10 Cara Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Inggris

cara meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris

source: pngegg.com

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dapat digunakan orang dengan bahasa ibu yang berbeda untuk berkomunikasi. Berkat bahasa Inggris, orang-orang dengan bahasa ibu yang sama sekali berbeda—mungkin Bahasa Indonesia, Prancis, dan Jepang—dapat duduk dan mengobrol bersama.

Saat ini, bahasa Inggris telah menjangkau berbagai negara dan budaya, dan kemampuan untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik akan membuka banyak pintu untuk karir dan kehidupan sosial. Semakin fasih berbahasa Inggris, semakin banyak percakapan yang menarik, mengasyikkan, dan berwawasan luas yang dapat kita lakukan. Ini memungkinkan kita untuk mendapatkan pengalaman yang memperkaya hidup seperti bepergian, belajar, dan bekerja di luar negeri, tidak hanya di AS tetapi juga banyak negara lain di mana bahasa Inggris digunakan secara luas.

Menariknya lagi, kita dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris tanpa harus berada di kelas atau mengikuti pelajaran yang membuat stres. Sangat mungkin untuk kita bersenang-senang dan menguasai bahasa pada saat yang bersamaan. Mengucapkan (pronounce) kata-kata dengan benar adalah kunci kefasihan, tetapi itu bukan segalanya. Artikel ini akan memberikan 10 langkah cara meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris.

1. Perbanyak Kosakata (Vocabulary)

Mengumpulkan kata-kata baru hari demi hari adalah cara yang baik untuk memperluas kosakata. Coba untuk berkomitmen dan konsisten pada target yang sesuai, misalnya tiga kata sehari atau sepuluh kata sehari.

Bahkan jika hanya punya waktu untuk mempelajari satu kata baru per hari, itu masih layak untuk dicoba. Dengan mempelajari satu kata setiap hari, setelah satu tahun kita akan mempelajari 365 kata bahasa Inggris baru.

Beberapa sumber yang bagus untuk mengumpulkan kosakata baru adalah berita, lagu, dan acara TV, tergantung pada kebiasaan sehari-hari. Jika suka mendengarkan musik, perhatikan liriknya dan perhatikan kata-kata yang belum familier. Lagu sering kali mengandung banyak kosakata, frasa, dan ekspresi yang berguna. Oleh karena itu, lagu tersebut sangat bagus untuk belajar bahasa Inggris.

Selain itu, kita juga dapat mengumpulkan kosakata melalui frasa dan potongan-potongan kata. Penting bagi kita untuk mempelajari kata-kata dalam kelompok. Misalnya, menyebut minuman sebagai a glass of wine, a pint of beer, a cup of tea, a pot of coffee, dll. Akan lebih baik mempelajari frasa-frasa tersebut daripada sekadar wine, beer, tea, dan sebagainya.

cara meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris
source: pngegg.com

2. Tingkat Pelafalan (Pronunciation)

Selama ini mungkin kita telah mengetahui banyak kata, tetapi jika gagal mengatakannya dengan benar, akan menimbulkan kesalahpahaman bagi lawan bicara. Maka mengingat banyak kosakata seakan-akan terasa sia-sia, bukan?

Saat menggunakan kamus online seperti Macmillan dan Merriam-Webster, manfaatkan simbol speaker kecil untuk memeriksa pengucapan kata (pronunciation) yang benar. Ada tutorial pengucapan bahasa Inggris di YouTube atau podcast seperti English Pronunciation Pod atau American English Pronunciation yang mengajarkan banyak aspek pengucapan bahasa Inggris Amerika.

Jika ingin sesuatu yang lebih menantang, kita bisa mencoba tongue twisters. Selain melatih lidah kita untuk lebih luwes dalam berbicara bahasa Inggris, permainan tantangan ini juga akan membuat kita tertawa dan terhibur.

3. Bangun Kepercayaan diri dalam Berbahasa Inggris

Salah satu hambatan terbesar dalam mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Inggris adalah kepercayaan diri. Ini pasti sebuah kesulitan yang hampir semua orang alami dan salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berlatih.

Jika merasa sudah mendapatkan apa yang diperlukan, cobalah pergi ke suatu tempat atau mencari teman baru melalui media sosial dan latih berbicara bahasa Inggris dengan orang asing. Dengan begitu, kita akan fokus pada komponen pembelajaran bahasa yang terkadang terlupakan: kepercayaan diri! Setelah beberapa saat, rasa takut tersebut akan benar-benar hilang dengan membangun fondasi yang kuat dalam bahasa tersebut.

4. Meniru cara berbicara Native Speaker

Singkatnya, teknik ini adalah tentang imitasi. Kita mendengarkan bagaimana native speaker mengatakan sesuatu dan cobalah untuk menirunya. Hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara:

  • Pilih video favorit dengan subtitle. Pastikan bahwa video yang kita tonton adalah sesuatu yang kita nikmati karena kita akan senang melakukannya.
  • Dengarkan berkali-kali. Dengarkan video sekali dan baca subtitle untuk memahami konten dan alur secara umum dengan baik. Kemudian kita bisa memutar ulang untuk mendengarkan lebih jelas lagi bagaimana native speaker tersebut berbicara dan mengucapkan tiap katanya.
  • Berikutnya, saatnya kita menirukan narator kalimat demi kalimat. Putar videonya. Dengarkan. Berhenti sebentar. Tirukan cara berbicaranya. Lalu rekam jika perlu. Ulangi terus langkah tersebut hingga kita bisa menirukannya dengan baik. Jika memilih untuk merekam, kita bisa bandingkan cara berbicara kita dan aslinya. Selain itu, kita bisa dengarkan saja hasil rekaman diri kita sendiri dan evaluasi perbedaan atau kesamaannya. Ulangi langkah ini sampai akhir video.

