Cara Jitu Menjawab Soal TOEFL Structure & Written Expression

Tes bahasa Inggris sudah menjadi cara yang paling umum untuk menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang, dan biasanya hal ini digunakan untuk berbagai macam keperluan baik di dalam maupun luar negeri. Ada beragam tes bahasa Inggris yang biasa dilakukan, seperti TOEIC, IELTS, dan juga TOEFL. Dari berbagai macam tes-tes tersebut, TOEFL merupakan salah satu yang paling sering digunakan, terutama untuk keperluan di dalam negeri sebagai persyaratan kelulusan kuliah atau untuk melamar pekerjaan. Tes TOEFL sendiri terdiri dari beberapa bagian, dan sebagian besar orang pasti selalu beranggapan bahwa bagian structure and written expression adalah bagian yang paling sulit. 

Source: ets.org

Structure and written expression adalah bagian kedua yang diujikan dalam tes TOEFL. Bagian ini ditujukan untuk menilai kemampuan atau kompetensi kamu dalam hal tata bahasa di dal1am bahasa Inggris. Soal yang terdapat pada bagian ini terdiri dari 40 soal dengan durasi waktu untuk menegerjakan soal-soal tersebut adalah 30 menit.

Di dalam bagian structure, kamu akan diberikan soal cara menjawab soal TOEFL structure berupa kalimat yang tidak lengkap dan kemudian diminta untuk memilih kata atau frasa yang tepat untuk melengkapi kalimat yang diberikan. Sedangkan dalam bagian written expression, kamu akan diberikan soal berupa kalimat dengan beberapa bagian yang digaris bawahi. Yang perlu kamu lakukan adalah menentukan bagian mana yang salah dalam kalimat tersebut.

Bagian structure dan written expression ini dianggap paling sulit dalam cara menjawab soal TOEFL structure bagi sebagian besar orang karena membutuhkan kejelian dan pengetahuan grammar yang mumpuni. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir! Kamu bisa menerapkan cara-cara jitu yang bisa kamu terapkan untuk menjawab soal TOEFL Structure dan written expression.

Baca Juga : Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

1. Temukan subjek dan kata kerja di dalam kalimat. 

Beberapa kalimat dalam bahasa Inggris biasanya hanya memiliki satu subjek dan kata kerja, dan menemukan kedua hal ini dalam kalimat merupakan hal yang sangat penting bagi kamu. Mengidentifikasi subjek dan kata kerja merupakan cara pertama bagi kamu untuk dapat menjawab soal TOEFL structure dengan mudah. Dalam beberapa kalimat, subjek dan kata kerja akan dapat ditemukan dengan mudah. Akan tetapi, ada beberapa struktur kalimat yang terkadang membuat kamu bingung dalam menentukan subjek dan kata kerja. Untuk itu, dibutuhkan banyak latihan agar kamu dapat terbiasa dengan struktur kalimat dalam tes TOEFL.

2. Perhatikan secara seksama masing-masing jawaban yang tersedia.

Setelah mengidentifikasi komponen kalimat; mana yang merupakan subjek, predikat, objek, dan juga kata keterangan, akan lebih mudah bagimu untuk mengetahui pilihan mana yang tepat untuk mengisi kekurangan dalam kalimat yang ditanyakan. Dalam menjawab soal TOEFL structure, kamu perlu memperhatikan komponen apa yang hilang dari kalimat tersebut dari pilihan-pilihan yang tersedia. Jangan sampai kamu menjawab sebelum mebaca keseluruhan soal dan juga pilihan-pilihan yang tersedia karena terkadang semua pilihan jawaban akan terlihat benar kecuali kita membacanya kata demi kata. 

3. Lakukanlah proses eliminasi

Jika setelah berkali-kali membaca soal dan juga pilihan jawaban yang tersedia kamu masih juga belum bisa menjawabnya, makan kamu bisa melakukan proses eliminasi. Cobalah untuk mengeliminasi sebanyak mungkin bagian yang menggangu. Umumnya pilihan jawaban yang tersedia salah karena:

  • Hilangnya bagian kata atau frasa yang penting, jadi kalimat tersebut masih kurang lengkap.
  • Adanya kalimat atau frasa tidak penting yang masuk ke dalam kalimat.
  • Bagian dari pilihan jawaban mengandung kesalahan grammar.

Setelah kamu mengeliminasi sebanyak mungkin pilihan jawaban, baca kembali kalimat jawaban yang telah kamu pilih. Jika jawabannya tidak terkesan baik (secara intuisi) atau terdengar aneh, ada kemungkinan itu salah. Jika kamu masih belum dapat memutuskan, maka tinggalkan pertanyaan yang membingungkan tersebut dan lanjutlah mengerjakan pertanyaan lain. 

Baca Juga : Rumus Simple Past Tense dan Penggunaannya dalam Kalima

4. Perhatikan kata yang digaris bawahi

Untuk soal TOEFL bagian written expression, kamu perlu memperhatikan kata atau kelompok kata yang digaris bawahi. Kemudian temukan secara cepat bagian mana yang tidak tepat. Yuk kita lihat contoh kalimat berikut ini:

The final class presentation is the importantest

Tanpa membaca kalimat secara lengkap, dapat diidentifikasi bahwa bagian yang tidak tepat adalah importantest karena bentuk superlative dari important seharusnya adalah most important. Selanjutnya, jika soal yang kamu temui tidak bisa diidentifikasi hanya dengan melihat kata atau kelompok kata yang digaris bawahi, maka kamu harus segera membaca keseluruhan kalimat dengan seksama.  

Source: wrvo.org

5. Pastikan struktur kalimat yang kamu lihat sudah paralel

Bagian yang sangat penting untuk diketahui dalam menjawab soal TOEFL written expression adalah struktur kalimat paralel. Apakah itu struktur kalimat paralel? Struktur kalimat paralel adalah kondisi dimana dua atau lebih kata, kalimat, atau unit bahasa lain dalam suatu rangkaian memiliki kesetaraan atau sejajar. Prinsip paralelisme sendiri sangat menekankan kepada konsistensi. Ada beberapa situasi dan aturan sehingga beberapa kata kerja atau kata benda dikatakan memiliki struktur grammar paralel. 

Baca Juga : Rumus Past Continuous Tense dan Penggunaannya dalam Kalimat

Struktur paralel hampir selalu hanya digunakan untuk kata kerja atau kata benda yang digunakan bersama. Yang perlu kamu perhatikan dengan seksama adalah pola grammar dalam kata benda ata kata kerja. Kata kerja memiliki tense, participle, dan variasi tunggal atau jamak. Sementara kata benda bisa jadi tunggal atau jamak dan memiliki pembilang seperti (a, an, dan the) yang menempel pada kata tersebut. Semua itu harus memiliki struktur yang paralel. Berikut contoh penggunaan struktur paralel untuk kata kerja dalam kalimat.

I like to eat apples and drinking apple juice too

I like to eat apples and to drink apple juice too

Jika kita melihat kalimat pertama to eat menggunakan struktur infinitive. Sedangkan drinking merupakan kata kerja dengan akhiran –ing yang merupakan present participle. Kalimat paralel yang seharusnya adalah dengan mengubah keduanya menjadi to infinitive (seperti pada kalimat kedua) atu dengan present participle –ing. Mari kita lihat contoh penggunaan struktur paralel untuk kata benda dalam kalimat.

1. The raccoon and skunks are animals found primarily in North America

2. The raccoon and skunk are animals found primarily in North America

Jika kita melihat kalimat pertama dari contoh tersebut, the racoon mengindikasikan kata benda tunggal. Hal itu karena ada determiner “the” di depannya. Sementara skunks menunjukkan bahwa kata benda tersebut jamak. Agar kalimat tersebut memiliki struktur yang paralel, maka kita harus mengubah kedua kata benda tersebut menjadi tunggal seperti pada kalimat kedua.

Itulah beberapa cara jitu menjawab soal TOEFL structure dan written expression yang dapat kamu terapkan. Semoga cara-cara ini bisa membantu kamu ya! Buat kamu yang belum percaya diri dan ingin belajar cara-cara jitu menjawab soal TOEFL, kamu bisa mengikuti program les TOEFL di Sun English. Yuk segera datang ke cabang kantor Sun English, atau hubungi WA hotline di 081211868283 atau klik wa.me/6281211868283

Add a Comment

Your email address will not be published.