Pentingnya Linking Verb dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Pentingnya Linking Verb dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya —- Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang memiliki karakteristik khusus dalam penggunaan kata kerja yang disebut dengan “linking verb” atau kata kerja penghubung. Linking verb digunakan untuk menghubungkan subjek dengan kata sifat, kata benda, atau kata keterangan yang menjelaskan atau melengkapi subjek tersebut. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu linking verb, pentingnya dalam Bahasa Inggris, dan memberikan beberapa contoh untuk memahami penggunaannya.

Linking verb, juga dikenal sebagai copula, adalah kata kerja yang menghubungkan subjek dengan kata sifat atau kata benda yang menggambarkan atau melengkapi subjek tersebut. Linking verb tidak mengungkapkan aksi atau gerakan seperti kata kerja biasa, tetapi memberikan informasi tambahan tentang subjek. Beberapa linking verb umum dalam Bahasa Inggris antara lain “be” (am, is, are, was, were), “become”, “seem”, “appear”, “feel”, “look”, dan “sound”.

Pentingnya linking verb dalam Bahasa Inggris terletak pada perannya dalam memperjelas hubungan antara subjek dan kata sifat atau kata benda yang menggambarkan subjek tersebut. Dengan menggunakan linking verb, kita dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dan akurat tentang subjek dalam suatu kalimat. Selain itu, linking verb juga membantu dalam membangun kalimat yang gramatikal dan logis.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan linking verb dalam kalimat Bahasa Inggris:

  1. She is intelligent.
    (Dia pintar.)
    Pada contoh ini, linking verb “is” menghubungkan subjek “she” dengan kata sifat “intelligent” yang menjelaskan subjek tersebut.
  2. The flowers smell fragrant.
    (Bunga-bunga tersebut harum.)
    Dalam kalimat ini, linking verb “smell” menghubungkan subjek “the flowers” dengan kata sifat “fragrant” yang menggambarkan bunga-bunga tersebut.
  3. They seem happy.
    (Mereka tampak bahagia.)
    Linking verb “seem” digunakan untuk menghubungkan subjek “they” dengan kata sifat “happy” yang menggambarkan keadaan mereka.
  4. The cake tastes delicious.
    (Kue tersebut enak.)
    Pada contoh ini, linking verb “tastes” menghubungkan subjek “the cake” dengan kata sifat “delicious” yang menggambarkan rasa kue tersebut.
  5. The situation appears complicated.
    (Situasi tersebut terlihat rumit.)
    Dalam kalimat ini, linking verb “appears” menghubungkan subjek “the situation” dengan kata sifat “complicated” yang menjelaskan keadaan situasi tersebut.
  6. He became a doctor.
    (Dia menjadi seorang dokter.)
    Linking verb “became” menghubungkan subjek “he” dengan kata benda “a doctor” yang menggambarkan perubahan status atau profesi subjek.

Penggunaan linking verb juga dapat terlihat dalam bentuk kalimat tanya atau negatif. Berikut adalah contohnya:

  • Is she happy?
    (Apakah dia bahagia?)
  • The coffee doesn’t taste good.
    (Kopi tersebut tidak enak.)

Dalam kalimat-kalimat di atas, linking verb tetap berfungsi sebagai penghubung antara subjek dan kata sifat atau kata benda yang menggambarkan subjek, terlepas dari bentuk kalimatnya.

Image by drobotdean on Freepik

Dalam Bahasa Inggris, penting untuk memahami penggunaan linking verb agar dapat mengungkapkan pikiran dan informasi dengan tepat. Dengan menggunakan linking verb dengan benar, kita dapat memperjelas makna kalimat dan menjelaskan hubungan antara subjek dengan kata sifat atau kata benda yang menggambarkan subjek tersebut.

Dalam kesimpulan, linking verb adalah kata kerja penghubung dalam Bahasa Inggris yang digunakan untuk menghubungkan subjek dengan kata sifat atau kata benda yang menggambarkan subjek tersebut. Penggunaan linking verb yang tepat membantu memperjelas hubungan antara subjek dan kata sifat atau kata benda, serta membangun kalimat yang gramatikal dan logis. Dengan memahami penggunaan linking verb, kita dapat menggunakan Bahasa Inggris dengan lebih akurat dan efektif.

Photo by Ivan Shilov on Unsplash

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!