Bagaimana, sih, penggunaan preposition in, on, dan at yang tepat?

penggunaan in on at

sumber: tolongtangtugas.web.id

Saat penutur asli bahasa Inggris membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan waktu dan tempat, kita pasti sering mendengar tiga kata singkat yang sering muncul: in, on, dan at. Kata-kata tersebut adalah preposisi yang menyatakan korelasi antara dua kata dalam sebuah kalimat.

Sebagai warga negara yang  bahasa Inggris sebagai bahasa asing, beberapa dari kita mungkin sudah memahami makna dan cara menggunakan beberapa preposisi, seperti behind, over, under, next to, dll. Lalu bagaimana dengan preposisi in, on, dan at? Kapan dan bagaimana penggunaannya yang tepat?

Simak, yuk, berikut beberapa aturan penggunaan in, on, dan at dalam sebuah kalimat.

Dalam menyatakan waktu dan tempat, preposisi in, on, dan at digunakan berdasarkan penggunaan dari yang umum ke yang khusus.

Preposisi dan Waktu

penggunaan in on at
sumber: pngegg.com

Preposisi in

Mari kita mulai dengan memahami bagaimana penggunaan in tentang waktu. Penutur bahasa Inggris menggunakan in untuk merujuk pada periode waktu yang umum dan lebih lama, seperti bulan, tahun, dekade, atau abad. Misalnya, kita mengatakan “in July”, “in 2020”, atau “in the 19th century”.

Selain digunakan untuk menyatakan bulan, tahun, dan dekade, preposisi in juga digunakan untuk menyatakan musim. Misalnya, “I want to visit Japan in Spring.”

Selain itu, preposisi in juga dapat kita gunakan untuk menerangkan keterangan waktu dalam setiap harinya. Contohnya, “I go to work in the morning,” atau, “The bus comes in the afternoon.”

Tetapi, kita tidak bisa menggunakan preposisi ini untuk menyatakan waktu di malam hari, melainkan kita menggunakan preposisi at.

Preposisi on

Untuk penggunaan periode waktu yang lebih pendek dan lebih spesifik, kita menggunakan on untuk berbicara tentang hari, tanggal, dan hari libur tertentu. Kita bisa menggunakan, “I visited the park on Saturday,” atau, “Indonesian people celebrate Independence Day on August 17.”

Preposisi at

Untuk penggunaan waktu yang paling spesifik, dan untuk hari libur tanpa kata “day”, kita bisa menggunakan at. Contohnya Anda bisa mengatakan, “The show is aired at midnight,” atau, “Santa Clause comes at Christmas every year.”

Anda juga bisa menggunakannya untuk menunjukkan jam tertentu, seperti, “The show will start at 7 p.m.” 

Preposisi dan Tempat

penggunaan in on at
sumber: pngegg.com

Preposisi in

Penggunaan in, on, dan at juga dapat kita temukan ketika membicarakan tentang suatu tempat. Kita dapat menggunakan in untuk tempat terbesar atau yang paling umum. Misalnya, Anda dapat mengatakan “The university is located in Yogyakarta, Indonesia,” atau, “You should try lontong balap in Surabaya.”

Preposisi on

Untuk tempat yang lebih spesifik, seperti jalan tertentu, kita dapat menggunakan preposisi on. Anda mungkin tahu bahwa Istana Negara terletak di Jalan Medan Merdeka Utara di Jakarta. Anda dapat mengatakan “Istana Negara building is on Medan Merdeka Utara Avenue in Jakarta.” 

Selain itu, untuk menjelaskan tempat, preposisi on dapat kita gunakan untuk menerangkan suatu benda yang terletak di atas suatu tempat. Contohnya, “The cat laid on the floor.” Kalimat tersebut menjelaskan bahwa secara harfiah kucing tersebut berbaring di atas lantai, maka kita menggunakan preposisi on

Kita juga bisa menggunakan preposisi on untuk menunjukkan keberadaan suatu benda yang letaknya ada di atas permukaan tempat. Misalnya, “The book is on the desk.” Kalimat tersebut menjelaskan bahwa buku tersebut berada di atas meja.

Preposisi at

Yang terakhir, kita sampai ke penggunaan preposisi yang paling spesifik. Dalam menjelaskan tempat atau lokasi, preposisi at digunakan untuk menerangkan tempat yang spesifik, bukan hanya kota atau negara. Contohnya, Anda dapat mengatakan “The restaurant is at 123 Raya Street,” atau, “I will meet you at the train station.”

Preposisi untuk Transportasi

penggunaan in on at
sumber: pngegg.com

Perlu diketahui, dalam bahasa Inggris, selalu ada ‘pengecualian terhadap aturan’. Ketika berbicara tentang transportasi, penggunaan in, on, dan at menjadi sedikit sulit untuk dipahami.

Kita menggunakan in untuk kendaraan pribadi, Misalnya, “in a car”, “in a truck”, “in a taxi”, atau “in a boat”.

Kita menggunakan on untuk kendaraan umum, seperti “on the bus”, “on a plane”, “on a ship”, “on a train”, “on the subway”, atau “on the trolley”. Selain itu, kita juga dapat menggunakan on untuk kendaraan yang dapat kita kendarai sendirian. Contohnya, “on a bicycle”, “on a motorcycle”, “on a horse”, “on a surfboard”, atau “on a skateboard”. 

penggunaan in on at
sumber: bahasainggrisbersama.blogspot.com

Meski demikian, dalam belajar bahasa Inggris khususnya penggunaan in, on, dan at, aturan “dari umum ke spesifik” tentu saja akan banyak membantu kita dalam penggunaannya.

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *