Mengenal TOEFL Prediction Test

Photo by Nguyen Dang Hoang Nhu on Unsplash

TOEFL bukanlah hal yang asing di telinga kita mengingat saat ini kemampuan bahasa Inggris sangat diperhitungkan. Test of English as a Foreign Language adalah salah satu tes kemampuan bahasa Inggris yang populer di kalangan pelajar maupun pekerja. Tes ini diselenggarakan oleh ETS yang berasal dari Amerika Serikat. Skor TOEFL biasanya merupakan salah satu syarat kelulusan perguruan tinggi, pendaftaran beasiswa, serta melamar pekerjaan. Maka dari itu, banyak orang mencoba TOEFL prediction test untuk mengukur kemampuan bahasa Inggrisnya sebelum melakukan tes resminya.

Prediction test TOEFL dibuat semirip mungkin dengan tes aslinya dengan memiliki susunan soal mengikuti standar tes resmi yang ada. Sehingga, dengan mencoba mengerjakan TOEFL prediction test, kamu dapat mengetahui suasana tes resminya. Selain itu, kamu juga dapat mengasah kemampuan bahasa Inggris dengan menjawab soal-soalnya supaya semakin matang dalam persiapan mengikuti official test.

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa jenis tes TOEFL yang memiliki susunan dan penilaian yang berbeda. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mengambil TOEFL prediction test, jangan lupa untuk memastikan bahwa tesnya benar dan sesuai dengan yang ingin kamu ambil ya!

Saat ini di Indonesia terdapat 2 jenis tes TOEFL yang biasa digunakan untuk keperluan kerja maupun kuliah. Mari simak penjelasan detailnya!

TOEFL ITP

Sesuai namanya, TOEFL ITP (Institutional Testing Program) digunakan sebagai syarat untuk memasuki institusi pendidikan. Terdapat banyak official test center untuk TOEFL ITP di Indonesia, bahkan beberapa juga menawarkan online remote proctoring test atau versi online-nya sejak pandemi, sehingga tes bisa dikerjakan dari mana saja. Institusi pendidikan tinggi biasanya merupakan pemegang lisensi resmi tes ini karena bekerja sama langsung dengan Indonesian International Education Foundation (IIEF), sehingga kamu bisa melakukan tes di institusi terdekat.

TOEFL ITP terdiri dari 3 bagian, yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension dengan total waktu pengerjaan 115 menit. Listening dan reading comprehension terdiri dari 50 butir soal, sedangkan 40 soal structure and written expression. TOEFL ITP memiliki rentang skor antara 310 hingga 677, yang merupakan skor tertinggi. Umumnya, syarat skor TOEFL ITP baik untuk pendaftaran kuliah dan kerja antara 500 hingga 550.

Biaya tes TOEFL ITP cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 550.000,00 hingga Rp. 650.000,00. Kamu akan menerima hasil tes dalam bentuk sertifikat dan score report dalam waktu 7-14 hari kerja. Maka dari itu, perhatikan dengan baik timeline waktunya dengan baik, sehingga kamu tidak terlambat atau terburu-buru mengambil tes official. Biasanya tes dilaksanakan setiap bulan, jadi perhatikan jadwal yang dikeluarkan oleh test center terdekat dengan saksama.

Perlu diperhatikan pula, bahwa TOEFL ITP biasanya hanya diterima di institusi pendidikan dalam negeri dan di beberapa negara tetangga. Sehingga, apabila kamu ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, sebaiknya memilih TOEFL iBT.

TOEFL iBT

TOEFL iBT merupakan tes kemampuan bahasa Inggris berbasis komputer yang diakses secara online. Tingkat akurasi tes lebih tinggi dibandingkan dengan TOEFL ITP karena pada TOEFL iBT, kemampuan bahasa secara aktif juga diuji. TOEFL iBT diakui secara internasional dan diterima di banyak negara sebagai syarat studi, bekerja, dan imigrasi. 

TOEFL iBT terdiri dari 4 bagian, yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing dalam waktu 4 setengah jam dengan rentang overall skor 0-120 dan 0-30 untuk setiap bagiannya. Hasil tes akan keluar dalam waktu 7 hari kerja dan hasilnya berlaku selama 2 tahun. Harganya lebih mahal dibandingkan dengan TOEFL ITP, yaitu Rp. 3.500.000,00.

Pada tes TOEFL iBT, kamu akan disuguhi teks bacaan panjang dan diminta untuk menjawab pertanyaan, serta mendengar lalu menjawab pertanyaan yang tersedia. Setelah itu, tes speaking dilakukan dengan sistem dan suara peserta akan terekam secara otomatis. Kemudian untuk bagian writing, peserta akan menulis 2 jenis tulisan berbeda.

TOEFL Prediction Test

Apabila kamu ingin mengukur kemampuanmu terlebih dahulu, kamu dapat mengikuti prediction test atau tes simulasi di SUN English. Kamu dapat memilih baik TOEFL ITP maupun TOEFL iBT, sesuai dengan keperluanmu. Hasilnya dapat dipercaya dan dapat digunakan sebagai referensi untukmu apakah kemampuanmu sudah cukup untuk meraih skor yang kamu targetkan. 

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.