Materi-Materi Grammar yang harus dipelajari ketika mengambil TOEFL TEST.

Hallo teman-teman! apakah sudah pernah mengambil test Toefl?. Test Toefl merupakan test bahasa inggris yang popular juga loh saat ini. Test toefl sendiri terbagi dari 2 macam test, yaitu Toefl Internet based-test and Toefl Institusional Testing Program. Perbedaan dari 2 test ini bisa dikatakan cukup significant yah. Berikut deskripsi 2 test tersebut secara singkat: 

TOEFL Internet Based Test (IBT)

Toefl internet based test atau lebih dikenal dengan sebutan IBT test merupakan test bahasa inggris yang menggunakan jaringan internet, berbeda dengan bentuk test yang lainnya. Kemudian, pada test ini kemampuan kalian dalam Reading, Listening, Writing dan Speaking skill akan diuji di mana kamu akan merespon pertayaan yang disediakan dalam bentuk audio atau tulisan. selain itu, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan test ini adalah sekitar 3 jam kurang lebih. lumayan lama yah!. Sistem penilaian pada test ini adalah menggunakan angka yang lebih kecil dibandingkan dengan TOEFL ITP yaitu dengan maksimal score 120. 

TOEFL ITP Test

Setelah membahas IBT test, Toefl ITP atau yang memiliki kepanjangan Institusional Testing Program merupakan salah satu tes yang diakui Dikti. Penyelenggaraan test ini berbeda dengan test IBT yang pada umumnya diselenggarakan oleh lembaga terpercaya atau perguruan tinggi yang memiliki kerja sama dengan lembaga resmi yaitu ets. Namun, faktanya sertifikat TOEFL ITP hanya berlaku di dalam negeri saja. Jadi, baiknya kalian mengabil TOEFL IBT test jika kalian berencana ke luar negeri. 

Setelah mengetahui 2 bentuk test tersebut, sekarang kita pelajari materi-materi grammar apa aja sih yang perlu dipelajari untuk bisa mendapatkan score yang bagus. 

1. Main Verb

kalau kalian sering belajar grammar pasti kata main verb sudah tidak asing lagi yah. Main verb atau kata kerja utama adalah kata yang penting yang perlu kalian ketahui ketika menganalisa sebuah kalimat.

seperti contoh di bawah ini:

“My friends and I watched movie at the cinema yesterday”. 

Pada contoh ini kata “watched” berperan sebagai kata kerja utama. Jadinya, coba kalian bayangkan kalau misalkan kalimat di atas tidak memiliki kata kerja utama, pastinya arti dari kalimat ini akan terlihat aneh dan tidak lengkap. Selain itu, dalam mengerjakan Toefl Test, kalian juga perlu menganalisa and mengunakan kata kerja yang benar, apakah kata kerjanya sudah sesuai dengan subject yang digunakan.

Kata “watched” pada kalimat ini menggunakan bentuk past tense, hal ini dikarenakan kerjadian tersebut sudah terjadi di masa lampau.

2. Comparison

Sudah pada tau belum kalau materi mengenai comparison selalu ditemui pada sesi structure. Selain kata kerja yang perlu kalian pelajari, soal-soal grammar yang berkaitan dengan degree of comparison harus juga menjadi materi utama dalam belajar Toefl. Pada umumnya, perbandingan kata biasanya berupa perbandingan kulitas dari 2 hal atau lebih. seperti contoh di bawah ini:

1. Daniel is ……………. student in English class.

a. highest

b. the highest

c. most high

d. most highest

dari contoh soal di atas, kira-kira jawaban yang benar adalah opsi yang mana?. soal satu ini berkaitan dengan aturan penggunaan superlative yang memiliki arti “yang paling”. Seperti yang kalian ketahui bahwa bentuk dari superlative sendiri adalah:

– the + (adj+est) dan the + (most + adj).

Jadinya, jawaban yang benar dari contoh kalimat ini adalah opti (b) yah, yaitu “the highest”.

3. Noun

Kata benda atau noun adalah bagian dari part of speech yang tidak kalah penting buat kalian untuk dikuasai. Noun terdiri dari berbagai jenis seperti common, proper, concrete, countable, collective, dan uncountable noun. 

Sebelum kalian mengambil tes Toefl alangkah baiknya kalian untuk mempelajari jenis-jenis noun dalam kalimat.

Berikut beberapa jenis-jenis noun dan contoh-contohnya:

– Abstract noun; abstract merupakan kata benda yang berupa konsep, keadaan, ide dan hal abstarack lainnya, seperti contoh: imagination, time, friendship dll.

– Concrete noun; concrete noun merupakan kata benda yang berupa hal yang nyata, seperti contoh Bag, Glass, school, building dll.

– Collective noun; collective noun merupakan kata yang merujuk pada sekelompok benda, orang dan hewan, seperti contoh Government, family dll.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Add a Comment

Your email address will not be published.