Pelafalan Bahasa Inggris Sesulit Itu Kah?

www.bing.com

Mungkin seringkali kita berpikir bahwa pengucapan atau pelafalan Bahasa Inggris itu pasti sulit, sehingga hal ini membuat kita malas dan tidak percaya diri untuk mencoba berbicara dalam Bahasa Inggris. Apa sih alasan utama seringnya kebanyakan orang berpendapat pelafalan Bahasa Inggris itu susah. Satu hal yang paling jelas adalah bervariasi nya pengucapan dalam satu kata. Sehingga hal ini  membuat orang bingung dan berefek ke malasnya untuk belajar lebih dalam. Sebenarnya pelafalan Bahasa Inggris tidaklah sesulit yang kita bayangkan, nah penasaran kan?, berikut penjelasannya.

www.bing.com

Pada dasarnya sistem bunyi Bahasa Indonesia serupa dengan sistem bunyi Bahasa Inggris. Terdapat sejumlah istilah yang ada pada kedua sistem bunyi. Istilah-istilah tersebut adalah:

  1. Minimal pairs

Minimal pairs adalah dua kata yang serupa dalam pengucapan namun memiliki makna dan bunyi yang berbeda. Hal ini bisa kita lihat dari kata-kata dalam Bahasa Inggris bin /bin/ dengan been /bi:n/, wick /wik/ dengan weak /wi:k/,, full /ful/ dengan fool /fu:l/, pen /pen/ dengan pan /pæn/, dan lain sebagainya. Dalam bahasa Indonesia, ban – dan, diri – tiri, dara – tara, kayu – bayu, baik – naik, suka – luka.

  1. Similitude

Similitude terbentuk ketika sejumlah ragam bunyi tertentu memiliki kemiripan dengan bunyi yang berdekatan pada suatu kata atau kalimat. Dalam bahasa Inggris, berbagai bunyi k yang berbeda kita gunakan pada banyak kata seperti pada kata curtain /ktn/, cook /kuk/, corner /kכ:n/, record /rikכd/, dan sebagainya. Dalam bahasa Indonesia, pada kata-kata besok, kapan, dialek dan sebagainya.

  1. Assimilation

Assimilation adalah proses historis di mana bunyi, yang dipengaruhi oleh bunyi di sebelahnya, digantikan oleh bunyi-bunyi yang lain sejalan dengan berkembangnya suatu bahasa. Dengan demikian sejumlah perubahan tertentu muncul pada pelafalan kata-kata. Hal ini kita bisa lihat dalam contoh kata horse diucapkan /hכ:s/ dan shoe diucapkan /∫u:/, tetapi kata horseshoe diucapkan /hכ: ∫ ∫u:/. Dalam bahasa Indonesia, kata me- + bantu menjadi membantu, terdapat asimilasi antara m dan b.

  1. Elision

Elision merupakan proses historis di mana suatu bunyi yang kita ucapkan lebih dahulu pada suatu kata menjadi hilang ketika kata yang sama kita ucapkan pada masa-masa selanjutnya. Dalam bahasa Inggris, kata cupboard dibaca /kbd/ dan kindness dibaca /kainnis/. Sementara itu, dalam bahasa Indonesia, prefiks me- + konsonan k,p,t,s akan meluluh, misalnya kata me- + tinju menjadi meninju, me- + pakai menjadi memakai.

Berikut ini berberpa contoh kata-kata dalam Bahasa Inggris yang pelafalannya mirip:

Kemiripan dalam suara vokal
/ɪ/ dan /i:/ bin bean/ɑ:/ dan /ɜ:/ fast first
/əʊ/ dan /ɔ:/so saw/e/ dan /ɪ/ set sit
/ɒ/ dan /əʊ/ not note  /e/ dan /eɪ/get gate
/əʊ/ dan /aʊ/ know now/æ/ dan /ʌ/ bat but
/æ/ dan /e/ bad bed
Kemiripan dalam suara konsonan
/b/ dan /v/ berry very/ʧ/ dan /t/ catch cat
/b/ dan /p/ buy pie/t/ dan /d/hat had
/f/ dan /p/ fast past/d/ dan /ʤ/bad badge
/n/ dan /ŋ/thin thing/f/ dan /v/fan van
/m/ dan /n/am an/f/ dan /h/ fat hat
/l/ dan /r/alive arrive/f/ dan /θ/ free three
/s/ dan /θ/ sink think/ð/ dan /z/with whizz
/s/ dan /ʃ/ sea she/ʃ/ dan /ʒ/ pressure pleasure
/ʤ/ dan /z/ page pays/k/ dan /g/came game

Semoga dengan pembahasan tersebut bisa memberikan pencerahan tentang pelafalan Bahasa Inggris yang mudah.

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *