Belajar Bahasa Inggris Gaul, Yuk! Dijamin Makin Fasih Setelah Baca!

Belajar Bahasa Inggris Gaul

pixabay.com

Halo, English Enthusiasts! Apakah kalian suka mendengarkan lagu dalam Bahasa Inggris? Atau kalian suka nonton series dan film dalam Bahasa Inggris? Pasti kalian pernah merasa kalau kata-kata atau kalimatnya agak sedikit beda dari apa yang kita pelajari di sekolah. Hal tersebut memang wajar karena yang kita selama ini pelajari adalah bahasa Inggris yang sifatnya akademik atau formal. Bukan hal yang salah tentunya, tapi bisa jadi nih kalau tipe bahasa Inggris akademik kurang bisa membantu kita untuk ngobrol sama ‘bule’ (native speakers). Oleh karena itu, kali ini, kita akan membahas tentang cara belajar Bahasa Inggris Gaul atau yang biasa disebut English slang.

Arti English Slang 

Sebelum kita lanjut, kita perlu tau dulu arti slang yang sebenarnya. Jadi, English slang atau Bahasa Inggris Gaul adalah bentuk bahasa Inggris yang sangat informal dan lebih sesuai untuk penggunaan komunikasi lisan (speaking) ketimbang tulisan (writing). Selain itu, slang juga bisa bersifat eksklusif atau cuma bisa dimengerti dan dipakai dalam lingkungan sosial tertentu. Jadi, kalau kita mau pakai Bahasa Inggris Gaul atau English Slang, kita perlu memastikan apakah lingkungan kita tau tentang makna dari kata-kata yang kita ucapkan. Kita perlu ingat bahwa pengunaan Bahasa itu untuk menyampaikan pesan, bukan untuk menunjukkan kehebatan kita.

Kegunaan English Slang

Terus, apa gunanya kita belajar Bahasa Inggris Gaul atau English Slang? Ada beberapa kegunaan tentunya. Pertama, kita bisa menambah perbendaharaan kata (vocabulary) karena kita nggak pernah belajar tentang English Slang di sekolah. Kedua, English Slang bisa memudahkan kita untuk punya teman dari luar negeri, yang menggunakan bahasa Inggris juga. Ketiga, kita bakal dengan mudah mengerti arti dari lirik lagu yang kita dengar atau dialog film yang kita lihat. Banyak kegunaanya kan? Nah sekarang, yuk kita bahas beberapa kata atau ungkapan dalam Bahasa Inggris Gaul (English Slang) yang paling umum!

pixabay.com

1)      What’s up?

Ketika kalian ketemu temen dan mau nanya kabar mereka, yuk mulai coba pakai ‘What’s up?’. Ini adalah bentuk ungkapan dalam English Slang yang sering dipakai loh. Inget ya artinya ‘Apa kabar?’ bukan ‘Apa di atas?’

Contoh:
‘Hi Andrew, what’s up?

‘I’m good, you?’

‘Ah great! So am I’

2)      I get it

Nah kita tau kalau arti get adalah mendapatkan, tapi I get it di sini adalah ‘aku mengerti’. Jadi, ketika ingin mengungkapkan kalau kalian mengerti apa yang lawan bicara ucapkan, kalian bisa pakai I get it ketimbang I understand (tentunya ketika berbicara dengan teman sebaya ya)

Contoh:
‘So, that’s how I’d like you to help me. Was it confusing?’

‘No, I get it!’

3)      No biggie

Ketika kalian membantu teman kalian dan mereka bilang ‘Thank you!’ atau ‘Thanks for your help!’, pasti kalian biasa meresponnya dengan ‘You’re welcome’ atau ‘No problem’. Nah, yuk mulai dari sekarang coba pakai ‘No biggie’. Sebenarnya ‘No biggie’ adalah bentuk singkat dari ‘No big deal’ dan memiliki arti yang sama juga. Tapi kita cuma bisa pakai ‘No biggie’ dalam konteks percakapan informal saja ya

freepik.com

4)      Beat

Ketika ketika melihat kata ‘beat’, pasti yang terbesit di kepala kita adalah ‘beat’ dalam musik atau ‘beat’ dalam artian memukul. Tapi, dalam konteks English Slang atau Bahasa Inggris Gaul, ‘beat’ memiliki arti ‘lelah’ atau ‘capek’.

Contoh:
‘Finally, I’ve done all my homeworks. I am beat now’

5)      Cheesy

Dalam arti sebenarnya, ‘cheesy’ memang berhubungan dengan keju, entah itu rasa atau aroma. Nah, tapi dalam konteks Bahasa Inggris Gaul, ‘cheesy’ punya arti ‘buruk’ atau bahkan ‘alay’. Ya, kalian gak salah liat, ‘cheesy’ bisa bermakna ‘alay’

Contoh:
‘What do you think about the movie last now?’

‘I enjoyed it, but the romantic scenes were cheesy

belajar bahasa inggris gaul
freepik.com

Itu dia beberapa ungkapan dan kata-kata dalam Bahasa Inggris Gaul (English Slang). Tentunya masih banyak ungkapan lainnya yang bisa kalian pakai untuk berbicara dengan teman sebaya. Kalau kalian ingin belajar lebih banyak lagi, SUN English siap banget bantu kalian dengan program Conversation dan General English. Yuk kunjungi kantor SUN English terdekat atau hubungi hotline SUN English di bawah! Keep practicing, English enthusiasts!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *