Yuk cari tau contoh kalimat Prepositional Phrase!

contoh kalimat prepositional phrase
Source : blog.inkforall.com

I always bring my handphone with me.” Dalam kalimat tersebut, terdapat sebuah prepositional phrase atau frasa preposisi. Prepositional phrase atau frasa preposisi dalam kalimat tersebut adalah with me. Dalam menggunakan bahasa Inggris, kita sering menggunakan frasa preposisi tersebut loh! Mungkin, kita tidak menyadarinya, namun jika kita salah menggunakannya, ini bisa mempengaruhi arti dari kalimat bahasa Inggris yang kita ucapkan atau produksi. Nah, sudah tahu pentingnya prepositional phrase bukan? Sekarang, yuk kenalan dengan frasa ini!

Apa itu Prepositional Phrase?

contoh kalimat prepositional phrase
Source : englishwithashish.com

Sebelum mendiskusikan arti dari frasa preposisi, penting untuk mengetahui apa itu frasa. Frasa adalah gabungan antara 2 kata yang memiliki arti. Namun, frasa tidak mengandung predikat atau kata kerja. Contoh dari frasa dalam bahasa Inggris adalah favorite book. Pada frasa favorite book kita tidak menemukan adanya predikat atau verb. Jika demikian, frasa yang kita buat sudah tepat. 

Lantas, bagaimana dengan frasa preposisi? Prepositional phrase atau frasa preposisi adalah frasa yang terdiri dari preposisi atau kata depan dan objek untuk preposisi tersebut. Frasa preposisi atau prepositional phrase banyak digunakan sebagai kata keterangan atau adverb. Contoh kalimat prepositional phrase atau frasa preposisi juga dapat diakhiri dengan gerund, noun, atau pronoun. Contoh dari gerund adalah swimming, running, dan jogging. Sementara contoh dari noun adalah book, table, dan shoes. Kemudian, contoh dari pronoun adalah me, you, us, dan them

Baca Juga : Past Participle Rumus dan Pengertiannya

Jenis-jenis Preposisi

contoh kalimat prepositional phrase
Source : englishplusplus.id

Dalam membuat prepositional phrase kita memerlukan pula preposisi atau kata depan. Terdapat banyak preposisi dalam bahasa Inggris. Preposisi pertama adalah preposisi yang menunjukkan direction atau arah. Preposisi yang digunakan adalah to, in, into, onto, on. Contoh dari kalimat yang menggunakan frasa dengan preposisi yang menunjukkan arah adalah:

She goes to school by car.

Selain itu, dalam bahasa Inggris juga terdapat preposisi yang menunjukkan waktu. Contoh preposisi yang dipakai adalah in, at, dan on pada kalimat:

I usually have breakfast at 9 am.

Jenis preposisi yang ketiga adalah preposisi untuk menunjukkan tempat. Beberapa preposisi pada kategori ini adalah in yang menunjukkan di dalam sebuah tempat atau benda, on yang menunjukkan di atas permukaan benda atau tempat, dan at yang menunjukkan tempat yang spesifik. Contoh penggunaan preposisi ini adalah:

I put all my school textbooks in my bag. 

Jenis-jenis Prepositional Phrase

Setelah mengetahui jenis-jenis preposisi yang nanti dapat kita gunakan dalam pembuatan frasa preposisi, sekarang mari kita lihat bersama beberapa tipe prepositional phrase atau frasa preposisi dalam bahasa Inggris. Setidaknya, terdapat dua tipe frasa preposisi yang paling umum digunakan dalam Bahasa Inggris. Mari kita lihat kedua frasa preposisi tersebut yuk!

Baca Juga : Mengenal Pengertian dan Contoh Kalimat Objective Pronouns

Tipe frasa preposisi yang pertama adalah prepositional phrase atau frasa preposisi yang berfungsi sebagai adverb atau kata keterangan. Secara spesifik, frasa preposisi tipe ini berfungsi untuk menerangkan kata kerja atau verb, kata sifat atau adjective, atau kata keterangan lainnya atau adverb. Biasanya, pertanyaan yang bisa diajukan untuk menggunakan frasa preposisi yang berfungsi sebagai kata keterangan ini adalah pertanyaan yang meliputi dimana atau where, kapan atau when, dengan cara bagaimana atau in what way or manner. Contoh penggunaan frasa preposisi yang berfungsi sebagai kata keterangan adalah:

I always buy vegetables and fruit in the fresh market.

My family always talks about the end-year holiday.

In recent times, we must be able to protect ourselves.

Kita juga dapat menggabungkan beberapa prepositional phrase menggunakan kata penghubung loh! Beberapa contoh kata penghubung yang dapat digunakan adalah and, but, so, dan or. Mari kita simak beberapa contoh penggunaan prepositional phrase yang menggunakan kata penghubung.

Baca Juga : Macam-Macam Part of Speech yang Penting Kamu Ketahui

I always buy vegetables and fruit in the fresh market or supermarket. 

Tipe prepositional phrase yang ke dua adalah prepositional phrase yang berfungsi sebagai adjective atau kata sifat. Secara spesifik, fungsinya adalah untuk menjelaskan noun atau pronoun. Beberapa contoh penggunaan prepositional phrase yang berfungsi sebagai kata sifat adalah:

Some students with high scores are admitted to the Ivy League. 

Nah itu adalah penjelasan dan beberapa tipe dari contoh kalimat prepositional phrase. Cukup mudah dipahami bukan? Namun masih ada beberapa tipe lagi yang cukup rumit jika dijelaskan disini. Untuk belajar lebih lanjut, kamu bisa hubungi SUN English ya!

Comments are closed.