Present perfect tense: contoh kalimat positif, negatif, dan interogatif

Present Perfect Tense

Source: freepik.com

Hayo ngaku siapa yang tiap bahas tenses Bahasa Inggris masih suka kebingungan karena saking banyaknya? Apalagi kombinasi tenses seperti past perfect, future continuous, dan sebagainya.  Say less! kali ini, kita akan bahas salah satu variasi dari tenses yaitu present perfect tense.

Dari Namanya, ada 2 tipe tenses yang digabungkan. Tenses yang pertama adalah Simple Present Tense. Simple Present Tense sebagaimana yang kita tahu adalah salah satu jenis tenses yang secara umum digunakan untuk menjelaskan kejadian yang berlangsung saat ini atau present. Jenis tense ini menyebabkan penggunaan verb 1 dalam kalimat yang akan dibuat.

Contohnya adalah “I eat an apple” atau “I live in Surabaya”. Pretty basic and simple.

Sedangkan, perfect tense adalah jenis tense untuk menjelaskan kejadian yang telah diselesaikan di masa lampau namun masih kita bicarakan saat ini.

Saat present dan perfect tenses digabung menjadi sebuah present perfect tense, jangan terkecoh dengan penggunaan kata present disini, karena sebenarnya present perfect tense dapat diartikan jenis tense gabungan yang manjelaskan peristiwa atau kejadian di masa lalu yang masih berlanjut atau memiliki konsekuensi yang dapat dengan jelas terlihat saat ini.

Contoh: I have finished

Dalam contoh tersebut, unsur present yang terlihat adalah penggunaan auxiliary verb ‘have’. Sedangkan unsur perfect yang terlihat adalah penggunaan verb dalam bentuk past participle yaitu ‘finished’.

Sebelumnya, make sure kamu paham perbedaan penggunaan auxiliary verb have dan has.

  • auxiliary verb have: digunakan untuksubjek plural seperti You, they, I, we, the girls, dan the designers.
  • auxiliary verb has: sebaliknya, digunakan pada subjek singular seperti Casey, it, she, he.

Dalam penggunaannya, terdapat 3 cara untuk menuliskan kalimat dengan tenses ini. Ada dalam bentuk kalimat positif, negatif, dan interrogatif. Let’s go through.

Positive Sentence

Saat menulis kalimat positif, tentunya kita bisa menulisnya dengan struktur yang sering kita gunakan pada umumnya yaitu memastikan terdapat subject, verb, dan pelengkap lainnya. Lebih spesifik, subject akan diikuti oleh have/has dan Verb dalam bentuk past participle atau yang sering kita tahu sebagai Verb 3. Bentuk verb past participle dapat disesuaikan dengan jenisnya, apakah regular verb (example: worked, walked) atau irregular verb (example: slept, gone). Struktur kalimat positif present perfect tense adalah:

(+) Subject + have/has + Verb 3

Example: They have carried the books to the classroom

She has cooked the dinner

Negative Sentence

Sedangkan untuk penulisan kalimat negatif, struktur yang digunakan sama, hanya kita butuh menambahkan negative identifiers seperti not atau never sebelum penulisan verb 3. Struktur kalimat negatif present perfect tense adalah:

(-) Subject + have/has + not + Verb 3

Example: We haven’t done the assignment

He hasn’t watered the plants

Interrogative Sentence

Lain halnya dalam penulisan kalimat positif dan negatif, untuk membuat kalimat tanya atau interrogative sentence, kita harus merubah susunan subject dan verbnya. Kalimat tanya diawali dengan auxiliary verb yaitu kata have/has sebelum subject, diikuti oleh bentuk past participle dari verb utama, dan diakhiri dengan tanda tanya untuk membuat pertanyaan. Struktur kalimat interogatif present perfect tense adalah:

(?) Have/has + subject + verb 3 + question mark ?

Example: Have I removed the tape?

Has my package arrived?

—–

That’s it! See? It wasn’t that hard selama kamu dapat memahami konsep utama present perfect tense yaitu penggunaan auxiliary verb to have+ Verb 3 setelah subject. Jadi, jangan bingung-bingung lagi ya!

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Written by: Risyah Adilia

Comments are closed.