PERBEDAAN DESPITE DAN IN SPITE OF

Hai semua! SUN kembali lagi untuk memberikan informasi mengenai hal-hal yang sering menjadi rintangan kita ketika belajar Bahasa Inggris. Kali ini akan dijelaskan mengenai dua kata yang seringkali membuat orang bingung, yaitu perbedaan Despite dan In spite of. Apa perbedaan Despite dan In spite of dan bagaimanakah cara penggunaannya? Ayo kita bahas lebih lanjut mengenai hal ini. Jangan lupa sebelum itu siapkanlah pensil dan kertas ataupun gadget kalian untuk mencatat ya !!

  1. Pengertian Despite dan In Spite Of

Kata Despite merupakan kata dalam Bahasa Inggris yang terkandung di dalam preposisi. Kata Despite dianggap sebagai kata yang lebih formal dan lebih umum untuk digunakan dalam lisan maupun tulisan dari pada kata In spite of. Selain itu kata Despite juga dapat digunakan pada awal kalimat dan dapat digunakan untuk menghubungkan kalimat yang berada di tengah kalimat. Saat digunakan di dalam sebuah kalimat, kata Despite diikuti dengan kata benda atau gerund. Agar lebih jelas mengenai kegunaannya dan bagaimana fungsi dari kata Despite berikut ini adalah beberapa contohnya:

  • Despite the difficulties, they managed to finish the project on time. (Meskipun ada kesulitan, mereka berhasil menyelesaikan proyek tepat waktu.)
  • He got the job despite his lack of experience. (Dia mendapatkan pekerjaan meskipun kurang pengalaman.)

Dari beberapa contoh kalimat di atas tersebut, penggunaan kata despite dapat digunakan pada awal kalimat dan juga dapat digunakan sebagai kata hubug atar klausa di tengah kalimat. Pada kalimat-kalimat di atas bisa dilihat bahwa kehadiran kata despite menunjukkan sebuah makna “meskipun”, karena klausa di awal kalimat dan di akhir kalimat menunjukkan adanya kontradiksi yang terdapat di dalam kalimat.

Nah jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa itu despite, maka kata yang selanjutnya akan kita bahas adalah kata in spite of. Apa itu in spite of dan apa perbedaan Despite dan In spite of. Sama seperti kata despite kata in spite of juga merupakan kata dalam Bahasa Inggris yang terkandung di dalam preposisi. Namun terdapat perbedaan dengan kata despite, kata in spite of terdengar lebih jarang digunakan. Frasa ini juga lebih informal. In spite of akan lebih sesuai jika digunakan dalam suasana kasual atau saat berbicara dengan orang terdekat. Kata ini sama seperti despite yang bisa digunakan pada awal kalimat dan pada tengah kalimat sebagai kata hubung antar klausa. Kata in spite of juga selalu diikuti oleh noun atau kata benda, tetapi tidak menutup kemungkinan jika in spite of diikuti oleh gerund. Contoh dari kata in spite of adalah sebagai berikut:

  • In spite of the rain, we had a great time at the park. (Walaupun hujan, kami bersenang-senang di taman)
  • She was able to finish the race in spite of her injury. (Dia dapat menyelesaikan perlombaan walaupun terluka.)

Berdasarkan contoh kalimat tersebut bisa kita lihat bahwa kata in spite of sama seperti kaat despite yang dimana kata ini bisa diletakan pada awal kalimat dan juga bisa diletakkan pada pertengahan kalimat sebagai kata hubung atau kata sambung. Dari sedikit penjelasan di atas dapat dilihat perbedaan Despite dan In spite of dalam sebuah kalimat. Selanjutnya akan dijelaskan lebih lanjut mengenai perbedaan Despite dan In spite of di bawah ini.

Despite vs. In Spite Of - Difference & Meaning

 

Sources: https://grammarist.com/

2. Bagaimana perbedaan Despite dan In spite of?

Lalu bagaimanakah dengan perbedaan Despite dan In Spite Of , apa yang membedakan diantara keduanya? Karena jika dilihat dari definisi kedua kata tersebut keduanya memiliki arti yang kurang lebih sama. “Despite” sendiri bisa diartikan sebagai “meskipun”, sedangkan “In spite of” dapat diartikan sebagai “walaupun”. Oleh sebab itu kedua kata ini dapat dipakai dalam situasi yang sebenarnya sama. Hanya saja, tetap terdapat hal yang membedakan di antara kedua kata tersebut. Nah sekarang ayo kita bahas perbedaan Despite dan In spite of, let’s check it out !

