Standar Nilai TOEFL S2 Yang Kamu Harus Tahu

Hi, English enthusiasts! Sudah sejauh apa persiapan kuliah keluar negeri kalian? Semoga selalu lancar dan tidak ada kendala ya. Apakah kamu sedang mengejar studi S2? Pas banget, artikel ini ditujukan untuk kamu! Dari sekian banyak persyaratan, tentunya kebutuhan sertifikat Bahasa Inggris sangatlah penting, terutama nilai TOEFL. Alasannya adalah karena nilai TOEFL merupakan sebuah ‘tiket’ yang menentukan apakah kalian bisa masuk ke sebuah negara. Jadi, kali ini kita akan membahas standar nilai TOEFL S2. Dijamin makin paham setelah baca artikel ini!

TOEFL dan Jenisnya

Sebelum kita lanjut ke standar nilai TOEFL S2, yuk kita bahas sedikit tentang apa TOEFL itu. Singkatan dari Test of English as a Foreign Language, TOEFL merupakan sebuah tes yang dibuat dan dirancang oleh ETS (Educational Testing Service) dan salah satu tes tertua (dimulai tahun 1964). Tentunya, dengan fungsi untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris, TOEFL sudah diakui keabsahannya dan banyak digunakan untuk keperluan kuliah dan bekerja di negara yang memakai bahasa Inggris (English-speaking countries).

Kalian sudah tau kan kalau TOEFL terbagi jadi 2 jenis? Ya benar, ada TOEFL ITP dan TOEFL iBT. Nah kedua tes ini punya bentuk dan kegunaan yang berbeda. TOEFL ITP (Institutional Testing Program) terdiri dari 3 bagian, yaitu Listening Comprehension, Structure & Written Expression, dan Reading Comprehension. Skor totalnya berkisar dari 310-677. Sayangnya, TOEFL ITP tidak bisa dipakai untuk keperluan studi ke luar negeri, tetapi masih bisa dipakai untuk melanjutkan kuliah program internasional di Indonesia atau program pertukaran pelajar. Sedangkan TOEFL iBT (Internet-based Test) terdiri dari 4 bagian yaitu Reading, Listening, Writing dan Speaking. Kisaran skor totalnya adalah 1-120. TOEFL iBT inilah yang sekarang dipakai kalau kalian ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri karena kemampuan productive language kalian bisa terlihat dengan adanya sesi Writing dan Speaking.

freepik.com

Standar Nilai TOEFL S2

Setelah mengetahui jenis TOEFL mana yang harus kita ambil, kita pun perlu tahu tujuannya karena itu akan mempengaruhi standar nilai TOEFL S2 kita. Sebagai contoh, biasanya minimum nilai TOEFL untuk kelulusan S1 berkisar antara 425-460. Ini berarti standar nilai TOEFL S2 akan lebih besar, biasanya dimulai dari 480. Tentunya hal ini pun ditentukan oleh jurusan yang kamu ambil. Kalau seandainya jurusan kamu tidak berkaitan dengan penggunaan Bahasa Inggris aktif, standar nilainya pun tidak akan terlalu tinggi. Sebaliknya, jika berkaitan dengan Bahasa Inggris aktif, maka standar nilai pun otomatis meningkat.

Sementara itu, dilansir dari detik.com, ada beberapa standar nilai TOEFL S2 untuk tujuan beasiswa. Untuk beasiswa kuliah S2 di dalam negeri, skor wajib adalah 500 untuk iTP dan 61 untuk iBT. Sementara itu, skor wajib untuk beasiswa kuliah S2 di luar negeri adalah 530 (iTP) dan 70 (iBT). Untuk kamu yang bertujuan kuliah S2 di universitas top dunia, sayangnya tidak bisa menggunakan TOEFL iTP. Alasannya karena, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, TOEFL iTP tidak memiliki sesi Writing dan Speaking, yang merupakan 2 skills penting ketika kamu kuliah di universitas top dunia tersebut. Jadi, standar nilai TOEFL iBT yang diperlukan adalah 80.

freepik.com

What To Do Next?

Apakah kamu merasa standar nilai TOEFL S2 terlalu tinggi? Well, tentu saja tinggi karena standar tersebut menyesuaikan jenjang pendidikan yang diambil, terutama kalau kamu berimpian untuk kuliah di universitas top luar negeri. Oleh sebab itu, penting banget buat kamu mempersiapkan TOEFL kamu dari sekarang sebelum nanti tiba hari dimana kamu tes. Latihan-latihan kecil seperti mendengarkan podcast, membaca teks Bahasa Inggris akademik, dan menonton video pembahasan soal tentunya akan sangat membantu kamu. Tapi jangan lupa, bahwa kamu akan selalu butuh tutor atau pengajar untuk mendampingi kamu dalam memecahkan masalah secara efektif

Itulah bahasan kita kali ini tentang standar nilai TOEFL S2. Untuk dapat skor yang dibutuhkan sebenarnya bukan perkara sulit, tapi kalau kalian gak latih secara konsisten, tentunya bakal jadi susah. Nah, SUN English punya program persiapan TOEFL Premium untuk bantu kamu menguasai semua tipe soal yang dibahas sebelumnya. Dengan kualitas materi terbaik dan pengajar yang profesional, tentunya kamu bisa lebih paham dan lancar ketika mengerjakan soal TOEFL dan mendapatkan skor impian kamu. Yuk, hubungi kantor SUN English terdekat!

Add a Comment

Your email address will not be published.