Penggunaan There is dan There are dalam bahasa inggris

1. Arti dari There is dan There are

Hallo everyone! pasti penggunaan there is dan there are sudah tidak asing lagi bagi kalian yang sedang belajar bahasa inggris. Frase there is dan there are biasanya dipelajari pada sesi grammar, yang  merupakan hal yang sangat penting ketika kita belajar bahasa inggris. Pada dasarnya, There is dan There are memiliki arti “Ada”. Namun, kedua frase ini memiliki penggunaan yang berbeda ketika digunakan dalam sebuah kalimat. 

Seperti judul pembahasan kita saat ini, penggunaan There is dan There are pada umumnya digunakan bersamaan dengan kata benda yang memiliki jumlah yang berbeda.

2. Penggunaan There is 

Seperti yang telah dijelaskan di awal, frase There is digunakan bersama singular noun atau kata benda tunggal, sedangkan there are digunakan bersamaan dengan plural noun atau kata benda jamak. Untuk lebih jelasnya kita bisa pelajari contoh di bawah ini:

– There is a big tree in the garden. (ada sebuah pohon besar di taman)

– There is a cup of coffee on the table. (ada sebuah cangkir kopi di atas meja)

– There is someone in front of the door. (ada seseorang di depan pintu).

– There is a book on the chair by the main door. (ada sebuah buku di atas kursi di samping pintu utama)

– There is a pair of shoes in my bedroom. (ada sepasang sepatu di kamar tidur saya).

Dari contoh-contoh di atas, dapat kita pelajari bahwa kata There is digunakan untuk menyatakan jumlah kata benda yang di maksud. Oleh karena itu, dalam bahasa inggris kita tidak bisa menggunakan frase There are bersama kata benda tunggal, contohnya (there are a cup of tea on the table). Sehingga, pada kalimat ini, contoh ini adalah benar- benar salah dalam penggunaannya, karena seharusnya kalimat ini menjadi (there are 2 cups of coffee on the table). 

There is + uncountable noun

Selain menyatakan kata benda tunggal, frase ini juga digunakan untuk menyatakan kata benda tidak bisa dihitung atau sering disebut uncountable noun. Apakah kalian tahu apa itu uncountable noun?. Uncountable nouns dapat diartikan sebagai kata benda yang hanya memiliki satu bentuk saja, seperti contoh gula dan beras. kita tidak bisa mengatakan 1 beras atau 1 gula. Contoh-contoh kata benda yang tidak dapat dihitung lainnya adalah rice, love, sugar, assistance, cheese, coffee, money, tea, music, art, sand, air, dan lain-lain. seperti contoh di bawah ini:

– There is enough money to buy food. (ada uang yang cukup untuk membeli makanan)

– Is there gluten in rice?. (apakah ada kandungan protein di beras?)

– There is some salt on the table. (Ada garam di atas meja)

3. Penggunaan There are

Setelah mempelajari penggunaan There is yang digunakan untuk menyatakan kata benda benda tunggal dan kata benda yang tidak bisa dihitung, sekarang kita akan mempelajari penggunaan frase There are. Pada dasarnya, penggunaan There are terlihat lebih mudah, karena frase ini hanya dipakai untuk menyatakan eksistensi kata benda jamak atau lebih dari satu, seperti contoh:

– There are some big trees in the garden. (ada beberapa pohon besar di taman)

– There are 2 paintings on the wall. (ada 2 lukisan di dinding)

– There are 3 children in the classroom. (ada 3 anak-anak di dalam kelas)

– are there many books on the table?. (apakah ada banyak buku di atas meja?)

– There are 5 five people in my family: my parents, my two sisters and me. (ada 5 orang di keluarga saya: kedua orang tua saya, 2 kakak perempuan dan saya)

Untuk lebih memahami penjelasan mengenai there is dan there are, berikut beberapa tambahkan soal latihan ya.

Write sentences about your town (or a town that you know). Use There is/are.

1. There are a few restaurants in my town

2. There is a big park

3.

4.

5.

Silahkan teman-teman lanjutkan yah no 3 sampai no 5 dan semoga penjelasan singkat ini bisa bermanfaat yah bagi kalian yang lagi sedang belajar bahasa inggris!.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.