum, kandidat penerima beasiswa PPA dan BPP-PPA minimal sudah duduk di semester II dan maksimal duduk di semester IV. Data yang perlu kamu siapkan adalah Kartu Mahasiswa dan Kartu Rencana Studi untuk menandakan bahwa kamu adalah mahasiswa aktif.

Selain itu, persiapkan juga dokumen lainnya seperti fotokopi sertifikat dan piagam yang bisa menjadi bukti prestasi yang kamu miliki. Jangan lupa juga menyiapkan fotokopi kartu keluarga dan surat rekomendasi dari pimpinan fakultas atau program studi kamu. Jika kamu berhasil lulus seleksi dan ditetapkan sebagai penerima beasiswa PPA atau BBP-PPA, maka kamu akan mendapatkan bantuan finansial selama enam bulan.

Selain beasiswa-beasiswa yang telah dijelaskan di atas, kelak kamu juga akan menemukan peluang untuk mendapatkan beasiswa-beasiswa lainnya karena di UPN Veteran Jakarta, banyak beasiswa silih berganti datang karena dunia kampus memang banyak menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Hanya saja, kamu harus tekun berburu informasi beasiswa. Semangat ya.

Alumni UPN Paling Populer

Jika kamu memutuskan untuk bergabung dengan UPN Veteran Jakarta, kamu bisa sedikit berbangga. Dalam hal ini, UPN Veteran Jakarta juga memiliki sederet alumni yang mampu menggaungkan nama-nama mereka di kancah nasional. Kebanyakan alumni dari UPN Veteran Jakarta ini sukses berkarir di dunia politik. Namun ada juga alumni-alumni yang malah terkenal sebagai seorang konsultan politik. Salah satunya adalah Popon Lingga Geni, alumnus UPN Veteran Jakarta yang kerap dikejar wartawan untuk dimintai pendapatnya terhadap keberhasilan para politikus dalam memenangkan pemilihan kepala daerah.

Universitas Islam Negeri

Berdasarkan data SNMPTN UIN Jakarta tahun 2021 yang diterbitkan Bagian Akademik UIN Jakarta, perguruan tinggi negeri yang berfokus di bidang agama Islam ini memiliki 26 prodi yang bisa dipilih.

Berikut beberapa Prodi UIN Jakarta dengan Peminat Terbanyak:
1. Manajemen
Prodi Manajemen FEB UIN Jakarta menjadi prodi dengan jumlah peminat terbanyak yaitu 958 peminat. Kuota yang disediakan untuk prodi manajemen yakni 48 orang.

2. Psikologi
Selanjutnya, prodi paling diminati yakni psikologi pada Fakultas Psikologi dengan jumlah peminat 844 orang. Kuota tersedia pada prodi psikologi yakni 60 orang.

3. Keperawatan
Prodi urutan terbanyak peminat berikutnya adalah Prodi Ilmu Keperawatan. Salah satu prodi Fakultas Ilmu Kesehatan ini diminati 604 peminat dari total kuota 30 orang.

4. Farmasi
Berikutnya ditempati Prodi Farmasi dengan 544 orang peminat dari total kuota 32 orang.

5. Akuntansi
Selanjutnya prodi dengan jumlah peminat terbanyak berurutan ditempati Prodi Akuntansi dengan 529 peminat dari kuota 48 orang.
Dari 26 prodi yang ditawarkan di jalur SNMPTN ini, UIN Jakarta menetapkan kuota mahasiswa baru sebanyak 888 orang. Sedangkan jumlah peminat masuk UIN Jakarta melalui jalur SNMPTN mencapai 7.925 orang.

Macam-Macam Beasiswa Di UIN

Berikut adalah beberapa beasiswa yang ditawarkan di UIN Jakarta dari sejumlah lembaga dan perseorangan.

1. Beasiswa Badan Layanan Umum (BLU) UIN Jakarta. Beasiswa diberikan kepada para mahasiswa yang mendaftar ke Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syari’ah dan Hukum, dan Fakultas Dirasat Islamiyah. Syarat calon penerima beasiswa adalah lulus seleksi Ujian Mandiri dan hanya mendaftar di beberapa program studi tertentu di masing-masing fakultas.

2. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang memiliki salah satu kartu program bantuan nasional, seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Jakarta Pintar (KJP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Program Keluarga Harapan (PKH). beasiswa pemegang KIP Kuliah di UIN Jakarta tersedia kuota sebanyak 500 mahasiswa. Kuota tersebar di 12 fakultas dan dengan angka kuota bervariasi di masing-masing program studi.

3. Beasiswa Yayasan Beasiswa Jakarta (YBJ). Beasiswa diberikan kepada mahasiswa penduduk DKI Jakarta yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) serta kuliah di perguruan tinggi di wilayah DKI Jakarta, termasuk UIN Jakarta.

4. Beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Beasiswa diberikan kepada mahasiswa aktif yang duduk di semester V dan memiliki IPK minimal 3,00.

Alumni UIN Paling Populer

Sebagai institusi berbasis Islam, tak pelak terkadang orang-orang memandang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebelah mata. Masih banyak yang meragukan kualitas UIN Jakarta. Banyak yang menilai bahwa UIN Jakarta hanyalah kampus lulusan pesantren. Label itu masih berlaku hingga sekarang. Sampai-sampai para alumni pesantren yang baru lulus langsung disuruh masuk UIN Jakarta saja. Memang tak salah, tapi jangan anggaplah sebelah mata. Bagi anak UIN Jakarta, berbanggalah! Anak UIN Jakarta tak hanya menjadi ustad saja, tapi sebagai politikus sampai artis pun bisa! Inilah alumni-alumni UIN Jakarta yang terkenal.

  • AM Fachrir
kompas.com

AM Fachrir adalah seorang diplomat. Pada tanggal 27 Oktober 2014, ia dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia. Dia adalah alumni UIN Jakarta lulusan Sastra Arab.

  • Wali Band
    Kalau ini pasti tahu kan? Sebagai band ternama di Indonesia, Wali Band sudah memiliki banyak lagu yang diakui oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Anggotanya berjumlah lima orang. Semua personel band ini adalah lulusan pesantren dan sebagian merupakan alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Semoga artikel ini cukup memberikan informasi yang kamu butuhkan mengenai universitas negeri di Jakarta, ya. Dengan demikian, beberapa referensi di atas dapat kamu jadikan alternatif sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk informasi lengkap lainnya seputar kampus di Jakarta, pilihan program studi, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.