Apa Sih Perbedaan TOEFL ITP dan TOEFL iBT?

Ada beberapa jenis tes kemampuan Bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti seperti IELTS, dan TOEFL. Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jenis-jenis TOEFL. TOEFL kepanjangan dari Test of English as a Foreign Language terdiri dari 2 jenis yaitu TOEFL ITP (Institutional Testing Program) dan TOEFL iBT (Internet Based Test). Beberapa hal yang membedakan antara TOEFL ITP dan TOEFL iBT yaitu sebagai berikut

Fungsi

TOEFL ITP biasanya kita gunakan untuk keperluan melanjutkan studi S1 ataupun S2 atau S3 di universitas dalam negeri, dan juga sebagai salah satu persayaratan melamar kerja CPNS/BUMN/Perusahaan Multinasional. Namun jika kalian ingin melanjutkan studi ke luar negeri, TOEFL iBT biasanya menjadi persyaratan utama untuk masuk ke universitas-universitas di luar negeri khususnya Amerika Serikat. Jadi cakupan fungsi TOEFL ITP lebih ke skala nasional, tapi TOEFL iBT lebih meluas yaitu internasional. Jadi kamu harus tahu benar keperluan kamu sebelum mengambil test TOEFL ITP atau TOEFL iBT.

Format Pertanyaannya

Dari segi format soalnya, TOEFL ITP dan TOEFL iBT sangat berbeda sekali. TOEFL ITP terdiri dari Listening, Structure and Written Expression, dan Reading. Secara keseluruhan, tingkat kesulitan TOEFL ITP sebenarnya lebih mudah ketika kita bandingkan dengan TOEFL iBT. Pertama yaitu Listening skill. Kamu akan disuguhkan 3 parts di TOEFL ITP yang dari segi dialognya lebih pendek. Kedua yaitu Structure and Written. Part ini, hanya ada di TOEFL ITP yang mengetes kemampuan grammar kita. Ketiga yaitu Reading, TOEFL ITP menyuguhkan reading teks yang cukup mudah kita mengerti karena vocabularynya tidak seakademic dan reading passagenya tidak sepanjang TOEFL iBT.

Karena TOEFL iBT berlaku secara internasional, tentunya tingkat kesulitannya pun cukup tinggi jika kita bandingkan dengan TOEFL ITP. Berbeda dengan TOEFL ITP, TOEFL iBT mengetes kemampuan Bahasa Inggris kita dari 4 skills, yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Reading skill menyuguhkan kita reading passage yang panjang dan dengan pembahasan yang academic. Vocabulary yang kita hadapi juga cukup menantang karena berdasarkan academic vocabulary. Sedangkan di Listening part nya, kita akan mendengarkan Audio yang cukup panjang, namun pertanyaannya belum ditampilkan. Sehingga, hal ini membuat kita harus bener-bener memperhatikan konteks yang dibicarakan, dan vocabulary yang digunakan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk para peserta yang mengikuti test TOEFL iBT.

Skill ketiga yaitu speaking, TOEFL iBT juga mengetes skill kita secara integrated. Jadi, walaupun di part ini yaitu speaking test, namun tidak hanya speaking, tapi juga reading comprehension, dan listening yang kita kerjakan. Sehingga, jika kamu butuh score yang cukup tinggi, dan belum pernah mengikuti test TOEFL iBT sebelumnya, persiapan yang matang sangat kita butuhkan. Skill terakhir yang kita hadapi yaitu writing. Ada dua part writing yaitu integrated writing dan independent writing. Sama halnya dengan speaking, writing pun menguji kamu secara integrated yaitu reading comprehension dan listening skill, dan juga writing skill.

Cara Pengerjaannya

TOEFL ITP merupakan paper-based test, jadi kamu akan mengerjakannya di kertas menggunakan pensil 2B. Sedangkan TOEFL iBT berdasarkan computer-based test. Ketika mengerjakan TOEFL iBT, kamu akan menggunakan komputer dan online.

Penilaian

Skor TOEFL ITP berkisar antara 330 sampai 667. Sedangkan TOEFL iBT dari 0 sampai 120.

Biaya

Biaya untuk mengikuti TOEFL ITP sebesar Rp475.000 hingga Rp600.000. Sedangkan, biaya TOEFL IBT jauh lebih mahal, yakni mencapai Rp2.500.000.

Itulah beberapa perbedaan antara TOEFL ITP dan TOEFL iBT. Sebelum kamu memutuskan mengambil test, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu kebutuhan kamu mengambil tes untuk apa. Jika kamu butuh untuk melanjutkan studi kamu ke luar negeri dan berencana untuk mengambil beasiswa, tentunya TOEFL iBT yang kamu perlu ambil. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kemampuan kamu apakah sudah siap atau belum. Hal ini mempertimbangkan biaya test yang cukup mahal. Jadi jika kamu perlu persiapan sebelum ambil test, kamu bisa datang ke Sun Educationgroup untuk konsultasi mengenai test, biaya dan apa saja yang kamu perlukan nanti. Termasuk informasi mengenai beasiswa yang mungkin kamu berminat untuk ambil.

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.