Arti More Termasuk Bentuk Kalimat Perbandingan dalam Bahasa Inggris,  Ketahui Penggunaannya - Kapanlagi.com

 

Sources: https://plus.kapanlagi.com/

3. Bagaimana cara menggunakan Despite?

Kita telah mengetahui bahwa despite lebih sering dipakai dibandingkan dengan in spite of. Ditambah lagi, “despite” juga sering dipakai dalam konteks yang bersifat formal. Mari kita lihat beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “despite” di bawah ini:

  • Despite the bad weather, they decided to go anyway because the fee has been paid. (Meskipun cuacanya buruk, mereka memutuskan untuk pergi juga karena mereka sudah membayar biayanya.)
  • Despite his laziness, he is a genius and I am sure we can rely on him. (Meskipun dia malas, dia adalah seorang jenius dan saya yakin kita bisa mengandalkannya.)
  • Despite it being late, we decided to continue the meeting. (Meski terlambat, kami memutuskan untuk melanjutkan pertemuan.)
  • Despite the traffic jam, I can arrive on time. (Meskipun macat, saya bisa tiba tepat waktu.)
  • She still goes to school despite the heavy rain. (Dia tetap pergi ke sekolah meskipun hujan deras.)
  • She enjoys playing video games despite being a hard worker. (Dia suka bermain video games meskipun dia adalah seorang yang rajin bekerja.)
  • Kevin still manages to finish his food despite his stomach is already full. (Kevin masih bisa menghabiskan makanannya meski perutnya sudah penuh.)
Arti More Termasuk Bentuk Kalimat Perbandingan dalam Bahasa Inggris,  Ketahui Penggunaannya - Kapanlagi.com

 

Sources: https://plus.kapanlagi.com/

4. Bagaimana cara menggunakan In Spite Of?

Salah satu kesalahan yang cukup sering dibuat ketika menggunakan “In spite of” adalah menggabung penulisannya menjadi “inspite of”. Hal ini jelas salah dan harus dihindari ya. Selain itu, ada juga terkadang orang menggabungkan “despite” dan “in spite of” menjadi “despite of”. Sebenarnya dalam kalimat Bahasa Inggris terdapat perbedaan Despite dan In Spite Of . Untuk mengetahuinya sekarang, mari kita lihat beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “in spite of”.

  • In spite of her disagreement, we decided to leave early in the morning so that we can arrive there earlier. (Meskipun dia tidak setuju, kami tetap memutuskan untuk berangkat di pagi hari supaya kami bisa sampai di sana lebih awal.)
  • In spite of the stormy day, the football match was not canceled, and that actually made me happy. (Meskipun terlihat seperti akan terjadi badai, pertandingan sepak bola itu tetap tidak dibatalkan, dan itu membuat saya senang.)
  • In spite of their parents’ protest in the past, they chose to get married and worked hard to build their future together. (Meskipun orang tua mereka tidak setuju di masa lalu, mereka tetap memutuskan untuk menikah dan mereka bekerja keras untuk membangun masa depan mereka bersama.)
  • In spite of being guilty, she pretended nothing happened. (Meskipun merasa bersalah, dia berpura-pura tidak terjadi apa-apa.)
  • I am eating sweets in spite of my high blood sugar levels. (Saya makan yang manis-manis meskipun kadar gula darah saya tinggi.)
  • She decided to take the job in spite of the low salary. (Dia memutuskan untuk mengambil pekerjaan meskipun gaji rendah.)

5. Penutup

Setelah melihat penjelasan mengenai Despite dan In Spite Of di atas apakah sekarang kalian sudah paham cara penggunaan dan perbedaan “despite” dan “in spite of”? Sebagai kesimpulan, persamaan dari kedua kata tersebut adalah memiliki arti yang sama, dan perbedaan Despite dan In Spite Of adalah cara penggunaannya yang sedikit berbeda. Gunakanlah kedua kata ini ketika kalian ingin menyatakan bahwa suatu hal akan tetap terjadi walaupun ada tantangan yang dihadapi.

Semoga artikel mengenai perbedaan Despite dan In Spite Of kali ini bermanfaat untuk kalian yaa. Materi mengenai perbedaan Despite dan In spite of ini hanyalah sebagian kecil dari Bahasa Inggris maka dari itu jangan lupa kalian harus banyak belajar yaa supaya kalian bisa kuliah di luar negeri suatu saat nanti jika saat ini belum bisa. Salah satu cara agar bisa pandai berbahasa Inggris kalian juga bisa mengikuti kursus salah satunya dengan kursus di SUN. Di SUN nanti kalian akan diajari oleh teachers yang berpengalaman di bidangnya, salah satu yang akan diajari tentunya mengenai perbedaan Despite dan In Spite Of serta bagaimana cara menggunakannya dalam berbahasa Inggris. Jadijangan lupa untuk datang ke SUN ya, karena Sun Education Group siap membantu kalian untuk segala kebutuhan study ke luar negeri kalian.

Saat ini, SUN English memiliki Program Spesialisasi untuk persiapan IELTS™ atau TOEFL® iBT dan TOEFL® PBT International Test. Selain itu, ada beberapa program lain yang juga sudah dikembangkan, yaitu : Academic Writing, Business English (emailing, presenting, negotiating, telephoning, socializing, meeting), English for Specific Purpose dan General English juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan berbahasa Inggris Anda. SUN English juga menyediakan program pelatihan bahasa Inggris untuk perusahaan – perusahaan “In-Company Training” dan program Intracurricular maupun Extracurricular untuk diadakan di sekolah-sekolah SMP maupun SMA.
Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.