Penggunaan Present Perfect tense dan Past Simple yang Sering Membingungkan

Mungkin dari kalian sering berfikir bahwa hal yang menakutkan dalam belajar Bahasa Inggris yaitu penggunaan tenses. Ada beberapa jenis tenses yang kita gunakan dalam penggunaan Bahasa Inggris. Tenses tersebut penting karena fungsinya itu sendiri yaitu untuk membedakan waktu kejadian terjadi. Seperti halnya dengan dua jenis tenses yaitu Present Perfect Tense dan Past Simple. Seringkali dari kita keliru menggunakan dua jenis tenses ini ketika menerangkan kejadian yang mempunyai waktu berbeda.  Kali ini kita akan membahas bagaimana sih membedakan penggunaan Present Perfect Tense dan Past Simple dengan tepat.

Present Perfect Tense

www.bing.com

Present perfect tense berfungsi untuk menjelaskan kejadian atau situasi yang terjadi ataupun belum terjadi pada waktu lampau yang waktunya tidak spesifik. Ketika kita membuat kalimat menggunakan tense ini yang perlu kita perhatikan yaitu jenis helping verbs seperti has dan have dan penggunaan jenis kata kerja yaitu kata kerja ketiga atau verb 3 (past participle). Rumus yang kita gunakan dalam membuat Present Perfect Tense yaitu dalam kalimat positif (+) S+has/have+verb 3, sedangkan dalam kalimat negatif yaitu (-) S+has/have+not+verb3. Dalam kalimat tanya yaitu (?) Has/have+S+verb 3?.

a. Tom has already had lunch.Tom’s lunch terjadi sebelum waktu sekarang dan waktu detailnya tidak disebutkan. Informasi yang penting dari kalimat tersebut yaitu Tom’s lunch yang terjadi sebelum saat ini.
b. Sonia hasn’t eaten lunch yet.Sonia’s lunch belum terjadi
c. Have you ever eaten at that restaurant?kalimat tanya dalam present perfect tense menggunakan helping verbs seperti have atau has diawal kalimat

Ada beberapa fungsi present perfect tense yang perlu kita ketahui:

a. Fungsi present perfect tense yang pertama yaitu menerangkapan aktifitas atau kejadian yang terjadi sebelum masa sekarang tanpa mencantumkan waktu yang specific seperti I have already done my homework atau  She has washed her clothes.

b Kedua yaitu menerangkan aktifitas yang terjadi beberapa kali sebelum masa sekarang, seperti Bob has met her idols several times atau I have been to Japan twice. 

c. Fungsi ketiga untuk menunjukan situasi yang dimulai pada lampau dan masih terjadi dimasa sekarang, contohnya We have studied in SUN for three months atau I have known Bob since I was in elementary school.

Past Simple

www.bing.com

Kapan sih Past Simple Kita Gunakan?

Berbeda dengan Present Perfect tense, kegunaan Past Simple yaitu untuk menerangkan suatu peristiwa yang dimulai dan diakhiri pada masa lampau, yang berarti tidak ada kaitannya dengan masa sekarang. Hal yang harus diperhatikan ketika kita membuat kalimat menggunakan Past Simple yaitu bentuk kata kerja kedua. Dalam kalimat Past Simple penggunaan helping verb  hanya dalam kalimat negatif dan tanya. Rumus yang digunakan yaitu dalam kalimat positif (+) S+Verb2, sedangkan dalam kalimat negatif(-) yaitu S+did not+Verb1. Dalam kalimat tanya, Did+S+Verb 1?

Sonia lived in Bogor in 2000kalimat ini menerangkan bahwa Sonia tinggal di Bogor pada tahun 2000. Hal ini berarti kejadian tersebut sudah berakhir.
Saat ini Sonia sudah tidak tinggal di Bogor tetapi kota lain.
Tom and Bob did not meet me when I went to Bandung. Tom dan Bob tidak menemui saya ketika saya pergi ke Bandung. Dua peristiwa ini terjadi di waktu yang lampau. Specific waktu yang digunakan dalam kalimat ini yaitu ketika saya pergi ke Bandung. Dalam kalimat negatif kita tidak mengubah kata kerja pertama menjadi kata kerja kedua karena kata kerja bantu did.
Did you study in Jakarta when you were a kid?Apakah kamu bersekolah di jakarta ketika kecil?. Dalam kalimat tanya dalam Past Simple kita memulai dengan menggunaka kata kerja bantu yatu Did untuk menunjukan Past SImple lalu menggunakan kata kerja pertama.

Present perfect VS Past Simple

Setelah kita membahas mnegenai Present Perfect dan Past Simple berikut perbedaan yang bisa kita lihat secara jelas yaitu dari sisi kata kerja yang kita gunakan, dan kata keterangan waktu.

Past Simple VS Present perfect
Past Simple
(a) I finished my homework 3 hours ago.
Present Perfect
(b) I have already finished my homework.
(a) kalimat pertama I finished my homework 3 hours ago berarti saya sudah menyelesaikan homework saya tiga jam yang lalu, menggunakan waktu yang specific.Sedangkan kalimat kedua (b) I have already finished my homework yang berarti saya sudah menyelesaikan homework saya beberapa waktu yang lalu sebelum sekarang tanpa ada spesifik waktu.
Past Simple
(c) I was in Europe last year/three years ago/in
1999/in 1995 and 1999/when I was ten years old.

Present Perfect
(d) I have been in Europe many times/ several times/ a
couple of times/once/(no mention of time).
Kalimat (c) I was in Europe last year/three years ago/in
1999/in 1995 and 1999/when I was ten years old.
Kalimat past simple meggunakan beberapa kata keterangan waktu yang specific seperti dalam contoh. Sedangkan kalimat (d) I have been in Europe many times/ several times/ a couple of times/once/(no mention of time) tidak menunjukan waktu yang spesifik tetapi menunjukan frekuensi.
Past Simple
(e) Ann was in California for two weeks.
Present Perfect
(f) Bob has been in California for two weeks/since
May first.

(e) Ann was in California for two weeks, kalimat ini menunjukan bahwa Ann tinggal di California selama dua minggu waktu lampau yang berarti Ann sudah tidak tinggal di California lagi saat ini. Sedangkan, (f) Bob has been in California for two weeks/since May first, berarti bahwa Bob sudah tinggal di California sampai saat ini selama 2 minggu atau dari Awal Mei.
Sekian pembahasan kita kali ini mengenai penggunaan Present Perfect dan Simple Past. Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Add a Comment

Your email address will not be published.