Ingin Lanjut Pendidikan atau Karier, Lebih Baik Pilih TOEFL atau IELTS ya?

Pilih TOEFL atau IELTS
Pilih TOEFL atau IELTS
freepik.com

Apa kamu yang ragu dan bingung apa sih alasan pilih TOEFL atau IELTS untuk di masa depan nanti? TOEFL dan IELTS adalah salah syarat wajib saat kamu akan meneruskan pekerjaan maupun sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Faktanya, dua jenis tes ini menjadi dalam mengukur tingkat kemampuan kamu dalam memahami Bahasa Inggris baik secara umum maupun akademis. Namun, kamu harus tahu bahwa TOEFL dan IELTS memiliki bentuk dan jenis soal yang berbeda begitu pula dengan sistem penilaian di masing-masing tes. Mari kita simak perbedaan dari keduanya, yuk.

Pilih TOEFL atau IELTS
getvectorlogo.com

ETS atau Educational Testing Services mendirikan TOEFL atau Test of English as a Foreign Language sebagai tolak ukur berbahasa Inggris. Tes standar ini mengukur kecakapan seorang non-native (bukan penutur asli Bahasa Inggris) untuk ke perguruan tinggi di negara-negara tertentu. Negara-negara tersebut adalah negara yang resmi memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Secara umum, jika kamu yang memilih negara Amerika Serikat dan Kanada yang bertutur American English, persyaratan tesnya adalah TOEFL. Sudahkah kamu pertimbangankan negara impian mana yang hendak kamu jelajahi untuk karir atau pendidikanmu nanti?

Pilih TOEFL atau IELTS
ielts.org

Lain halnya dengan TOEFL, kini kita akan kupas lebih lanjut mengenai tes IELTS yang akhir-akhir ini mulai terasa familiar oleh kalangan pelajar di sekolah, kuliah, hingga pekerja. International English Language Testing System atau IELTS merupakan tes yang berfokus pada kompetensi Bahasa Inggris yang meliputi Listening, Reading, Writing, dan Speaking, Tidak jauh beda bukan dengan TOEFL? Menariknya, hampir di seluruh benua seperti Eropa, United Kingdom, negara Asia yang berbahasa Inggris, bahkan sebagian besar universitas di United States memakai IELTS sebagai persyaratan ke jenjang perguruan tinggi.

IELTS adalah satu dari sejumlah syarat wajib ketika kamu hendak melanjutkan sekolah seperti Diploma hingga Strata (S1-S3). Test ini dapat pula menjadi syarat jika ingin bekerja serta migrasi ke negara lain. Dengan menguasai tes ini dengan baik, negara setempat berharap para pendatang yang akan menetap di negara baru agar dapat survive dalam kehidupan berbahasa Inggris. Hal itu seperti bersosialisasi dengan orang sekitar, melibatkan diri di dalam perusahaan, dan memahami bahasa akademis dalam lingkup perkuliahan.

Perbedaan TOEFL dan IELTS

Untuk memahami lebih lanjut seputar jenis tes yang kamu inginkan, berikut kita sajikan beberapa perbedaan untuk pilih TOEFL atau IELTS. Kamu dapat kamu nilai dan pertimbangankan untuk kamu ambil nantinya.

TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

Pilih TOEFL atau IELTS
freepik.com

Adapun beberapa fokus utama dalam menilai kemampuan bahasa Inggris yang perlu kamu pelajari sebelumnya; 50 soal dari Listening Comprehension (kemampuan mendengarkan), 40 soal untuk Structure and Written Expression (struktur atau tata bahasa), 50 soal dari Reading Comprehension (keterampilan membaca), dan 1 pertanyaan esai pada Test of Written English atau TWE. IELTS menguji keempat skill ini secara berurutan selama dengan durasi yang berbeda. Tidak semua test TOEFL mengujikan skill TWE, kebanyakan dari test TOEFL hanya menguji 3 skill pertama dengan total durasi 115 menit.  Sebagai catatan, masa berlaku sertifikat TOEFL juga berbeda-beda tergantung dari lembaga atau institusi yang menilai kelayakan sertifikat tersebut, secara umum mereka mengakui sertifikat TOEFL hingga 2 tahun saja.

Pilih TOEFL atau IELTS
vectorstock.com

Lembaga ETS membagi tiga jenis tes TOEFL yang resmi untuk memfasilitasi tes terstandar bagi kamu yang ingin mengukur kecakapan Bahasa Inggris:

TOEFL PBT (Paper Based Test)

Paper Based merupakan jenis TOEFL yang paling tradisional karena masih memakai media kertas dalam pengerjaannya. Sistem penilaiannya pun dilakukan manual oleh penyelenggara tes atau institusi yang resmi bekerjasama dengan ETS. Penilaian skor mulai dari nilai terendah hingga tertinggi berkisar dari 310 hingga 677.

TOEFL CBT (Computer Based Test)

Berbeda dengan PBT, Computer Based menggunakan media komputer baik dari proses mengisi hingga skoring nilai mulai dari 0 hingga 300.

TOEFL IBT (Internet Based Test) 

Selain tiga fokus bahasa sebelumnya, tes ini menguji kemampuan speaking, tidak seperti CBT dan PBT juga terdapat perbedaan dalam menilai angka skor yakni 0-120. Tes ini telah menggantikan dua tes sebelumnya walaupun di Indonesia TOEFL PBT masih cukup populer.

IELTS (International English Language Testing System)

Pilih TOEFL atau IELTS
shutterstock.com

Semua jenis tes IELTS masih mengukur skill yang sama secara urut. Tes ini mengurut mulai dari 40 soal Listening, 40 soal untuk Reading, dilanjutkan dengan menyelesaikan 2 task Writing. Sesi terakhir yakti skill Speaking dengan penutur asli atau native speaker. Total durasi yang akan kamu habiskan kurang lebihnya 3 jam termasuk sesi Speaking. Kamu dapat pula memilih jenis tes baik itu berbasis kertas (Paper Based) maupun dengan komputer (Computer Based). ELTS yang resmi terlaksana di lembaga resmi yang menyelenggarakan tes dan bekerjasama dengan ETS. Sebagai tambahan, IELTS memiliki dua jenis tes internasional yang berbeda tergantung dari tujuan kamu saat menetap di luar negeri dalam periode tertentu. Berikut ini adalah dua jenis tes internasional sesuai dengan tujuan kedatanganmu ke negara lain:

IELTS Academic

Bagi kamu yang ingin meneruskan pendidikan ke luar negeri, kamu wajib mengambil tes ini. IELS akan lebih berbeda pada bagian yang paling berbeda adalah Reading dan Writing. Dua skill tersebut akan lebih menjurus kepada topik-topik akademik seperti jurnal pendidikan, biologi, sejarah, teknologi dan lain-lain.

IELTS General Training

Dalam tes ini, topik Reading akan lebih general daripada IELTS Academic. General Training akan lebih fokus pada topik di dalam lingkup dunia kerja dan sehari-hari. Perbedaan lainnya adalah Writing Task 1 yang berisi perintah dalam membuat surat.

Nah, kini kamu sudah cukup mendapat gambaran ‘kan antara pilih TOEFL atau IELTS ke jenjang berikutnya? Jangan lupa untuk mempersiapkan tes ini dari jauh-jauh hari ya! Sebab, ada berbagai ragam teori dan jenis soal yang perlu kamu latih dan evaluasi. Dengan itu kamu bisa meraih hasil maksimal dan sesuai dengan keinginanmu. Untuk informasi lengkap belajar Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri. Kami menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri untuk kamu. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *