nilah Perbedaan When dan While dalam Kalimat Bahasa Inggris

Pernah bingung kapan seharusnya memakai “when” dan “while?” Secara harfiah, kedua kata tersebut memang bermakna serupa, yaitu “ketika.” Namun ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya di konteks kalimat tertentu. Oleh karena itu, supaya tidak keliru dalam memakai kedua kata ini, yuk baca sampai habis perbedaan when dan while dalam bahasa Inggris.

When dan while merupakan subordinate conjunctions

Kita bisa menggunakan kata penghubung when dan while dalam kalimat kompleks atau kalimat majemuk bertingkat. Kalimat jenis ini adalah kalimat yang mengandung dua atau lebih ide di mana ide utama ditulis sebagai induk kalimat, dan ide lainnya berfungsi untuk menambahkan informasi yang ditulis sebagai anak kalimat. Untuk menghubungkan kedua ide tersebut, kita memerlukan kata penghubung atau conjunction, contohnya when dan while. Mari kita lihat contoh kalimatnya:

We used my flat as a workplace when we started this business.

Ide utama yang tertuang dalam induk kalimat dari kalimat majemuk di atas yaitu “We used my flat as a workplace,” sedangkan keterangan tambahannya adalah “when we started this business.” Kata penghubung “when” menggambarkan bahwa dua kejadian ini terjadi dalam waktu yang berdekatan.

perbedaan when dan while
Source : Unsplash.com

Lalu, apa perbedaan when dan while dalam kalimat bahasa Inggris?

  1. While menunjukkan dua aksi kontinu yang berlangsung secara bersamaan

Aksi kontinu adalah aksi yang sedang berlangsung atau dalam progress. Jika kamu ingin menggambarkan dua aksi kontinu yang terjadi secara bersamaan dalam durasi tertentu, kamu bisa menggunakan kata penghubung while. Contohnya, kegiatan berenang kamu berlangsung pada saat adikmu belajar online.

My brother is attending an online class while I am swimming.

Contoh di atas menggunakan present continuous tense yang berarti sedang terjadi sekarang atau direncanakan terjadi dalam waktu dekat. Kata penghubung while juga bisa dipakai dalam past continuous tense seperti contoh berikut.

Yesterday I was writing an essay while some friends of mine were consulting with our personal tutor.

Kalimat tersebut menandakan bahwa kegiatan menulis essay berlangsung di waktu yang sama dengan kegiatan konsultasi.

  1. While dan when menunjukkan aksi kontinu yang diinterupsi oleh aksi non-kontinu

Pernahkah mengalami kejadian saat kamu sedang asyik nonton film, lalu tiba-tiba mati lampu? Nah, kamu bisa mengungkapkan peristiwa tersebut dalam bahasa Inggris.

While I was watching the movie last night, there was a power blackout.

Dalam kalimat tersebut, “watching the movie” yang merupakan aksi kontinu diinterupsi oleh aksi non-kontinu, yaitu kejadian “a power blackout.” Selain menggunakan kata penghubung while, kamu juga bisa memakai kata when, sehingga kalimatnya menjadi:

When I was watching the movie last night, there was a power blackout.

Dari kedua kalimat di atas, bisa kita simpulkan bahwa while dan when bisa sama-sama digunakan untuk menunjukkan aksi kontinu yang diinterupsi oleh aksi non-kontinu.

  1. When menunjukkan aksi non-kontinu yang menginterupsi aksi kontinu

Poin ketiga ini membahas konteks yang sama dengan poin kedua. Yakni, dua kejadian yang berjalan secara bersamaan, di mana salah satunya adalah aksi kontinu (yang sedang dalam progress) dan kejadian lainnya adalah aksi non-kontinu. Perlu diperhatikan bahwa aksi non-kontinu terjadi di tengah-tengah berlangsungnya aksi kontinu.

Pada pembahasan poin nomor 2, kata penghubung diletakkan di depan aksi yang sedang berlangsung (kontinu). Sementara di poin nomor 3 ini, kita akan menggunakan kata penghubung when di depan aksi non-kontinu. Mari kita lihat contohnya:

I was walking on the sidewalk when I saw an orange seller not wearing a mask.

Kamu juga bisa mengubah urutan penyebutan kejadiannya menjadi seperti ini:
When I saw an orange seller not wearing a mask, I was walking on the sidewalk.

perbedaan when dan while
Source : Unsplash.com

Singkatnya, kamu bisa menggunakan while untuk menandakan aksi kontinu atau continuous actions, sedangkan when bisa kamu pakai untuk aksi non-kontinu atau single actions.

Semoga pembahasan tentang perbedaan when dan while ini bisa menambah wawasan kamu dalam membuat kalimat bahasa Inggris. Jika kamu tertarik untuk mengasah kemampuan bahasa Inggrismu bersama tutor profesional, silakan hubungi kantor cabang SUN English terdekat.

Add a Comment

Your email address will not be published.