Prepositional Phrase: Definisi dan Cara Menggunakannya

source: dreamstime.com

Saat mempelajari ungkapan dalam Bahasa Inggris, salah satu yang kamu perlu ketahui adalah cara menggunakan prepositional phrase. Penggunaan prepositional phrase itu sendiri sangat penting untuk memberikan variasi ungkapan serta keterangan lebih spesifik mengenai terjadinya suatu kondisi atau kejadian.

Kata-kata preposisi seperti on, in, at dan semacamnya terkadang sering dilupakan karena dianggap kurang penting atau terkesan sama saja. Sehingga banyak siswa yang masih membuat kesalahan saat menggunakan kata preposisi tersebut. Terlebih, mereka cukup sering keliru saat memadukannya dengan kata-kata lain sebelum dan sesudah preposition dalam sebuah kalimat.

Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari apa itu definisi Prepositional Phrase, cara menggunakannya dalam kalimat, serta contoh-contohnya yang bisa kamu ikuti untuk mempelajarinya.

Source: StudiBelajar.com

Definisi Prepositional Phrase

Mengambil definisi dari Macmillan Dictionary of English, “a prepositional phrase consists of a preposition followed by a noun group, pronoun, or ‘-ing’ form”. Artinya, prepositional phrase terdiri dari preposition (kata depan), kata benda (noun), kata ganti (pronoun) dan bentuk kata benda dalam bentuk gerund (-ing).

Dalam penggunaan prepositional phrase, kamu bisa menerangkan sebuah situasi menjadi lebih terperinci melalui beragam bentuk preposisi, seperti time, place, direction, agent atau instrument. Dalam kata lain, fungsi penggunaan Prepositional Phrase sendiri ialah untuk memberikan keterangan mengenai tempat, waktu atau kondisi. Adapun contoh-contoh preposition yang paling umum ialah to, of, about, at, before, after, by, behind, during, for, from, in, over, under, and with.

Di bawah ini merupakan pola kalimat yang kamu perlu ingat dalam menggunakan prepositional phrase, ialah:

Preposition + Noun, Pronoun, or Gerund

  • Noun: I will take a long-distance travel to Macau.
    • Pronoun: She bought a cake for her mom.
    • Gerund: The students should focus on doing the project.

Cara Menggunakan Prepositional Phrase

Menggunakan Prepositional Phrase dalam kalimat cukuplah mudah. Pertama, kamu perlu tahu fungsi dari jenis kata preposisi yang ingin digunakan, apakah bertujuan untuk mendampingi kata kerja, kata benda, atau kata sifat. Kedua, kamu perlu mengenali jenis-jenis bentuk kata preposisi apa yang sesuai dengan fungsinya, apakah untuk menerangkan waktu, tempat atau sebuah tindakan. Prepositional Phrase itu sendiri berfungsi sebagai keterangan untuk menjadi pelengkap dalam sebuah kalimat. Selain itu, kamu perlu mengetahui lebih jelas mengenai fungsi-fungsi prepositional phrase sebagai berikut ini:

Prepositional Phrase sebagai Adverb

Salah satu fungsi prepositional phrase yaitu menerangkan kata kerja (verb) yang ada dalam kalimat. Dalam hal ini, prepositional phrase berbentuk sebagai kata keterangan (adverb), baik sebagai kata keterangan tempat (adverb of place), keterangan waktu (adverb of time)., atau keterangan dari suatu Tindakan (manner). Misalnya:

  • Time: Android was first invented in the 21st century.
  • Place: The autonomous vehicle starts to flourish in the city center.
  • Manner: John went to school by bike.

Prepositional Phrase sebagai Adjective

Penggunaan lainnya dari prepositional phrase adalah sebagai adjective atau kata sifat. Adapun kata sifat sendiri berfungsi menerangkan kata benda yang posisinya dapat berupa subject atau object dalam suatu kalimat. Untuk itu, adjective ini biasanya akan beriringan dalam kata benda dalam suatu kalimat.  Contohnya:

  • Adjective menerangkan subject: The woman in a red scarf steals my shoes.
  • Adjective menerangkan object: I’ve just seen the girl with a black umbrella.
Source: englishclas.com

Prepositional phrase dalam kalimat passive

Tak hanya dalam bentuk kalimat aktif, prepositional phrase juga umumnya berkaitan dengan kalimat pasif. Biasanya kamu dapat menggunakan preposition (by) untuk menerangkan subject dalam melakukan tindakannya.

Contohnya:

  • The cover letter was written by the job seeker.
  • A number of projects have been carried out by professional engineers.
  • I ate the cake made by his grandma.

Prepositional Phrase sebagai pelengkap dua object dalam kalimat

Dalam membuat sebuah kalimat, kamu seringkali membutuhkan informasi sejelas-jelasnya hingga kamu perlu menggunakan keterangan kata preposisi lebih dari satu. Tujuannya ialah untuk memberikan informasi secara lebih terperinci. Misalnya:

  • Before going back to office after lunch, I need to go to the bank across the street.
  • The ministry of health should concern about problems in rural areas.
  • Marry with his brother travels to the museum in the city center.

Prepositional Phrase Sebagai Gabungan Kata (Collocation)

Tak hanya berfungsi sebagai adverb dan adjective, prepositional phrase juga dapat menerangkan kata kerja atau kata sifat. Dalam hal ini, fungsi preposition ialah sebagai collocation (gabungan kata) yang memiliki makna tertentu dan tidak terpisahkan. Contohnya pada kata-kata tertentu seperti look at, take care of, associated + with, atau interest + in.

  • Martin is interested in watching drama series.
  • She takes a good care of her pet.
  • The company is searching for new employees.

Nah, sekarang kalian udah tau kan apa itu prepositional phrase dan cara menggunakannya berikut dengan contoh-contohnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu dalam menulis atau mengucapkan ungkapan dalam Bahasa Inggris menggunakan prepositional phrase.

Melalui Sun English, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif. Nah, semua informasi tersebut bisa kamu kunjungi disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *