Apa itu exclamatory sentence dalam Bahasa inggris?

Exclamatory sentence atau kalimat seru adalah salah satu dari empat jenis kalimat utama dalam bahasa Inggris. Kalimat ini berfungsi untuk mengekspresikan emosi yang semangat atau juga kekaguman terhadap sesuatu. Sebagai language learner, sebaiknya kita mengerti dan mempelajari tentang kalimat seru mulai dari struktur hingga cara menulis jenis kalimat ini dengan benar.

Pernahkah kamu mengekspresikan perasaan semangat atau terkadang spontan terhadap sesuatu yang tiba-tiba atau sesuatu yang mengejutkan? sadarkah kamu kalimat apa yang kamu gunakan pada saat itu?

Walaupun banyak dari kita tidak menyadari penggunaan kalimat apa pada saat hal spontan atau sesuatu tiba-tiba terjadi, sebagai pembelajar bahasa, lebih baik kita mempelajarinya agar dapat mengetahui penggunaan dan fungsi dari masing-masing kalimat tersebut. Bagaimanapun, kalimat ekspresif dalam tulisan formal tidak banyak ditemukan, mempelajarinya akan membantu kita dalam konteks informal terutama dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

Berikut adalah salah satu kalimat pengekspresian ketika kita berbicara atau menggunakannya dalam keadaan informal yaitu exclamatory sentence (kalimat seru)

APA FUNGSI DARI EXCALAMATORY SENTENCE?

Exclamatory sentence juga terkenal sebagai klausa seru, kalimat ini yang memberikan pernyataan dalam mengungkapkan emosi yang kuat. Biasanya, dalam grammar, kalimat seru diakhiri dengan tanda seru (!)

Kalimat seru merupakan salah satu dari empat jenis kalimat utama dalam bahasa Inggris bersamaan dengan kalimat deklaratif yang menyatakan fakta dan pernyataan, kalimat imperatif yang memberi perintah, dan kalimat tanya yang menanyakan dan tanda tanya sebagai akhir kalimat. Satu hal yang dapat kita catat adalah, kalimat seru ini cocok untuk situasi santai/informal, namun menggunakan kalimat seru dalam semua jenis tulisan formal, termasuk tulisan akademis tidak disarankan.

BAGAIMANA STRUKTUR DALAM EXCLAMATORY SENTENCE?

Dalam kalimat ini, ada beberapa elemen didalamnya yaitu:

1. kata ganti seru biasanya mengawali kalimat seru.

Kalimat seru biasanya dimulai dengan kata ganti seru “apa” atau “bagaimana” untuk menekankan kata benda yang sebelumnya. Misalnya, “what a beautiful baby!”

2. tanda seru biasanya mengakhiri kalimat seru.

Kalimat seru menggunakan tanda baca khusus (!) untuk menekankan suatu emosi.

3. Kalimat seru dapat menggunakan interjection (kata seru)

Kalimat seru dapat mencakup kata seru seperti “wow” atau “aduh” untuk menggambarkan perasaan atau emosi yang kuat.  Kata seru ini dapat berdiri sendiri dengan tanda serunya sendiri atau terhubung ke kalimat seru lainnya dengan menggunakan koma.

BAGAIMANA CONTOH DALAM PENGGUNAAN EXCLAMATORY SENTENCE?

Untuk belajar lebih lanjut tentang bagaimana kalimat seru bekerja dalam bahasa Inggris, mari kita perhatikan kalimat-kalimat berikut sebagai contoh.

1. “how beautiful the mountains are!” Dalam contoh ini, fungsi kata ganti seru “how” adalah untuk mengekspresikan emosi yang kuat tentang pemandangan alam.

2. “yikes, what a terrible movie!” Contoh ini menggunakan kata seru (interjeksi) lalu tanda baca coma serta kata ganti seru “what” untuk sampaikan kekecewaan tentang sebuah film.

3. “you did such a wonderful job!” Meskipun contoh ini menyerupai kalimat deklaratif, contoh ini menggunakan kata “such” sebagai tanda untuk menekankan kata sifat “wonderful” dalam kaitannya dengan kata benda “job”, dan itu mengekspresikan perasaan persetujuan dan dukungan yang kuat.

4. “happy birthday, my friend!” Dalam contoh ini, frasa “happy birthday” mengekspresikan kegembiraan dan tanda seru untuk mendukung penekanan perasaan.

5. “Wow! I can’t believe we won!” dalam contoh ini, kata seru memulai kalimat dan berdiri sendiri untuk menekankan perasaan terkejut yang kuat.

Dari sekian contoh tersebut, masih banyak lagi kalimat seru yang kita temukan dalam kegiatan sehari-hari. Perhatikan penggunaan kalimat ini dalam situasi formal atau bahkan penulisan, hindari menggunakan kalimat seru di penulisan akademik. Dengan menggunakan kalimat ini dalam kegiatan sehari-hari kita bertujuan untuk mengekspresikan emosi pada orang lain berdasarkan konteks tertentu.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.