BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK PEMULA

belajar bahasa Inggris untuk pemula

source: frrepik.com

Source: freepik.com

Pastinya bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar adalah keinginan hampir semua orang di jaman modern saat ini dimana teknologi yang ada di sekitar kita biasanya berbasis bahasa Inggris. Selain daripada itu terampil dalam berbahasa Inggris sangatlah berguna untuk dipakai dalam berbagai macam bidang. Nah, bagaimana belajar bahasa Inggris untuk pemula? 

Sebenarnya untuk pemula tidak ada batasan yang terlalu signifikan, yang terpenting adalah kemauan yang gigih untuk tetap belajar bahasa Inggris tersebut.

Berikut adalah beberapa langkah belajar bahasa Inggris untuk pemula:

1. MENCARI TEMPAT KURSUS YANG TEPAT

Pertama-tama yang kamu harus cari adalah tempat belajar yang sesuai dengan yang kamu sukai. Hal ini sangatlah penting karena ketika kamu mendapatkan tempat belajar yang sesuai dengan keinginan kamu, maka kamu akan merasa senang dan belajar menjadi mengasyikkan serta tidak membosankan. Misalnya, para pengajarnya yang sangat fun. Karena kalau pengajarnya tidak fun, maka akan terjadi kebosanan. Kamu tahu kan, belajar bahasa Inggris itu pastinya terkait dengan menambah kosa kata dan tata bahasa yang bisa membuat kamu bosan. Jadi, ketika kamu menemukan tempat yang cocok, maka kamu akan lebih enjoyable.

Selain daripada itu belajar juga bisa secara daring atau online. Jadi, kalau kamu suka dengan tempat kursus tersebut, tetapi terkendala dengan jarak maupun waktu, maka belajar bahasa Inggris untuk pemula secara online adalah solusinya. 

Baca juga: CARI TAHU LEVEL BAHASA INGGRIS KAMU – SUN English

2. MENONTON DI YOUTUBE CHANNELS DAN PODCASTS

Bagi kamu yang suka menonton tayangan-tayangan di internet, seperti video-video di berbagai platforms seperti Youtube, TikTok, Instagram, Podcast dan sebagainya dapat juga menguggah atau menonton sambil belajar gratis. Biasanya materi-materi yang tersedia di laman-laman tersebut sangatlah mudah dan simple sehingga buat kamu yang masih beginner atau pemula sekali bisa pelan-pelan mengikuti video-video tersebut sebelum kamu belajar langsung dengan seorang English teacher. Jadi, setelah kamu sudah paham dasar-dasar nya melalui materi-materi daring tersebut, kamu akan percaya diri dan gak terlalu malu ketika belajar di kelas tatap muka. Jadi, coba browsing-browsing dulu ya.

Baca juga: BAHASA INGGRIS GAUL SEHARI-HARI – SUN English

Source: freepik.com

3. BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK PEMULA DENGAN MENAMBAH KOSAKATA BARU

Tantangan saat belajar bahasa Inggris untuk pemula adalah ketika harus menghafal kata-kata baru. Nah, gimana sih caranya supaya kata-kata tersebut dapat dengan mudah terekam di kepala kita?. Coba kamu pasang atau tempel sticky notes di barang-barang atau benda-benda yang ada di sekitarmu dalam bahasa Inggris. Contohnya semua benda yang ada di kamar tidur kamu dahulu supaya kamu mudah untuk mengingatnya. Usahakan menulisnya dengan ukuran tulisan yang mudah kamu baca dari kejauhan sehingga memudahkan kamu untuk mengingat dengan hanya melihat tulisan tersebut. Tetapi, jangan hanya mengingat kata-kata benda tersebut dalam bahasa Inggris ya, kamu juga harus membuat kalimat sederhana. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mengingat bagaimana menggunakan kata-kata tersebut dengan benar. Kalimat yang kamu buat bisa saja kalimat yang sangat sederhana.

4. MEMBACA TEKS DALAM BAHASA INGGRIS

Bagi kamu yang mempunyai hobi membaca, nah dengan membaca teks dalam bahasa Inggris juga sangat membantu belajar bahasa Inggris untuk pemula. Karena dengan membaca, kamu akan terbiasa dengan menemukan kata-kata baru dan mencoba mencari arti kata-kata baru tersebut dan mengingatnya. Kamu juga bisa mempersiapkan buku catatan khusus untuk kata-kata baru yang kamu temui tersebut. Kemudian kamu bisa membuka catatan tersebut di sela-sela kesibukan kamu, mudah bukan?

5. MENCARI TEMAN UNTUK PRACTICE BERSAMA

Hidup di tengah-tengah zaman yang semakin canggih dan modern memungkinkan kita untuk dapat menemukan teman berbicara dalam bahasa Inggris dengan siapa saja. Hal ini dapat saja melalui virtual speaking partners. Kamu bisa berteman secara online melalui berbagai media sosial dengan teman-teman yang mempunyai masalah yang  sama dengan kamu ataupun dengan orang-orang yang mau membagi waktunya dengan melakukan percakapan dalam bahasa Inggris dengan kamu. Kuncinya adalah kamu tidak perlu merasa rendah diri atau malu untuk berbicara dalam bahasa Inggris karena mereka pasti mengerti kalau kamu adalah pemula. Selain aktif dalam percakapan dalam bahasa Inggris, kamu juga bisa menjadi pendengar yang baik terlebih dahulu sambil mempelajari hal tersebut.

Source: freepik.com

6. MENDENGARKAN MUSIK DALAM BAHASA INGGRIS DAN MENGHAFAL LIRIK NYA

Pastinya kamu suka mendengarkan musik atau lagu-lagi dalam bahasa Inggris. Nah, lirik dalam bahasa Inggris tersebut dapat kamu jadikan sarana untuk belajar bahasa Inggris untuk pemula. Dengan menghafal lirik lagu tersebut kamu juga bisa mempelajari arti kata-kata nya sekaligus bagaimana cara mengucapkan nya. Nah, belajar bahasa Inggris tidak selalu harus membosankan, kan. Terkadang banyak cara agar menguasai bahasa Inggris dapat juga dengan cara yang sesuai dengan hobi kamu kok. Pasti akan sangat efektif dan cepat. Yuk, kamu bisa mencoba trik ini ya.

7. NONTON FILMS YANG KAMU SUKAI

Kalau kamu suka menonton film baik di rumah ataupun bioskop, kamu bisa berlatih mendengarkan percakapan dan meningkatkan listening skills kamu karena kamu bisa mengerti dengan membaca subtitle yang tertera di layar. Untuk kamu yang masih awam dalam menonton film-film berbahasa Inggris karena masih kesulitan untuk mengikutinya, maka kamu bisa mencobanya dengan menonton film-film animasi anak-anak terlebih dahulu karena lebih pelan percakapannya. 

Baca juga: CARA BACA BAHASA INGGRIS YANG BENAR – SUN English

8. BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK PEMULA DENGAN NONTON VIDEO YANG KAMU SUKAI

Selain daripada itu kamu juga dapat menonton video-video yang kamu sukai, mulai dari video tentang perjalanan, review makanan ataupun hobi lainnya seperti games.

Melalui video-video ini kamu dapat menambah pengetahuan dari hobi yang sedang kamu tekuni sekaligus belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan. Gak percaya, coba aja dulu. Yang penting harus dalam bahasa Inggris loh video-videonya. 

Source: freepik.com

9. PERGUNAKAN BAHASA INGGRIS DI PERANGKAT KAMU

Coba kamu cek terlebih dahululu apakah fitur bahasa yang kamu pergunakan di gadget kamu itu masih dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Jika masih dalam bahasa Indonesia, sebaiknya kamu segera menggantinya ke dalam bahasa Inggris. Hal ini terlihat sangat simple tetapi sangatlah bermanfaat. Karena kamu akan terbiasa dengan istilah yang kamu gunakan ketika mengoperasikan fitur-fitur yang kamu pakai. Jadi, kamu akan terlatih dengan beberapa kosakata yang umum untuk hal tersebut, ya.

Source: freepik.com

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.