Sertifikat Toefl apa aja yang diakui DIKTI?

Pastinya test TOEFL sudah tidak asing lagi bagi kalian yah yang pernah mengikuti tes bahasa inggris. Test ini digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang yang ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri atau dalam negeri. Selain untuk melanjutkan sekolah, test ini telah menjadi syarat yang penting bagi orang-orang yang ingin melamar pekerjaan dan melamar menjadi PNS. Namun, perlu kalian ketahui bahwa sertikat Toefl yang diakui Dikti tidak sembarangan loh. Jadinya, yuk kita bahas daftar jenis sertifikat TOEFL yang diakui Dikti.

Mengapa harus memiliki Sertifikat TOEFL yang diakui Dikti?

Seperti yang kalian ketahui Dikti merupakan Singkatan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Lembaga ini adalah lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk manaugi semua perguruan tinggi di Indonesia. Sehingga, dengan memperoleh sertifikat Toefl yang diakui oleh Dikti, pastinya memungkinkan Dikti untuk memberikan sejumlah jaminan dan perlindungan kepada mahasiswa selama belajar di perguruaan tinggi yang diinginkan. 

Toefl sendiri memiliki 2 jenis tes, yaitu Internet beased test(IBT) dengan range score dimulai dari 0 sampai 120 dan Institusional Testing Program (ITP) yang memiliki range score dari 310 sampai 677.

1. Internet Based Test (IBT)

Toefl internet based test atau lebih dikenal dengan sebutan IBT test merupakan test bahasa inggris yang menggunakan jaringan internet. Berbeda dengan bentuk test yang lainnya, pada test ini kemampuan kalian dalam Reading, Listening, Writing dan Speaking skill akan diuji, yang mana kamu akan merespon pertayaan yang disediakan dalam bentuk audio atau tulisan. Jadi, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan test ini adalah sekitar 3 jam kurang lebih. lumayan lama yah!. Sistem penilaian pada test ini adalah menggunakan angka yang lebih kecil yaitu dengan maksimal score 120. 

Untuk mendapatkan sertifikat resmi dari test ini kalian harus mendaftarkan diri langsung di website www.ets.org. Hal ini dikarenakan TOEFL IBT diselenggarakan langsung oleh pihak ETS nya sendiri atau dikenal dengan Educational Testing Centre. Selanjutnya, biaya test IBT nya sendiri ada sekitaran $205  atau kurang lebih kalau dirupiahin sekitar 2,9 juta rupiah. Selanjutnya, kalian bisa mengakses hasil score ujiannya secara online menggunakan akun yang sama ketika kalian daftar di website ets. Selain itu, sertifikat resmi IBT memiliki masa berlaku 2 yahun sejak diterbitkan.

2. TOEFL ITP Test

Setelah membahas IBT test, Toefl ITP atau yang memiliki kepanjangan Institusional Testing Program merupakan salah satu tes yang diakui Dikti. ITP tes pada umumnya diselenggarakan oleh lembaga terpercaya atau perguruan tinggi yang memiliki kerja sama dengan lembaga resmi yaitu ets. Namun, faktanya sertifikat TOEFL ITP hanya berlaku di dalam negeri saja. Jadi, baiknya kalian mengambil TOEFL IBT test jika kalian berencana ke luar negeri.

Struktur TOEFL ITP official Test

Berbeda dengan test IBT sebelumnya di mana 4 skills kalian akan diuji, Test ITP hanya memiliki 3 bentuk test aja yaitu Listening, structure and written expression dan yang terakhir reading skill. Selain format test nya yang terlihat lebih sederhana, tingkat kesusahaannya juga bisa dibilang tidak terlalu susah dan biaya test yang tidak terlalu mahal. 

Untuk pendaftaran test ini kalian bisa menghubungi lembaga-lembaga bahasa atau universitas universitas yang ada di daerahmu dan kalian juga perlu check apakah lembaga tersebut sudah bekerjasama dengan lembaga resmi Toefl Test yaitu ETS. Mungkin kalian bisa mengikuti tes TOEFL yang diselenggarakan di lembaga-lembaga berikut ini:

1. Sun Education Group

Sun Education Group merupakan salah satu lembaga yang rutin menyelenggarakan tes TOEFL dalam setiap tahun yang memiliki kerjasama resmi dengan ETS. Sertifikat tes TOEFL dari Sun Education Group ini merupakan salah satu sertifikat yang telah terdaftar dan diakui oleh Dikti.

2. Lembaga Bahasa Universitas Indonesia

Mengadakan tes TOEFL di lembaga ini merupakan salah satu option juga di mana sertifikatnya sudah diakui oleh Dikti juga. Pada umumnya, Sertifikat TOEFL dari lembaga bahasa UI ini bisa digunakan sebagai persyaratan untuk memilih perguruan tinggi yang diinginkan. Terutama perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Add a Comment

Your email address will not be published.