5. Berbicara dengan Diri Sendiri

Berbicara dengan diri sendiri dalam bahasa Inggris merupakan salah satu cara terbaik dalam berlatih. Kita bisa membicarakan apa saja seperti memberi saran, “Shall we go have a lunch?” atau sekadar pengingat untuk diri sendiri seperti, “I need to wash the dishes and the clothes today.

Tidak hanya itu, kita bisa coba ambil buku berbahasa Inggris dan membaca beberapa halaman dengan suara keras. Latihan ini mungkin memperlambat cara membaca kita, tetapi akan mempercepat keterampilan berbicara.

6. Berpikir dalam Bahasa Inggris

Salah satu cara meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris adalah menggunakan bahasa Inggris bahkan dalam berpikir. Jika kita sudah bisa berpikir dalam bahasa Inggris, maka dibutuhkan lebih sedikit waktu untuk menghasilkan atau merespons dalam percakapan sehari-hari. Bahkan tanpa terjemahan!

Cara yang baik untuk mulai berpikir adalah dengan membuat buku harian di mana kita mengungkapkan pikiran sehari-hari dalam bahasa Inggris. Tidak harus sempurna, yang terpenting adalah kita bisa mengeluarkan pemikiran dalam bahasa Inggris tanpa usaha yang terlalu keras.

7. Bercerita Menggunakan Bahasa Inggris

Ini saatnya kita mengambil tantangan selangkah lebih maju dengan menceritakan kembali sebuah cerita, menggunakan bahasa Inggris tentunya. Kita bisa menceritakan ulang cerita orang lain dengan kata-kata kita sendiri.

Kita bisa memulainya dengan cerita yang akrab dari budaya kita. Dalam menceritakan kembali, kita perlu menyampaikan tidak hanya arti kata-katanya tetapi juga semua nuansa retoris dan budaya.

Di samping itu, kita dapat memilih kata yang berbeda untuk menceritakan kembali sebuah cerita sederhana dalam bahasa Inggris. Mulailah dari cerita sederhana seperti membaca suatu dongeng atau fabel. Cara tersebut akan bermanfaat bagi keterampilan komunikasi bahasa Inggris.

cara meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris
source: pngegg.com

8. Berpartisipasi dalam Kegiatan Public Speaking

Practice makes perfect”, begitu bunyi pepatah dalam bahasa Inggris. Jadi sering-seringlah berbicara menggunakan bahasa Inggris. Beberapa orang berpikir bahwa mereka tidak memiliki kesempatan untuk berlatih berbicara karena mereka tidak tinggal di AS atau negara berbahasa Inggris lainnya. Mereka mungkin juga berkecil hati karena bahasa Inggris tidak digunakan di tempat kerja mereka, atau mereka tidak mengenal penutur asli.

Meski alasan-alasan tersebut sebenarnya valid, tetapi jangan biarkan alasan tersebut menghalangi kita untuk belajar. Berkat pertumbuhan globalisasi dan teknologi, kita memiliki lebih banyak kesempatan untuk berlatih berbicara bahasa Inggris.

Banyak universitas, komunitas, dan masyarakat budaya menyelenggarakan acara seperti debat terbuka, pidato, dan storytelling dalam bahasa Inggris. Ini adalah acara yang tepat di mana kita dapat berpartisipasi dan berbicara dengan orang-orang yang berpikiran sama dan berlatih berbicara bahasa Inggris. Ini mungkin merupakan pengalaman yang menegangkan, tetapi akan bagus untuk melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris.

9. Menggunakan Aplikasi

Pilihan lainnya adalah menggunakan aplikasi untuk berbicara dengan penutur asli secara online. Kita bisa menggunakan beberapa aplikasi populer seperti Duolingo atau HelloTalk. Caranya cukup mudah, yaitu kita mendaftar untuk sebuah akun, memperkenalkan diri, serta masukkan informasi mengenai bahasa ibu dan hobi. Aplikasi ini akan menemukan Anda dengan beberapa kecocokan, yaitu orang-orang yang berbicara bahasa Inggris dan ingin mempraktekkannya. Yang perlu kita lakukan hanyalah menekan beberapa tombol dan mulai berbicara.

10. Berbicara dengan Siri atau Google

Mengobrol dengan Siri atau Google adalah cara yang bagus untuk memaksa diri kita berbicara lebih jelas. Karena Siri dan Google adalah mesin, maka kita tidak dapat mengandalkan gestur dan gerakan wajah untuk menyampaikan maksud. Kata-kata adalah satu-satunya alat yang kita miliki untuk membuat kita dipahami oleh mesin-mesin tersebut. Jadi, kita perlu berbicara sejelas dan setepat mungkin.

Poin plus lainnya menggunakan Siri atau Google adalah mereka selalu tersedia (selama ponsel menyala dan terhubung ke jaringan internet). Cukup tekan tombol beranda dan mulailah mengajukan pertanyaan.

cara meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris
source: pngegg.com

Itu dia 10 langkah cara meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris yang bisa kita coba. Pilih metode manapun untuk memperluas kosa kata, memperbaiki pengucapan, dan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan metode yang tepat dan nyaman untuk diri kita sendiri.

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.