Penggunaan Would Like To dalam kalimat

Halo teman-teman! ketika belajar bahasa inggris, apakah kalian sudah pernah belajar pergertian dan penggunaan phrase would like to?. 

1. Pengertian would like to

Pada dasarnya, Phrase would like to memiliki arti yang sama dengan kata “want” yaitu memiliki arti mau atau ingin. Jadinya, apa yang membuat kata “want” dan “would like to” berbeda dalam penggunaannya dalam percakapan?.

Kita menggunakan kata “want” di saat percakapan yang berlangsung secara tidak formal seperti dalam situasi berbicara dengan teman atau berbicara dengan orang yang lebih muda. Sedangkan, phrase would like to digunakan pada situasi formal seperti pada saat meeting di kantor atau di saat lagi berbicara dengan orang yang lebih tua. Selain itu, phrase would like to  dianggap lebih sopan dibandingkan dengan kata want. Oleh karena itu, kalian juga harus bisa menggunakan pharse ini dengan baik dan benar karena penggunaan kata dalam bahasa inggris akan menentukan tingkat kesopanan kalian dalam berbicara. 

2. Penggunaan Would like to dalam kalimat

Seperti yang kalian ketahui dalam belajar bahasa inggris kita selalu belajar yang namanya Grammar di mana kita belajar menggunakan kalimat dalam bahasa inggris yang benar. Jadinya, penggunaan phrase would like to juga mempunyai rumus loh atau pola kalimat. Apakah udah ada yang tahu bagaimana penggunaan would like to dalam kalimat. yukk kita pelajari beberapa contoh dan penjelasan di bawah ini:

Penggunaan would like to dalam kalimat biasanya diikuti dengan Infinitive atau diikuti dengan kata kerja bentuk pertama. Rumusnya bisa seperti di bawah ini:

Subject (I,You, We, They, She, He, It + Would like to + Infinitive. Seperti contoh:
  • I am feeling tired. I would like to stay at home today. (Saya merasa kecapean. Saya    mau berada di rumah hari ini.)
  • I would like to give presentation in the meeting tonight. (Saya mau memberikan presentasi di rapat malam ini.)
  • Our teacher would like to give some explanation before the exam starts. (Guru kami akan mau memberikan penjelasan sebelum ujian mulai.)

Selain itu, penggunaan would like to tidak hanya digunakan dalam kalimat positif (afirmasi), tetapi juga digunakan dalam bertanya untuk menawarkan sesuatu. Rumus dan contoh nya bisa diliat di bawah ini:

Would + Subject (I,You, We, They, She, He, It + like + to Infinitive/ noun phrase. Seperti contoh:
  • Would you like to have dinner with us on Sunday? Yes, I would love to. (apakah kamu mau makan malam bersama kita di hari minggu? Iya, saya mau.)
  • Would you like a bar of chocolate? No, Thank you (Apakah kamu mau sepotong coklat? Tidak, Terima kasih)
  • What would you like, tea or coffee? (Apa yang kamu mau, teh atau kopi?)

Selanjutnya, phrase would like to bisa juga digunakan ketika membuat kalimat negatif atau di saat kalian mau menolak sesuatu secara sopan. Rumus dan contoh bisa seperti di bawah ini:

Subject (I,You, We, They, She, He, It + Would not like to + Infinitive. Seperti contoh:

  • I would not like to answer your question because I don’t know the answer. (Saya tidak akan menjawab pertanyaanmu karena saya tidak tau jawabannya.)
  • I would not like to say what it is. (Saya tidak mau mengatakan apa itu.)

Cukup sekian pembahasan kali ini mengenai arti dan penggunaan would like dalam bahasa Inggris. Semoga saja penjelasannya bisa dengan mudah dipahami oleh teman-teman semua dan apabila masih ada yang belum dimengerti, silahkan jangan sungkan untuk bertanya dan tetap terus belajar.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.