Kuliah ke luar negeri? EASY PEASY!

Halo SUN Readers! Siapa yang salah satu resolusi 2023 nya kuliah ke luar negeri? Pasti tidak sedikit ya yang tahun ini ingin stepping up the game untuk ambil Pendidikan di luar Indonesia. Selain karena kondisi pandemi yang sudah mereda, pastinya mencoba merantau ke luar tanah air akan memberikan banyak manfaat dan experience.

Lalu pertanyaannya, dari mana kita harus mulai untuk mewujudkan keinginan atau impian study abroad? Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam proses pendaftaran.

Persiapan Study Abroad

1. Tentukan negara, kampus, dan program tujuan

Tentunya step pertama adalah menentukan tujuan. Tujuan yang dimaksud disini adalah negara yang ingin dituju beserta universitas dan bidang atau jurusan yang akan diambil. Untuk menentukan ini, pastinya kita harus punya tujuan dan motivasi akan bidang ilmu yang ingin ditempuh. Selain itu, beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan adalah prospek karir dan reputasi universitas, serta fasilitas dan mata kuliah yang ditawarkan dalam program yang akan dipilih.

2. Persiapan Bahasa

Mempersiapkan diri dengan mempelajari Bahasa yang akan digunakan di negara tujuan adalah salah satu hal yang akan menentukan keberhasilan kehidupan kita di luar negeri. Saat menentukan tujuan negara, universitas, dan tujuan pastikan teman-teman juga memahami Bahasa apa yang akan digunakan sebagai Bahasa pengantar. Umumnya, universitas akan meminta sertifikat kemampuan Bahasa Inggris seperi IELTS, TOEFL, dan TOEIC. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa sertifikat kemampuan Bahasa lain akan dibutuhkan seperti HSK, JLPT, TOEFL, TOPIK, dll.

3. Dokumen yang disyaratkan

Berbeda seperti pendaftaran universitas di dalam negeri, pendaftaran universitas di luar negeri mewajibkan teman-teman untuk mempersiapkan persayaratan dokumen yang lebih banyak dan terperinci. Beberapa dokumen yang lazimnya akan diminta untuk dilampirkan adalah paspor, visa, formulir pendaftaran, LoA, research proposal, Ijazah dan transkrip nilai yang diterjemahkan, surat rekomendasi, dan personal statement.

4. Additional tests seperti ACT, GMAT, GRE, SAT

Beberapa negara dan program akan meminta calon mahasiswa untuk membuktikan kemampuan akademik mereka melalui beberapa tes seperti ACT, GMAT, GRE, SAT, dll. Program yang biasanya mensyaratkan hasil tes seperti ini adalah program business dan science. Untuk mencapai skor yang disyaratkan, tentunya kalian harus banyak berlatih.

Untuk mempersiapkan empat hal di atas, akan membutuhkan banyak kesabaran dan kerja keras. Serta persiapan tersebut akan lebih baik jika dilakukan jauh-jauh hari.

Persiapan Bahasa Inggris

Salah satu kendala yang dialami pelajar Indonesia adalah persiapan Bahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Meskipun seseorang sangat ahli dan mahir dalam bidang ilmunya, tanpa diikuti dengan kemampuan Bahasa inggris akan sia-sia. Bahasa Inggris bukanlah Bahasa kedua kita. Sedangkan, Bahasa Inggris yang diminta untuk didemonstrasikan meliputi mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Tergantung pada kemahiran Bahasa Inggris seseorang, durasi persiapan sebelum tes setiap orang akan berbeda. Namun, seperti tes pada umumnya, tes Bahasa merupakan manajemen strategi dalam menjawab soal. Hal ini dapat dilatih dengan banyak latihan soal, juga berdiskusi dengan ahlinya atau orang-orang yang sudah berpengalaman dengan tes Bahasa.

Untuk mengambil tes pastinya semua orang dapat melakukannya. Namun, pastinya kita ingin melakukannya dalam satu kali attempt dengan hasil yang memuaskan. Mempertimbangkan harga dari tes Bahasa yang tidak murah, ada baiknya kita melakukan test preparation sebelum mengambil International test yang sesungguhnya.

Salah satu Lembaga yang memfasilitasi persiapan test Bahasa adalah SUN English. Dengan dedikasi dan reputasi yang telah lama diketahui di Indonesia, program dari lembaga ini patut dicoba untuk teman-teman yang ingin mendapatkan hasil tes Bahasa yang mendukung tujuan study abroad teman-teman.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

————————————-

Written by Risyah Adilia

Comments are closed.