Tips Ampuh untuk Mahir dalam Percakapan Bahasa Inggris 2 Orang

Percakapan dalam bahasa Inggris disebut conversation. Kalau mendengar kata conversation, kamu pasti tidak merasa asing, kan? Kita mengenal dua jenis percakapan atau conversation, yaitu yang dilakukan oleh 2 orang dikenal dengan dialogue dan percakapan yang melibatkan lebih dari 2 orang.

Contoh percakapan bahasa Inggris 2 orang

Percakapan bahasa inggris 2 orang bisa meliputi topik yang bervariasi. Sebelum kamu membuat topik percakapanmu sendiri, kamu bisa belajar dan mengeksplor contoh topik yang akan dibahas di artikel ini. Selain itu, kamu juga perlu memahami latar tempat, waktu, dan suasana dalam setiap percakapan. Yuk, coba baca contoh percakapan berikut ini.

Topik: Menanyakan lokasi kantor pos

Tom : Can you tell me where the post office is? I need to mail a package.

Hilary : Oh, that’s easy. It’s very close by.

Tom : Where is it exactly?

Hilary : You go down the street for one block and then turn right. You’ll see it right there.

Tom : Do you know what time the post office closes?

Hilary : I’m pretty sure that it’s open until five.

Tom : Oh, that’s great. It’s only four o’clock now, so I should be able to get there and get this package mailed today. Thanks for your help.

Hilary : No problem.

Baca Juga : Menurut Kamu, Kenapa Bahasa Inggris Itu Penting?

Source: Freepik
Kamu juga bisa mempelajari terjemahannya untuk bisa lebih memahami percakapan bahasa Inggris antara 2 orang di atas.

Tom : Bisa kasih tahu di mana kantor posnya? Aku perlu mengirimkan paket.

Hilary : Oh, oke baik. Lokasinya sangat dekat.

Tom : Tepatnya di mana?

Hilary : Kamu bisa menyusuri jalan ini sejauh satu blok dan kemudian belok kanan. Nanti kamu akan lihat, di situlah lokasinya.

Tom : Apa kamu tahu jam berapa kantor pos tutup?

Hilary : Aku sih yakin kantor pos itu buka sampai jam lima.

Tom : Oh, bagus sekali kalau begitu. Sekarang baru jam empat, jadi aku masih bisa ke sana dan mengirimkan paket ini hari ini. Terima kasih ya atas infonya.

Hilary : Sama-sama.

Baca Juga : Contoh Adjective Clause, Apa Aja ya Bentuk Kalimatnya!

Tips-tips mahir melakukan percakapan bahasa Inggris

Langkah-langkah berikut ini bisa kamu coba supaya percakapan yang kamu buat terdengar natural.

percakapan bahasa inggris 2 orang
Source: Envato

1. Menonton film berbahasa inggris

Tidak diragukan lagi kalau kegiatan yang menyenangkan ini bisa bermanfaat melatih kemampuan listening. Kamu juga bisa mendapat vocabulary baru dengan menonton film. Baik dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris maupun tidak memakai subtitle sama sekali, kamu bisa mengeksplor percakapan bahasa Inggris dalam genre film yang kamu suka. Tidak kalah pentingnya, coba deh sesekali kamu tiru apa yang diucapkan si aktor beserta intonasi yang digunakannya; dengan begitu kamu bisa melatih pronunciationmu.

2. Kuasai tenses dasar

Selain mengamati dan meniru penutur bahasa Inggris, kamu juga perlu mengasah kemampuan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris dengan mempelajari tenses, yaitu struktur kalimat yang berdasarkan pada waktu. Setiap tense menggunakan bentuk kata kerja yang menunjukkan waktu terjadinya suatu tindakan. Kamu bisa mendapatkan materi tentang tenses di sumber-sumber terpercaya di internet. Jika kamu ragu saat belajar sendiri, kamu bisa mengeluarkan usaha lebih dengan mengikuti kursus online yang cukup populer belakangan ini.

3. Berlatih bersama teman

Practice makes perfect. Yup, betul sekali bahwa berlatih adalah kunci mengasah keterampilan. Eits, tapi jangan asal berlatih. Practice yang bisa membuat perfect kemampuan kita adalah practice yang konsisten. Jadi, kamu perlu sering-sering berlatih bersama temanmu. Percakapan bahasa Inggris antara 2 orang bisa kamu lakukan secara tatap muka atau virtual, sehingga pembatasan sosial atau social distancing jangan lagi dijadikan alasan untuk tidak berlatih, ya!

Baca Juga : Cara Mudah Mengerti Past Future Continuous Tense

percakapan bahasa inggris 2 orang
Source: Envato

4. Gabung di kelas conversation

Selain tekad dan upaya kamu belajar bahasa Inggris dengan melakukan langkah-langkah di atas, lingkungan juga bisa menentukan kesuksesanmu. Sebab, dengan adanya support system akan membantu menjaga semangat kamu dan mempercepat proses meningkatkan skill bahasa Inggrismu. Mungkin beberapa di antara kamu bertanya, namun bagaimana bila teman-teman atau anggota keluarga enggan diajak berbicara dengan memakai bahasa Inggris?

Kamu bisa mencari support system lain; salah satunya dengan bergabung di kelas conversation. Selain mendapatkan partner untuk berlatih, kamu pun akan memiliki mentor yang bisa memonitor perkembanganmu dan memberi feedback dalam proses berlatihmu.

Jika kamu membutuhkan konsultasi lebih lanjut untuk kebutuhan bahasa Inggrismu, yuk konsultasi Gratis melalui WA SUN English di 081-211-86 82 83⁣ atau kunjungin sunenglish.co.id untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published.