Bedakan Penggunaan Has dan Have

Dalam menggunakan Bahasa Inggris, kita sering kali tertukar saat menuliskan atau mengucapkan suatu kata tertentu dalam bahasa Inggris. Karena pada dasarnya satu kata dalam Bahasa Inggris bisa memiliki lebih dari satu arti, bahkan dapat digunakan pada situasi yang beda.

Salah satu bentuk kata yang sering salah digunakan ialah kata Has dan Have. Kedua kata ini memiliki pengertian yang hampir sama namun memiliki arti dan fungsi yang beda-beda, tergantung dari kalimat yang dibuat serta konteks yang akan digunakan dari kalimat tersebut. 

Agar kamu tidak lagi salah dalam menggunakan kata Has dan Have, marilah simak penjelasan dan contoh kalimatnya dalam artikel di bawah ini!

Gunakan Has dan Have sesuai dengan Su

Arti dan Contoh Kata Has dan Have dalam Kalimat

Kata Has dan Have memiliki berbagai arti dan fungsi yang dapat digunakan dalam konteks yang berbeda, tergantung pada setiap kalimat yang dibentuk.

Pertama, Has dan Have artinya memiliki, atau menunjukkan kepemilikan sesuatu, atau bisa juga diartikan sebagai ‘mempunyai’.

Contoh:

  1. She has a new house (Dia memiliki rumah baru)
  2. People have various health problems (Setiap orang memiliki masalah kesehatan yang beragam)
  3. I have a dream (Saya mempunyai mimpi)

Kedua, kata Has dan Have dapat berfungsi sebagai auxiliary yang berarti menerangkan tindakan yang sudah dilakukan. 

Contoh: 

  1. I have eaten lunch (saya sudah makan siang)
  2. The government has built a new road (pemerintah telah membangun jalan baru)
  3. She has got married (Dia sudah menikah)

Adapun makna lainnya mengenai arti kata Has dan Have berarti harus, atau sama dengan makna kata “must”. Akan tetapi, agar kata tersebut berarti harus, kamu perlu menambahkan to- persis setelah kata Has dan Have.

Contoh:

  1. Students have to submit the essay soon (Siswa harus segera menyerahkan esai)
  2. I have to go right now (Saya harus pergi sekarang)
  3. Billy has to contact me soon (Billy harus segera menghubungi saya)

Terakhir, kata Has dan Have yang dikaitkan dengan penggunaan present perfect continuous tense dapat berarti suatu tindakan yang masih sedang dilakukan.  Namun syaratnya kamu perlu menggunakan been dan Verb-ing. 

Contoh:

  1. We have been waiting for him (kami sedang menunggunya sejak tadi)
  2. She has been living in the town (Dia saat ini sedang tinggal di kota)
  3. I have been trying to contact (saya sedang mencoba menghubungimu sejak tadi)

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *