Beberapa Cara untuk Lancar Membaca dalam Bahasa Inggris

cara membaca bahasa inggris

Ketika ingin belajar cara membaca Bahasa inggris, pernahkah kamu mendengar tips yang diberikan adalah membaca sebanyak-banyaknya tulisan dalam Bahasa Inggris? Tapi selain itu apa saja yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Inggris? Ada banyak manfaat yang didapatkan dari membaca tulisan dalam Bahasa Inggris, seperti memperbanyak vocabulary, karena akan ditemukan banyak kosakata baru. Tetapi, kamu akan mempelajari kosakata tersebut dalam sebuah kalimat yang terstruktur, sehingga kamu bisa mengetahui cara menggunakan kosakata tersebut. Selain itu kamu juga dapat mengetahui kata-kata yang biasa digunakan bersamaan dengan kosakata tersebut.

Jika kamu adalah pembaca pemula atau memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang menengah dengan kosakata (vocab) yang minim, membaca Bahasa Inggris akan sulit. Bahkan membaca dalam bahasa yang dipahami juga bukan sebuah hobi, tentu membaca Bahasa inggris akan menjadi sulit. Namun, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk belajar membaca Bahasa Inggris:

Rajin Membaca

Metode terbaik untuk belajar cara membaca Bahasa inggris tentunya adalah dengan rajin membaca. Kemampuan membacamu tidak akan berkembang tanpa membaca. Semakin sering kamu membaca Bahasa inggris, maka akan terasa semakin mudah. Mungkin hal ini akan terlihat sulit dan memerlukan usaha yang ekstra. Namun seperti yang sudah kita ketahui bahwa dibutuhkan setidaknya 21 hari melakukan sesuatu secara konsisten untuk membentuk sebuah kebiasaan. 

Jika memang memungkinkan, sebaiknya kita membiasakan diri untuk membaca setiap hari atau bila belum memungkinkan beberapa hari sekali. Usahakan dalam satu hari kita menyisihkan sedikit waktu kita untuk membaca, bisa dalam waktu lima menit yang kemudian semakin hari semakin bertambah menjadi 20 sampai dengan 30 menit per harinya, tergantung dengan jadwal kita pada hari tersebut. 

Baca Juga : Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Dengan rajin membaca kita dapat mencerna dan memahami bagaimana pola pikir pembicara Bahasa Inggris (native speaker). Selain itu, dengan rajin membaca kita dapat membiasakan diri untuk membaca dengan lebih cepat, tepat dan percaya diri. Terakhir, dengan rajin membaca kita dapat menambah kamus kosakata beserta pemahamannya juga kemampuan untuk membahas berbagai topik.

cara membaca bahasa inggris
source: freepik.com

Pilih Bacaan Sesuai Minat

Mungkin ketika ingin membaca kita bingung untuk memilih tulisan apa yang sebaiknya kita baca dan terkadang kita memaksakan diri untuk membaca sesuatu yang bersifat infomatif atau memberi edukasi. Namun, baiknya mulailah membaca dari jenis atau genre tulisan yang kita senangi, bisa saja komik, novel romantis atau bahkan tulisan dengan banyak gambar yang dapat membantu untuk memvisualisasi tulisan yang sedang kamu baca. Sedapat mungkin buat kebiasaan membaca ini hal yang menyenangkan, bukan sebuah keterpaksaan. 

Jika memang tidak senang membaca buku, kita bisa memilih opsi bacaan lain seperti postingan blog, artikel di majalah, berita online, kini juga terdapat banyak e-book dan e-reader yang tersedia serta dapat kita baca juga kita lakukan di mana saja dan kapan saja sehingga waktu luang dapat kita gunakan untuk membaca. E-reader bahkan dapat dengan mudah membantu kita menterjemahkan kata yang ingin kita ketahui artinya hanya dengan menekan kata yang ingin kita ketahui artinya.

Baca Topik yang Bervariasi

Setelah menemukan topik bacaan yang kita senangi, coba telusuri lebih banyak lagi tulisan maupun artikel seputar topik tersebut. Namun, perlu diingat sebaiknya jangan hanya terfokus pada satu topik saja. Coba untuk eksplor topik berbeda agar bacaan kita bervariasi. 

Metode ini akan bermanfaat untuk menambah macam-macam kosakata. Selain itu, dengan membaca topik yang bervariasi, kita tidak merasa bosan saat belajarcara membaca bahasa inggris baik dan benar, karena kita akan mempunyai banyak variasi bacaan yang dapat kita pilih. Kemudian yang terakhir, dari topik yang bervariasi ini, kita bisa melihat pola umum yang muncul pada materi yang ditulis dalam Bahasa Inggris.

Baca Juga : 5 Jenis Tes Bahasa Inggris untuk Kamu yang Ingin Melanjutkan Studi

Baca Buku yang Sama

Maksud dari tips ini adalah jika kita memiliki satu buku favorit yang sudah pernah kita baca dalam Bahasa Indoenesia, coba cari versi terjemahan bukut tersebut dalam Bahasa Inggris. Membaca buku yang sama namun dalam Bahasa Inggris akan sangat memudahkan. Karena pertama, kita sudah tahu bahwa kita menyukai buku tersebut. Kedua, kita tidak perlu khawatir tidak mengerti isi bacaan karena kita sudah membacanya dalam Bahasa yang sudah kita pahami sebelumnya. 

cara membaca bahasa inggris
source: freepik.com

Jangan Terjebak

Ketika kita membaca dan merasa tidak mengerti setiap kata yang terdapat pada bacaan, jangan merasa terjebak pada detil yang ada. Sesekali kita dapat mencari tahu beberapa kata yang ingin kita ketahui artinya. Namun, jangan sampai kita ingin memahami setiap kata yang kita baca, karena akan memakan waktu dan kemungkinan besar kita lantas tidak menyelesaikan bacaan itu. Bagian terpenting adalah kita memahami intisari dari cerita yang kita baca. Jika kita tidak memahami satu atau dua kata dari sebuah kalimat namun dapat memahami intinya, kita dapat menebak saja arti kata tersebut, atau cob abaca kalimat selanjutnya dan lihat apakah dapat membantu.

Jika ketika kita membaca lalu menemukan banyak sekali kata yang belum kita ketahui artinya, bisa jadi bacaan yang kita pilih memiliki tingkat kesulitan yang tinggi untuk level pemahaman kita saat itu. Kita bisa memilih jenis bacaan yang lebih ringan dan sesuai tingkat pemahaman.

Baca Juga : Cara Cepat Belajar Percakapan Bahasa Inggri

Baca dengan Keras

Salah satu cara yang efektif untuk belajar cara membaca Bahasa Inggris adalah dengan mengkombinasikan berbagai metode. Contohnya seperti membaca sebuah buku sambil mendengarkan versi audio dari buku tersebut. Jika ingin lebih ekstra lagi, kamu dapat membaca, mendengarkan serta mengucapkan dengan keras apa yang sedang kamu baca secara bersamaan. Ketika kita membaca dengan lantang, usahakan kita memang sedang berada di tempat yang sepi, sehingga kita dapat focus. 

Terdapat tiga keuntungan dari metode ini, yang pertama adalah kita lebih fokus menyerap informasi dari tulisan yang kita baca, karena kita menggunakan indera penglihatan serta pendengaran. Kedua, metode ini dapat membantu meningkatkan kemampuan kita dalam melafalkan kosakata. Ketiga, dengan membaca secara keras, dapat meningkatkan pemahaman, karena membantu kita meresapi kata-kata yang sedang kita baca. 

Demikian beberapa tips cara membaca Bahasa Inggris yang dapat kamu coba terapkan. Hal yang paling penting adalah tetap terus termotivasi dan konsisten dalam membaca. Apabila dalam proses belajar kamu tetap menemui kesulitan, kamu dapat mencari teman yang juga sedang belajar cara membaca Bahasa Inggris kemudian membaca buku atau artikel yang sama. Setelah itu kalian dapat mendiskusikan isi, kosakata, pola kalimat yang belum kalian pahami Bersama. Selain itu, bisa saja kamu meminta bantuan tenaga professional untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Inggrismu. Kamu bahkan dapat melakukan konsultasi gratis melalui Whatsapp SUN English di: 081-211-86 82 atau kunjungi Website SUN English untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *