Cause and Effect dalam Bahasa Inggris

Pengertian

Cause and effect dalam Bahasa Indonesia berarti sebab akibat. Kalimat yang menyatakan sebab berisi kejadian atau sesuatu yang menjadi alasan atau latar belakang sebuah masalah atau peristiwa.  Sedangkan kalimat akibat menjelaskan kejadian yang merupakan efek atau dampak yang terjadi dari suatu kegiatan.  Mari simak penjelasan dari segi harfiah, sebagaimana yang dibahas di bawah ini:

Cause

  • Cause (noun/kata benda), secara harfiah berarti sebab atau penyebab, bisa berupa sesuatu maupun seseorang yang membuat sesuatu terjadi. 
    • Contoh: The cause of global warming involves the overuse of motorist vehicle. (Penyebab pemanasan global ialah pengunaan kendaraan bermotor secara terus-menerus)
  • Cause (verb/kata kerja), secara bahasa berarti kegiatan yang menyebabkan terjadinya sesuatu.
    • Contoh: The overuse of motorist vehicle causes global warming. (Penggunaan kendaraan bermotor secara terus menerus dapat menyebabkan pemanasan global)

Baca Juga : Mengenal Contoh Tenses lebih jauh. Apa Aja Sih?

Effect

  • Effect (Noun) sebuah akibat dan dampak yang terjadi dari sebuah kegiatan atau peristiwa.
    • The weather had an effect on her emotion (Cuaca mempunyai pengaruh terhadap perasaannya) 
  • Affect (Verb)  kegiatan yang memberikan dampak atau efek yang menyebabkan terjadinya sesuatu.
    • The weather affects her emotion (Cuaca mempengaruhi perasaannya).

Diatas adalah Contoh cause and effect dalam suatu kalimat. Namun, tidak hanya dalam bentuk kalimat, cause and effect bisa juga digunakan dalam bentuk klausa dan paragraf. Dalam penggunaan klausa, expressing cause and effect terjadi pada satu kalimat namun dipisahkan menjadi dua klausa yang dipisahkan oleh kata penghubung dan tanda baca koma. 

Cause and effect sendiri terbagi menjadi dua, yaitu diikuti oleh noun, verb atau klausa. Untuk dapat memahaminya, mari kita bandingkan terlebih dahulu antara kalimat cause dan effect.

Penggunaan Cause and Effect dalam Klausa

Rumus 1: Kata Penghubung + Cause, + Effect

Konektor: due to, owing to, because of, as a result of, as a consequence of 

Contoh: 

Due to the rain, we cannot go to the beach. (Karena hujan kita tidak bisa pergi ke pantai)

Owing to her optimism, Sarah finally succeeds in the competition (Karena optimismenya, Sarah akhirnya memenangkan pertandingan)

As a result of his extensive practices, John is able to win the golf champion. (karena banyak Latihan, John mampu memenangkan pertandingan golf)

Baca Juga : 16 Tenses Bahasa Inggris yang Harus Kamu Kuasai

Rumus 2: Effect + Connector + Cause

Contoh: we cannot go to the beach due to the rain. (Kami batal pergi ke pantai karena hujan)

Sarah finally succeeds in the competition owing to her optimism,  (Sarah akhirnya memenangkan pertandingan karena optimismenya)

John is able to win the golf champion as a result of his extensive practices (John mampu memenangkan pertandingan golf karena banyak Latihan)

Masih banyak contoh lainnya yang bisa kamu eksplore dan biasakan kamu menonton film bahasa inggris karena seringkali kamu temukan cause and effect.

Cause and effect + Verb or Clause

Konektor: because, since, for, hence, thus, therefore, thereby, consequently, as a result
Contoh:

  • Because her brother lives in Jakarta, she must visit him every month. (Karena kakak laki-lakinya tinggal di Jakarta, dia harus mengunjunginya setiap bulan.)
  • This bag is expensive since the famous brand Chanel made it. (Tas ini sungguh mahal karena brand terkenal bernama Chanel yang membuatnya.)
  • My arms are hurt. Hence, i cannot swim today. (Lenganku sakit. Sehingga, aku tak dapat berenang hari ini.)
  • As our teacher has suggested to stay at home, she gives us a pile of homework. (Karena guru kami telah menyarankan untuk tetap di rumah, dia memberikan kami PR.)
  • He is invited to the party for he’s one of the funniest guys in school. (Dia diundang ke pesta karena dia merupakan salah satu orang paling humoris di sekolah.)
  • They haven’t turned 17 yet, as a result, they cannot join the international seminar. (Mereka belum 17 tahun, sehingga, mereka tidak bisa ikut seminar internasional.)

Apabila kamu butuh kursus bahasa Inggris yang dapat menyesuaikan kebutuhan bahasa Inggrismu, segera daftarkan dirimu di Sun English melalui WA hotline di 081211868283

cause and effect
Source : compartirpalabramaestra.org

Comments are closed.