Mengenal Determiners, this people or these people?

Dalam penulisan dan percakapan dalam bahasa Inggris kita kerap menemui berbagai aturan dalam menyusun sebuah kalimat sehingga kalimat tersebut benar dan lengkap. Salah satu bagian dari kata-kata tersebut adalah determiner yang aturannya kerap menjadi pertanyaan orang-orang yang sedang belajar bahasa Inggris. Salah satu contohnya adalah penggunaan this people or these people. Apa saja pertimbangannya untuk menentukan determiner yang tepat untuk menjelaskan kata benda yang mengikutinya? Selain itu, masih ada banyak bentuk determiner lainnya. Mari kita simak penjelasan lengkapnya!

Apa itu Determiner?

Determiner merupakan sebuah kata yang digunakan untuk menjelaskan kata benda (noun). Secara umum, determiner memberikan informasi mengenai kuantitas dan informasi spesifik lain kata benda tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keberadaan determiner sangat penting untuk memberi konteks terhadap suatu kata benda. Begitu pula dengan letak determiner yang selalu berada di depan atau sebelum noun, mengingat fungsi utamanya sebagai kata penjelas. Determiner juga memiliki banyak jenis yang memiliki fungsi yang berbeda pula.

Baca Juga: Pernah dengar apa itu simple present continuous tense?

Jenis-jenis Determiner

Berikut jenis-jenis determiner yang sering kamu temui dan penting untuk diketahui fungsi dan aturan penggunaannya.

Articles

Article merupakan determiner yang memiliki 2 jenis, yaitu definite article dan indefinite article. Definite article digunakan untuk mendifinisikan kata benda yang spesifik. Hal ini berarti kata benda tersebut sudah diketahui sebelumnya oleh pembicara. “The” merupakan satu-satunya definite article. Selanjutnya, indefinite article memiliki fungsi yang berlawanan, yaitu untuk mendefinisikan kata benda secara umum. Indefinite article terdiri dari “a” yang digunakan sebelum kata benda dengan bunyi awalan konsonan dan “an” untuk bunyi vokal.

Contoh:

The book that I read yesterday is interesting.

I bought a book yesterday.

Kedua contoh di atas sama-sama menggunakan book sebagai kata bendanya. Namun, penggunaan article yang berbeda dapat memberikan makna yang berbeda.

Demonstratives

Demonstrative digunakan untuk memberikan gambaran mengenai letak dari noun. Apabila kata benda tersebut berada di dekat pembicara, maka yang digunakan adalah “this” atau “these”. Sedangkan, apabila benda tersebut terletak jauh dari pembicara, maka menggunakan “that” atau “those”. This dan that digunakan untuk kata benda tunggal atau singular sedangkan these dan those digunakan untuk noun plural.

Contoh:

Those people are queuing to buy the viral dessert.

This cake tastes delicious.

Baca Juga: Kapan Present Continuous Tense Digunakan?

Possessive

Possessive determiner digunakan untuk menjelaskan kepemilikan suatu benda. Jenis-jenisnya berupa my, your, his, her, its, our, dan their. Letaknya sama seperti article dan demonstrative, yaitu sebelum noun. Namun, semua bentuk posseseive determiner dapat digunakan baik pada kata benda tunggal maupun kata benda jamak.

Contoh:

Please lend me your bicycle.

My dog is very energetic.

Quantifiers

Determiner selanjutnya digunakan untuk mendeskripsikan kuantitas dari kata benda yang sifatnya umum, bukan spesifik. Quantifiers meliputi a few dan a little yang menunjukkan jumlah sedikit, dan much, many, a lot of yang menunjukkan jumlah banyak. Selain itu, most, some, any, dan enough juga termasuk dalam kategori quantifier.

Numbers

Selanjutnya numbers digunakan untuk memberikan informasi mengenai kuantitas suatu benda secara jelas. Terdapat 2 jenis numbers, yaitu cardinal dan ordinal numbers. Cardinal numbers menunjukkan jumlah benda, contohnya one, two, three dan seterusnya. Sedangkan, ordinal numbers menunjukkan tingkatan atau urutan suatu benda, yaitu first, second, third dan seterusnya.

Sekian penjelasan mengenai jenis-jenis dan fungsi determiner. Selamat belajar!
Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.