Has Been or Had Been? Yuk Kenali Perbedaannya!

Photo by Joanna Kosinska on Unsplash

Apakah kamu pernah bingung dalam membedakan “has been” dengan “had been”? Kedua frasa kata kerja tersebut sangat mirip. Maka dari itu, tidak heran jika hal itu membuat banyak orang yang sedang belajar bahasa Inggris sering kebingungan. Kali ini kita akan membahas perbedaan antara keduanya, sehingga nanti kamu bisa menggunakan has been or had been dengan benar.

Pertama-tama, perlu dipahami bahwa kedua frasa kata kerja tersebut digunakan pada tense yang berbeda. Namun, keduanya merupakan bagian dari event yang sama, yaitu perfect  atau perfect continuous. Perbedaannya hanya terdapat pada time atau waktunya. Selain itu, kedua verb phrase tersebut juga digunakan pada kalimat pasif.

Penggunaan Has Been

Pertama-tama, perlu dipahami bahwa has been merrupakan bentuk present. Has merupakan bentuk additional infinitive dari have. Sehingga, baik has been maupun have been sama-sama digunakan pada kalimat present.

1. Present Perfect Tense

Has been digunakan pada present perfect tense. Present perfect tense memiliki beberapa fungsi. Pertama, tense tersebut digunakan untuk menggambarkan kejadian yang dimulai di masa lalu dan masih berlanjut hingga sekarang. Tense ini juga digunakan untuk mendeskripsikan sebuah aksi yang terjadi beberapa waktu sebelum sekarang.

Rumus dan Contoh:

Subject + Have/Has + Verb 3 (been) + …

He has been to Singapore on holiday.

Artinya ia sudah pernah pergi ke Singapura untuk liburan pada waktu yang tidak spesifik di masa lalu.

Pada present perfect tense penggunaan have atau has tergantung pada subjeknya. Apabila subject-nya I, you, they, we, dan jamak maka menggunakan have. Sebaliknya, jika subjeknya she, he, atau it maka menggunakan has.

2. Present Perfect Continuous Tense

Selanjutnya, has been digunakan pada present perfect continuous tense. Present perfect continuous tense berfungsi untuk menunjukkan kejadian di masa lampau dan masih terjadi hingga saat ini. Aksi tersebut memiliki rentang waktu dan hasilnya relevan dengan kondisi sekarang.

Rumus dan Contoh:

Subject + Have/Has + Verb 3 (been) + Verb -ing

She has been writing an essay since early morning.

Artinya ia sudah mulai menulis esai sejak pagi hari dan masih menulis hingga sekarang.

3. Pada Kalimat Pasif

Berikutnya, has been juga digunakan pada passive voice. Setiap kalimat pasif selalu mengandung “be” sebagai verb auxilary-nya. Contoh penggunannya adalah pada present perfect passive.

Rumus present perfect passive:

Subject + Have/Has + Been + V3 + (by agent)

The winner of the tournament has been announced.

(Pemenang turnamen sudah diumumkan.)

Her package has been delivered.

(Paketnya sudah terkirim.)

My dogs have been vaccinated.

(Anjing saya sudah divaksin.)

Penggunaan Had Been

Perlu diingat bahwa had merupakan bentuk past dan past participle dari have. Maka dari itu, had been digunakan pada past perfect dan past perfect continuous tense. Intinya, kejadian tersebut dimulai dan telah selesai di masa lalu.

1. Past Perfect Tense

Penggunaan had been pada past perfect tense hanya pada kalimat non verbal, yaitu kalimat dengan kata kerja utama (ordinary verb) berupa be. Tense ini digunakan pada aksi yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa lalu (past).

Rumus dan Contoh:

Subject + Had + Verb 3 (been) + …

She had been to Singapore before she studied for student exchange at the National University of Singapore.

Artinya ia sudah pernah mengunjungi Singapura di masa lampau sebelum ia belajar di NUS untuk pertukaran pelajar.

2. Past Perfect Continuous Tense

Had been pada tense ini digunakan saat terjadinya suatu kejadian di masa lampau sebelum suatu kejadian lain terjadi.

Rumus dan Contoh:

Subject + Had + Verb 3 (been) + Verb -ing

I had been watching TV when the earthquake happened.

Artinya saya sedang menonton TV ketika gempa bumi terjadi.

Nah, itu dia penjelasan tentang penggunaan has been or had been. Sekarang kamu pasti bisa membedakan keduanya dan dapat menggunakannya dengan tepat!

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.