Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Pada kondisi pandemik seperti sekarang ini, hampir semua kegiatan kita menjadi sangat terbatas, termasuk aktivitas belajar. Namun tentu saja jangan sampai hal ini membuat semangat belajar kamu surut, ya! Kamu tetap bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak di sela-sela waktu luangmu dengan cara yang seru.

Beberapa hasil dari penelitian menyebutkan bahwa cara belajar bahasa inggris otodidak yang paling efektif adalah dengan “belajar yang menyenangkan” karena dengan begitu informasi akan tersimpan lebih lama di dalam otak kita. Ada banyak sekali cara agar kamu bisa belajar Bahasa Inggris di rumah secara otodidak dengan cara yang menyenangkan, lho! Yuk kita lihat beberapa cara-caranya.

1. Mendengarkan musik

Hal pertama yang harus dilakukan apabila kamu ingin belajar Bahasa Inggris secara otodidak adalah memilih cara belajar mana yang menarik bagi kamu. Apabila kamu adalah seseorang yang sangat senang mendengarkan lagu, kamu bisa memilih beberapa lagu untuk melatih skill listening. Selain itu, salah satu kekuatan lagu adalah emosi yang tersimpan di dalamnya. Dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris, kamu bisa memahami makna dari lagu tersebut dan sekaligus ikut terhanyut di dalam lagunya, lho!

Selain itu jika kamu adalah seorang auditory learners, kamu juga bisa mencoba meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan mencoba mendengarkan podcast. Saat ini banyak sekali bermunculan podcast di berbagai macam platform yang membicarakan topik atau isu-isu yang menarik. Dengan mendengarkan podcast, kamu akan lebih terbiasa mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris.

Baca Juga : Cara Jitu Menjawab Soal TOEFL Structure & Written Expression 

Source: freepik.com

2. Membaca novel

Apabila kamu adalah seseorang yang cenderung lebih suka membaca, tentu saja novel adalah pilihan yang tepat bagi kamu. Apalagi saat ini, akses untuk mendapatkan novel bahasa Inggris sangat mudah dibandingkan zaman dulu. Apabila kamu tidak memiliki buku bahasa Inggris, sekarang kamu bisa dengan mudah mengunduh ebook atau pdf novel tersebut.

Kamu juga bisa mengunduh aplikasi dimana kamu bisa memilih genre novel yang kamu suka dan kemudian membacanya, seperti wattpad atau goodreads.   Membaca buku atau novel adalah pilihan yang sangat tepat cara belajar bahasa inggris otodidak dan belajar grammar karena jika dibandingkan dengan lagu ataupun film, novel cenderung memiliki struktur kata dan kalimat yang sudah tersusun dengan sangat rapih. Selain itu, dengan membaca novel kamu juga bisa mendapatkan banyak sekali vocabulary. Tapi tentu saja jika kamu menemukan kata-kata baru, jangan lupa untuk mencari tahu arti dan mencatatnya, ya! 

3. Menonton film

Jika kamu adalah seseorang yang lebih menyukai visual, aktivitas menonton film sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris secara otodidak. Apalagi semenjak situasi pandemi ini banyak sekali orang-orang yang melakukan aktivitas menonton film atau serial melalui situs streaming sebagai salah satu alternatif hiburan dari kegiatan sehari-hari di rumah yang membosankan. Tidak hanya mendapatkan hiburan di kala pandemik, tapi kamu juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, lho!

Menonton film ataupun serial bahasa Inggris bisa menambah pengetahuan kita mengenai frasa ataupun slang yang sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris oleh penutur asli. Saat menonton film, kamu akan sangat terbantu dengan adanya subtitle. Akan tetapi, usahakan untuk tetap menggunakan subtitle bahasa Inggris dan coba untuk menangkap makna secara umum dari dialog yang diucapkan biarpun ada satu atau 2 kata yang tidak kamu pahami.

