Yuk Kita Mengenal apa itu tes SAT

Tertarik kuliah di luar negeri? Kalau iya, kamu harus tahu apa saja persyaratan yang harus kamu penuhi. Nah, salah satunya ialah kemampuan berbahasa Inggris. Dari sekian banyak jenis tes Bahasa Inggris yang harus diambil, salah satunya adalah SAT.

Apakah SAT itu?

SAT adalah singkatan dari Scholastic Aptitude Test, yang diciptakan oleh College Board, yakni Lembaga nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Tes ini biasanya diikuti oleh para pelajar yang ingin memasuki jenjang perguruan tinggi, khususnya tingkat Strata-1 (S1). SAT telah diakui secara global dan menjadi acuan berbagai universitas luar negeri, terutama kampus-kampus yang berada di wilayah Amerika Serikat, Australia, serta Eropa. Tes SAT sudah digunakan sejak tahun 1926 dan mengalami berbagai perubahan. Salah satu perubahan terbarunya ialah menghapus soal esai. Ujian SAT sendiri diharapkan dapat mengukur kemampuan siswa dalam berpikir kritis, sebagai salah satu kunci keberhasilan studi di perguruan tinggi, khususnya di luar negeri.

Selain itu, saat ini beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, seperti ITB, ITS dan lain sebagainya telah menjadikan SAT sebagai syarat seleksi masuk untuk program Kelas Internasional. Bahkan, banyak dari berbagai Lembaga penyedia beasiswa yang mengharuskan kandidat penerimanya untuk mengambil tes SAT, karena tes ini tidak hanya menguji kemampuan Bahasa Inggris, namun juga kemampuan lainnya seperti Matematika.

Format Tes SAT

Terhitung sejak tahun 2021 College Board memutuskan untuk menghentikan pelaksanaan SAT Subject Test dan hanya menggunakan SAT Reasoning Test, yakni tes yang tujuannya untuk mengujikan kemampuan siswa dalam membaca, menulis dan berhitung. Tes SAT terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Reading, Writing and Language, dan Math, yang harus selesai dikerjakan dalam waktu 180 menit. Adapun jenis soal yang diujikan berupa pilihan gkamu. Sebelumnya, SAT juga memberikan soal esai, yaitu SAT Essay yang sifatnya opsional. Namun, mulai tahun 2021, SAT Essay sudah resmi dihapus. Oleh karena itu, kalian bisa menyimak apa saja struktur tes SAT terbaru di bawah ini.

1. Reading (52 Soal dengan Durasi 65 menit)

Dalam bagian ini, peserta ujian akan diminta menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan, yang beberapa di antaranya memiliki tabel atau grafik dan diagram. Pada tes membaca, peserta tidak hanya diharuskan bisa mengerti bacaan namun juga harus berfikir kritis mengenai topik yang disediakan. Beberapa soal juga menguji kemampuan kosakata dan pemahaman terhadapan grafik dan diagram.

2. Writing & Language Test ( 44 soal dengan Durasi 35 menit)

Peserta akan diberikan berbagai teks bacaan dengan grafik. Bagian ini berfokus pada kemampuan kamu untuk menganalisis dan mengedit isi bagian, yang berarti kamu harus memperbaiki tata bahasa dan membuat perubahan dalam bagian tersebut. Kamu diminta untuk mengedit/memperbaiki kesalahan dalam kalimat dalam bagian tersebut, mengidentifikasi kalimat yang memperbaiki kesalahan interpretasi data grafis, memilih kalimat yang mempertajam argumen atau menambahkan detail pendukung yang relevan.

Pertanyaan yang diajukan di bagian ini dapat dikategorikan sebagai pertanyaan Konvensi Bahasa Inggris Stkamur di mana kamu akan diminta untuk memperbaiki kesalahan tata bahasa dan kesalahan tkamu baca pada bagian yang diberikan dan pertanyaan berdasarkan Expression of Idea, di mana kamu akan diminta untuk meningkatkan bahasa bagian bersama dengan memperbaiki struktur dan organisasi ide yang digambarkan dalam bagian itu.

3. Matematika dengan Kalkulator (38 soal dengan campuran pilihan gkamu dan Isian selama 55 menit)

Bagian Matematika dari ujian SAT mengevaluasi kemampuan penalaran matematis. Kamu akan dinilai dalam kisaran skor 200-800 poin. Bagian ini berdurasi 80 menit dan berisi 58 pertanyaan, di mana 80% pertanyaannya adalah pilihan gkamu, tetapi 20% pertanyaan sisanya adalah pertanyaan respons yang dihasilkan siswa yang dikenal sebagai Grid-in, di mana alih-alih memilih dari 4 jawaban pilihan siswa harus memecahkan masalah dan memasukkan jawaban dengan melingkari/mengarsir nomor yang sesuai.

Bagian ini dapat dipecah menjadi Bagian Tanpa Kalkulator dan Bagian Kalkulator, di mana bagian Tanpa Kalkulator berisi 15 soal pilihan gkamu dan 5 kisi-kisi dan Bagian Kalkulator berisi 30 soal pilihan gkamu dan 8 kisi-kisi. Kamu akan diberikan satu set formula sebelum tes untuk referensi.

Tes Matematika dibagi menjadi 4 bidang utama:

(1) Inti Aljabar, di mana Kamu akan diminta untuk membuat atau menyelesaikan persamaan aljabar seperti persamaan linier.

(2) Pemecahan Masalah dan Analisis Data, di mana Kamu diharapkan untuk memecahkan pertanyaan menggunakan rasio, persentase dan penalaran proporsional atau menafsirkan data untuk grafik dan tabel yang diberikan.

(3) Matematika Tingkat Lanjut, di mana Kamu diharapkan untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi matematika yang kompleks.

(4) Topik tambahan dalam Matematika yang meliputi soal-soal berbasis geometri, Trigonometri dan Luas & Volume.

Jika kamu masih belum cukup percaya diri untuk mengikuti tes ini, jangan khawatir! Kamu bisa hubungi Sun English untuk membantumu memahami tes SAT dengan lebih baik.

Sun English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.