Pertanyaan Wawancara Dan Jawabannya

Selamat untuk Sahabat SUN yang saat ini sedang mendapatkan undangan untuk wawancara kerja. Artinya satu langkah yang akan ditempuh untuk kesuksesan kamu. Maka dari itu, jangan lupa untuk mempersiapkan dirimu dengan sebaik-baiknya, dan akan lebih baik lagi jika kamu mulai berlatih menjawab pertanyaan dari pewawancara. 

Tapi kalau wawancaranya dalam Bahasa Inggris bagaimana dong?

Panik ga? Panik ga?

Yang pasti kamu harus tenang dan engga usah panik. Karena semua itu bisa dipelajari jauh-jauh hari kok. Yuk kita belajar pertanyaan apa yang kira-kira akan muncul, dan bagaimana cara menjawabnya

pertanyaan interview dan jawabannya
Source : Unsplash.com

alam proses wawancara, biasanya perusahaan menggunakan dua bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Apalagi perusahaan multinasional dan internasional, pasti mereka akan melakukan wawancar calon karyawan dalam Bahasa Inggris. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan bahasa Inggris para calon karyawan tersebut. Nah, bagi Sahabat SUN yang sudah lancar berbahasa Inggris pastinya bukan jadi masalah, namun untuk kalian yang masih belum lancar berbahasa Inggris, tenang saja, masih ada waktu untuk belajar.

Beberapa Contoh Pertanyaan Wawancara 

Sekarang kita akan berkenalan dengan beberapa contoh pertanyaan wawancara dalam Bahasa Inggris dan bagaimana cara menjawabnya.

Tapi sebelum kita mulai, akan lebih baik jika Sahabat SUN bisa melakukan beberapa hal penting sebelum interview dimulai. Seperti misalnya, mengumpulkan rasa percaya diri dan ketenangan, sehingga Sahabat SUN akan lebih lancar dalam menjawab pertanyaan.

pertanyaan interview dan jawabannya
Source : Unsplash.com
  1. Tell me about yourself?

Ini adalah pertanyaan yang biasanya ditanyakan pertama kali oleh pewawancara, mereka ingin mengetahui nama, umur, lulusan dari universitas apa, dan pengalaman bekerja yang Sahabat SUN miliki. Begini cara menjawabnya:

I am Narendra, and I am twenty-three years old. I am holding a bachelor degree from University of Surabaya, majoring in Management with specialty in Marketing. I come from Denpasar, Bali and at the moment I live in Surabaya. I am the youngest child in my family. I don’t have much experiences in working field, since I just finished my college. However, I do have many involvement during my college year by participating in several clubs and events that held by my university. 

Usahakan untuk membuat dirimu menarik ya Sahabat SUN. Jika ada, maka kamu boleh menceritakan prestasi yang kamu dapat, yang bisa membuat nilai jual kamu meningkat di mata pewawancara. 

  1. What Are Your Strengths?

Pertanyaan yang selanjutnya ini bisa membuat boomerang dalam menjawabnya. Karena biasanya para calon karyawan akan berlomba-lomba untuk memberikan jawaban yang terkadang memaksa dan tidak masuk akal.

Berikut jawaban yang disarankan:

Well, I am a well-planned person. Which means that I always plan what I will do. I believe that my strength is applicable when I work, since I will be able to do my task perfectly. Moreover, I am a multi-tasking person, therefore I will give my abilities to run in the company. I am truly believe that in order to achieve any goal in life, these qualities are important.

Usahakan untuk menjawab pertanyaan mengenai kelebihan yang kamu miliki ini harus yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang Sahabat SUN lamar ya.

  1. How do you overcome your weaknesses?

Pertanyaan mengenai kelemahan ini menjadi tantangan dalam menjawabnya. Cobalah untuk memberikan kelemahan diri Sahabat SUN sesuai dengan yang kalian berikan di pertanyaan mengenai kekuatan diri. Jadi misalnya kalian memberikan 2 kekuatan, sebaiknya berikan juga 2 kelemahan dan gunakanlah kelemahan itu sebagai suatu kelebihan. Contohnya seperti ini:

I often find myself overthinking for something that have not happened yet, that is why I always planned something beforehand, to make everything run smoothly. I also love to talk a lot, however it makes me a spokesperson for some events back then when I was in college. It means that I am capable to bring an attractive presentation whenever it needed. Therefore I am confidence that my weaknesses will not be obstacles for this company.

Dengan membuat kalimat seperti diatas, kamu menyatakan kelemahanmu merupakan sikap yang sebenarnya dapat menjadi kekuatanmu. 

  1. Why do you want to work here?

Ini adalah pertanyaan yang paling sering keluar, disini interviewer ingin mengetahui motivasi Sahabat SUN untuk bekerja di perusahaan mereka. Dalam menjawab pertanyaan ini, usahakan memberikan jawaban yang jujur dan apa adanya. 

I’m expecting to expand my knowledge as well as giving all of my skills and experience. Moreover, I would love to work in a team that is inclusive and having an environment that helps me to drive my growth beyond the job descriptions.

Berikanlah jawaban yang membuat Sahabat SUN terlihat professional tanpa mengumbar janji kepada pewawancara.

  1. How do you see yourself in 5 years from now?

Dalam lima tahun mendatang, apa yang ingin kamu lakukan? Kebanyakan para calon karyawan akan menjawab menikah, mempunyai anak dan memiliki mobil serta  rumah. Sahabat SUN jangan menjawab secara personal yah. Karena ini adalah wawancara untuk pekerjaan, maka jawablah pertanyaan tersebut yang berhubungan dengan karir yang ingin kamu raih di perusahaan tersebut. 

Nah, bagaimana cara menjawab yang tepat? Kamu bisa memulainya dengan kalimat pembukaan seperti “I would like to… ” Yang kemudian disambung dengan beberapa alasan dibawah ini:

  • Upgrade my skills, so I can perform well
  • Advanced my knowledge that relate to the industry
  • Accomplish a higher position than I am now

Jadi, sudah ada bayangan ya Sahabat SUN mengenai wawancara dalam Bahasa Inggris? Persiapkan diri sebaik-baiknya dengan mulailah memperkaya Skill conversation. SUN English juga mempunyai program yang tepat nih untuk kalian berlatih mengenai wawancara kerja ini. Segera bergabung dengan kami ya Sahabat SUN. 

Comments are closed.