Baca Juga : Rumus Past Continuous Tense dan Penggunaannya dalam Kalimat

Setelah kamu terbiasa, kamu bisa mulai menonton tanpa menggunakan subtitle untuk melatih kemampuan listening. Dengan menonton berbagai macam genre film, kamu juga akan terbiasa mendengarkan berbagai macam dialog dalam aksen yang berbeda lho!

Source: freepik.com

4. Bermain game

Apabila kamu tidak menyukai aktivitas mendengarkan musik, membaca novel, ataupun menonton film dan lebih gemar bermain games, jangan khawatir! Bermain games juga merupakan salah satu aktivitas yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Akan tetapi, kamu harus pintar-pintar memilih genre games yang kamu mainkan. Jenis game yang sangat membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris adalah RPG (Role-playing game).

Jenis game ini memiliki banyak konten bahasa Inggris dibandingkan jenis game yang lain, seperti percakapan di dalam cerita game maupun teks deskripsi item dan skill. Karena RPG sangatlah identik dengan cerita yang panjang, maka teks bahasa Inggris yang dapat kamu pelajari pun akan lebih banyak. Selain itu dengan kemunculan online games dimana para pemain bisa saling berinteraksi dengan pemain di negara lain juga dapat sangat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Kamu bisa mencoba berinteraksi dengan pemain dari Negara lain secara lisan maupun tulisan agar dapat mempraktekkan langsung apa yang sudah kamu pelajari.

Baca Juga : Cara Cepat Belajar Percakapan Bahasa Inggris

  5.   Rajin praktek

Kunci dalam belajar bahasa Inggris secara otodidak adalah dengan sering melakukan latihan kapanpun dan dimanapun. Sebagian besar orang mengalami kegagalan untuk menguasai bahasa Inggris karena mereka hanya belajar bahasa secara pasif. Mereka memahami teori dari buku atau tulisan, akan tetapi karena jarang melakukan praktek maka akan banyak sekali kesalahan yang dilakukan. Dengan melakukan praktek secara rutin, kamu akan lebih cepat menguasai bahasa Inggris.

Salah satu cara berlatih yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan monolog. Kamu bisa melatih diri sendiri untuk menceritakan pengalaman menarik, atau kejadian yang dialami pada hari tersebut dengan bahasa Inggris di depan cermin. Dengan rajin melakukan hal tersebut, secara tidak langsung kamu akan menjadi terbiasa dengan pengucapan kalimat bahasa Inggris. Setelah kamu merasa lebih percaya diri, kamu bisa mengajak teman yang bisa dijadikan partner agar dapat mempraktekkan semua teori yang sudah dipelajari sekaligus mengasah kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris sehingga tidak akan merasa canggung dan lebih luwes dalam pengucapannya.

Apabila kamu tidak memiliki teman yang ingin membantu, kamu bisa bergabung dengan komunitas belajar bahasa Inggris untuk melakukan praktek. Selain itu di era digital seperti sekarang ini, kamu bisa menggunakan media sosial untuk berkenalan dengan native speaker dari berbagai macam negara dan melakukan percakapan dengan mereka secara langsung.

Source: Quora

Kelima cara-cara tersebut dapat dilakukan apabila kamu ingin cara belajar bahasa inggris otodidak. Akan tetapi, walaupun kamu bisa melakukan hal-hal tersebut untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak, kamu tetap butuh guru sebagai evaluator untuk mengetahui apakah proses belajar yang sudah dilakukan sejauh ini berhasil atau tidak dan juga bagian bagian mana yang masih perlu diperbaiki. Selain itu dengan adanya bantuan guru, kamu bisa memiliki partner dalam berdialog menggunakan bahasa Inggris dan juga mendapatkan feedback secara langsung.

Feedback akan sangat berguna agar kamu mahir berbahasa Inggris karena kamu bisa mengetahui letak kesalahan yang dilakukan agar bisa memperbaiki kesalahan tersebut dan tidak mengulanginya lagi. Yuk segera daftarkan dirimu di Sun English untuk meningkatkan kemampuanmu dalam bahasa Inggris! Hubungi hotline SUN English di 081211868283 atau klik wa.me/6281211868283

Penulis : Anin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *