Soal Present Continuous Tense? Yuk Kita Bedah!

soal present continuous tense

pixabay.com

Hi, English enthusiasts! Balik lagi sama SUN English, yang siap bantu kamu ngelancarin kemampuan Bahasa Inggris kamu. Kali ini, kita akan bahas sesuatu yang sangat penting ketika mulai belajar sebuah bahasa, terutama Bahasa Inggris. Yes, kita akan bahas Grammar yang ternyata jadi hambatan ketika mulai belajar Bahasa Inggris. Topik kali ini khususnya menyangkut tentang Tense nih temen-temen, yaitu soal Present Continuous Tense. Yuk kita bahas lebih lanjut lagi. Jangan lupa siapin catatan dan minuman kalian ya!

Apa itu Tense?

Sebelum kita ke penjelasan soal Present Continuous Tense, kita perlu tau dulu nih tentang apa itu Tense. Singkatnya, Tense adalah sebuah cara atau konsep dalam Grammar bahasa Inggris untuk menentukan waktu dari terjadinya suatu hal. Dalam Bahasa Inggris sendiri, ada 3 jenis Tense utama, yaitu Past Tense, Present Tense, dan Future Tense. Tentunya, masing-masing tense ini punya fungsi dan struktur yang berbeda

Past Tense berguna untuk menyatakan sesuatu yang terjadi di masa lalu/lampau. Biasanya bentuknya ditandai dengan penggunaan Verb 2 atau was/were. Present Tense, yang berguna untuk menyatakan kejadian atau kebiasaan di masa sekarang, memakai Verb 1 atau am/is/are. Sedangkan Future Tense biasanya menggunakan Modal Verbs (will/is going to) + Verb 1 atau ‘be’ menandakan sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Jadi, penting banget untuk kalian tau konsep ini sebelum kita lanjut ke pembahasan soal Present Continuous Tense

pixabay.com

Aspects of Tense

Terus, apakah sampai disitu? Tentu tidak! Ketiga Tense utama ini bisa terbagi lagi ke dalam 3 bagian yang biasa disebut Aspects of Tense, yaitu Simple, Continuous, dan Perfect. Yup, tentunya 3 aspek ini punya fungsi dan struktur yang berbeda juga.

Aspek simple sendiri punya fungsi untuk menyatakan sesuatu yang menjadi kebiasaan atau fakta baik di masa lampau, sekarang, atau depan. Aspek Continuous biasanya dipakai untuk menyatakan sesuatu yang sedang terjadi dan masih berlangsung. Sedangkan aspek Perfect menandakan sebuah hal yang dimulai dalam satu waktu dan (akan) sudah selesai. Nah aspek-aspek ini bisa digabungkan dengan Tense utama (Past, Present, Future) untuk menyatakan suatu kejadian dalam waktu tertentu. Itulah kenapa mungkin kalian pernah dengar, ‘Present Perfect’, ‘Present Continuous’, Past Continuous’, atau ‘Future Simple’. Karena sudah disebut barusan, yuk langsung saja kita bahas soal Present Continuous Tense di paragraf selanjutnya

Pembahasan soal Present Continuous Tense sering banget bikin kita bingung nih. Kenapa? Karena selama ini yang kita lebih sering pelajari di sekolah itu hanya jenisnya saja: Past, Present dan Future. Kita gak terlalu banyak belajar tentang Aspects of Tense, terutama Continuous.  

Present Continuous Tense

Singkatnya, Present Continuous Tense menandakan kejadian/hal yang terjadi di saat ini dan sedang berlangsung (belum selesai dilakukan).

Struktur (Bentuk Verbal): Subject + ‘be’ (am/is/are) + Verb-ing + Object/Complement

Contoh:

1) I am doing my homework (Saya sedang mengerjakan tugas)

2) They are running after the bus (Mereka sedang mengejar bis itu)

3) My father is writing a letter to his childhood friend (Ayah saya sedang menulis surat untuk teman masa kecilnya)

Dari ketiga contoh diatas, kita bisa melihat bahwa setelah Subject (I, They, My father), selalu ada kombinasi be dan Verb-ing (am doing, are running, is writing). Yes, hal ini lah yang membedakan Present Continuous Tense dari Present Simple Tense. Kita perlu ingat bahwa Present Simple digunakan untuk menjelaskan suatu fakta atau kegiatan yang terjadi secara berulang-ulang, sehingga strukturnya pun berbeda dari Present Simple Tense.

Struktur (Bentuk Verbal): Subject + Verb 1 + Object/Complement

Contoh:

1)  I do my homework on Tuesdays (Saya mengerjakan tugas setiap hari selasa)

2)  They always run after the bus (Mereka selalu mengejar bis itu)

3)  My father writes a letter to his childhood friend once a month (Ayah saya menulis surat untuk teman masa kecilnya sekali dalam sebulan)

pixabay.com

What to Do Next?

Itulah bahasan kita kali ini soal Present Continuous Tense. Sebenarnya bisa dibilang sederhana, tapi kalau kalian gak latih secara konsisten, tentunya bakal jadi susah. Nah, SUN English punya program Grammar Booster dan General English loh untuk bantu kamu menguasai penggunaan Tenses dan aspek Grammar lainnya. Dengan kualitas materi terbaik dan pengajar yang profesional, tentunya kamu bisa lebih paham dan lancar ketika berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Yuk, hubungi kantor SUN English terdekat!

Comments are closed.