Dongeng Bahasa Inggris untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

dongeng bahasa Inggris

source: pngegg.com

Once upon a time, ada seorang pembelajar bahasa Inggris yang sangat bersungguh-sungguh sedang mencari cara yang menyenangkan untuk melatih kemampuan bahasanya. “Tetapi bagaimana saya akan meningkatkan bahasa Inggris saya?”, dia bertanya. Sebuah jawaban datang kepadanya melalui posting blog ini: dongeng bahasa Inggris! Dongeng bahasa Inggris yang mudah bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan bahasa sambil menghibur diri sendiri di waktu yang sama.

Bagaimana Dongeng Bahasa Inggris yang Mudah dapat Membantu Kemampuan Bahasa?

Dongeng tidak hanya menghibur dan menyenangkan untuk dibaca, tetapi ada banyak faktor yang menjadikannya pilihan tepat bagi pelajar bahasa Inggris.

Sebagai permulaan, karena ceritanya pendek, jadi kita biasanya dapat membacanya dalam sekali duduk. Kita juga pasti lebih mudah memulai pekerjaan yang lebih pendek sehingga kita tidak merasa kewalahan karena terlalu banyak bahasa Inggris pada satu waktu sekaligus.

Selain itu, pelajar mungkin sudah akrab dengan dongeng karena mereka diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan diajarkan di seluruh dunia kepada anak-anak. Mengetahui tentang apa ceritanya akan membantu kita mudah memahaminya dalam bahasa Inggris.

Karena tujuan dongeng biasanya untuk anak-anak, mereka cenderung menggunakan kosakata bahasa Inggris dan struktur kalimat dengan tingkat rendah, yang berarti bahwa dongeng adalah tingkat yang sesuai untuk pelajar bahasa Inggris pemula.

Dongeng juga sering menyertakan dialog atau pengulangan yang mudah untuk menceritakan kisah, yang berarti bahwa, selain meningkatkan keterampilan membaca bahasa Inggris, kita juga dapat dengan mudah belajar bahasa Inggris melalui cerita-cerita ini.

5 Dongeng Ajaib Bahasa Inggris untuk Pembelajar Tingkat Pemula

The Princess and the Pea

dongeng bahasa Inggirs
source: pngegg.com

The Princess and the Pea” adalah cerita klasik yang penulisnya adalah Hans Christian Andersen. Ini menceritakan kisah seorang ratu yang merancang (menciptakan) cara cerdas untuk menguji apakah seorang gadis yang mengaku sebagai seorang putri benar-benar seorang putri sejati.

Ceritanya sendiri banyak menggunakan kata kerja dalam simple past tense (bentuk paling dasar dari past tense dalam bahasa Inggris) seperti was, want, traveling, dan thought. Ini dapat memberikan latihan yang bagus untuk pelajar bahasa Inggris.

Kata-kata yang perlu kita tahu (sebelum membaca cerita):

  • Plight — situasi yang berbahaya atau sulit
  • Scarcely — hampir tidak sama sekali
  • Defect — ketidaksempurnaan atau masalah
  • Genuine — tulus
  • Dreadful — mengerikan

The Frog Prince

The Frog Prince” adalah dongeng menyenangkan yang ditulis oleh Brothers Grimm yang terkenal. Dalam cerita aslinya, seorang putri menjatuhkan bola emasnya ke mata air (tempat air naik dari tanah). Untuk mendapatkannya kembali, dia harus berteman dengan seekor katak.

Cerita ini penuh dengan kata sifat yang berguna yang memberikan latihan bahasa Inggris yang bagus dan menawarkan kesempatan untuk menambahkan beberapa kosakata dasar untuk pengetahuan.

Kata-kata yang perlu kita tahu (sebelum membaca cerita):

  • Jewels — batu mulia
  • Unwilling — tidak ingin melakukan sesuatu
  • Cruel — jahat; menyebabkan penderitaan dengan sengaja
  • Misfortunes — situasi buruk atau nasib buruk
  • Merriment — menyenangkan; kebahagiaan

Little Red Riding Hood

dongeng bahasa Inggirs
source: pngegg.com

Kisah “Little Red Riding Hood” adalah dongeng terkenal lainnya yang ditulis oleh Charles Perrault. Bercerita tentang seorang gadis kecil yang mengembara (berjalan santai) ke dalam hutan dan ditipu oleh serigala yang menyamar sebagai neneknya.

Cerita ini memiliki kata kerja yang sangat mudah yang akan membantu memperluas daftar kosakata bahasa Inggris dan mengikuti cerita dengan lebih baik.

Kata-kata yang perlu kita tahu (sebelum membaca cerita):

  • Dawdle — untuk pergi perlahan
  • Shadow — bayangan
  • Hood — penutup kepala, biasanya melekat pada mantel atau jubah
  • Gobbled — makan dengan cepat
  • Cottage — rumah pedesaan kecil

Ali Baba and the Forty Thieves

Dongeng ini berasal dari kumpulan cerita yang lebih besar berjudul “1001 Arabian Nights”. Ceritanya selalu tentang Ali Baba karena dia harus mengakali sekelompok perampok.

Orang yang sedang belajar bahasa Inggris dapat mengambil manfaat dari memperhatikan kata dan frasa transisi umum yang digunakan di seluruh cerita. Kata dan frasa transisi menyediakan cara untuk berpindah dari satu bagian cerita ke bagian berikutnya. Beberapa contoh dari dongeng ini antara lain one day, then, at last, dan before. Ini adalah frasa yang bagus untuk dimasukkan ke dalam bahasa Inggris sehari-hari.

Kata-kata yang perlu kita tahu (sebelum membaca cerita):

  • Merchant — seseorang yang pekerjaannya biasanya melibatkan perdagangan
  • Conceal — menyembunyikan
  • Heap — tumpukan besar
  • Envy — iri; cemburu
  • Prosperity — menjadi kaya atau sukses

The Tale of Peter Rabbit

dongeng bahasa Inggirs
source: pngegg.com

Cerita ini adalah salah satu dari banyak cerita kecil yang indah yang ditulis oleh Beatrix Potter. Kisah ini menunjukkan apa yang terjadi ketika seekor kelinci muda bernama Peter mendapat masalah karena mencuri makanan dari kebun Mr. McGregor.

Ada banyak kosakata indah yang berhubungan dengan alam dan makanan dalam cerita ini untuk ditemukan oleh pelajar bahasa Inggris.

Kata-kata yang perlu kita tahu (sebelum membaca cerita):

  • Mischief — kelakuan buruk
  • Loaf — sejumlah roti atau makanan panggang lainnya
  • Rake — alat berkebun yang digunakan untuk mengumpulkan daun
  • Wriggled — bergeliat; bergerak liar
  • Puzzled — bingung

Penutup

Demikian beberapa contoh dongeng bahasa Inggris yang dapat kita baca maupun dengarkan untuk melatih kemampuan bahasa Inggris. Dengan lima contoh dongeng tersebut, belajar bahasa Inggris menjadi sangat mudah dan menyenangkan. Kita dapat menemukan cerita lengkapnya secara online, baik melalui Google maupun Youtube. Selain itu, masih ada banyak lagi dongeng-dongeng bahasa Inggris yang dapat kita baca untuk melatih kemampuan bahasa Inggris.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.