Mengenal perbedaan Hope dan Wish

perbedaan hope dan wish

perbedaan hope dan wish

Saat belajar Bahasa Inggris, untuk menguasai vocabulary adalah hal yang menjadi tantangan untuk kebanyakan orang. Karena banyaknya kosa kata dalam Bahasa Inggris, tidak banyak orang yang mampu menguasainya. Selain banyaknya jumlah kata yang ada, terkadang beberapa kata dalam Bahasa Inggris memiliki arti yang hampir sama dalam Bahasa Indonesia. Salah satu contohnya adalah Hope dan Wish. 

Banyak orang yang bertanya bagaimana cara menggunakan “wish” dan “hope” dengan benar dan apa perbedaan antara hope dan wish. Banyak orang dengan mudah melihat perbedaan hope dan wish dengan berkaitan dengan keinginan akan sesuatu yang akan terjadi. Wish bisa kita gunakan untuk suatu harapan yang mustahil terjadi, sedangkan hope biasa kita gunakan untuk harapan yang lebih mungkin terjadi. Dengan pengertian seperti ini, kita akan lebih mudah melihat perbedaan hope dan wish.

Meskipun pada dasarnya “wish” dan “hope” adalah dua kata yang memiliki arti hampir sama dalam Bahasa Indonesia, namun keduanya biasa orang gunakan untuk situasi yang berbeda. Menurut Kamus Merriam Webster, arti kata “wish” lebih merujuk pada suatu keinginan atau menunjukan pada suatu harapan yang sangat ingin dimiliki namun keberadaannya cukup tidak mungkin. Biasanya, kata wish di gunakan dengan infinitive clause. Misalnya “I wish to travel next week”. Sedangkan kata “hope” lebih banyak di gunakan untuk menyatakan sebuah kemungkinan suatu peristiwa yang di nantikan. “Hope” juga bermakna memiliki peluang terjadinya yang lebih besar. Ini yang menjadi perbedaan wish dan hope yang sangat mendasar. Hope biasanya diikuti dengan alasan yang masuk akal akan sebuah keinginan. Selain itu, hope juga biasa di gunakan untuk sesuatu yang bermakna positif dan mudah di lakukan. 

Baca Juga : 7 Perbedaan IELTS dan TOEFL yang Wajib Kamu Pahami

Bukan hanya itu, wish juga biasa digunakan untuk situasi yang cukup mendesak dan lebih untuk menyindir sedangkan hope bisa digunakan tentang sesuatu yang lebih pasti dan lebih memungkinkan. Lihat dua kalimat perbedaan hope dan wish di bawah ini: 

Lea wishes she could pass the exam.

Lea hopes she passes the exam.

Kedua kalimat di atas, jika kita artikan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti yang sama yakni “Lea berharap dia bisa lulus dari ujian.”, namun kedua kata di atas memiliki situasi yang berbeda.  

Lea wishes she could pass the exam.

Menunjukan bahwa Lea sebenarnya sangat tidak yakin bahwa dia bisa lulus dari ujian (karena mungkin dia tidak belajar), namun Lea tetap berharap dia bisa lulus (karena mungkin ada beberapa nomor yang bisa dia kerjakan.) 

Sedangkan, kalimat:

Lea hopes she passes the exam.

Menunjukan bahwa Lea bisa mengerjakan soal ujian dengan baik, namun masih ada kemungkinan dia gagal karena ada beberapa soal yang tidak yakin. Dia tetap berharap agar bisa lulus. 

Penggunaan wish dan hope juga berbeda tergantung dengan situasi dan keadaan kejadiannya. Penggunaan hope untuk di waktu sekarang atau masa depan, biasanya di gunakan dengan menggunakan Present Simple. Contohnya:

  • 1. I hope you have a good day! 
  • 2. I hope we can go to that party.
  • 3. I hope you do well on the test. 
  • 4. I hope she wins the quiz and gets the prize.
  • 5. I hope he doesn’t stop there. 

Baca Juga : Membedakan Kalimat Aktif dan Pasif dalam Bahasa Inggris

perbedaan hope dan wish
Source: Envato

Dengan menggunakan hope dan present simple, kita menunjukan bahwa sesuatu yang kita pikirkan atau katakan adalah sesuatu yang kemungkinan besar bisa terjadi, sesuatu yang kita harapkan agar bisa terjadi. 

Jika kita ingin menggunakan hope dengan sesuatu yang terjadi di masa lampau, hope bisa diikuti dengan past tense. Biasanya, kita menggunakan hope dan past tense karena suatu aktivitas sudah terjadi dan kita mengekspresikan keinginan yang tulus untuk mendapatkan hasil yang baik dari kegiatan tersebut. Misalnya: 

  • 1. I hope you had a great time at the party. 
  • 2. I hope you found the building you were looking for.
  • 3. I hope she got the scholarship.
  • 4. I hope you met your parents before you go. 
  • 5. I hope he arrived there safely. 

Seperti yang bisa kita lihat dari contoh diatas, hope dalam present tense atau past tense sama-sama digunakan untuk sesuatu yang kita harapkan terjadi dan kemungkinan terjadinya juga besar. 

Sedangkan wish, biasanya wish kita gunakan untuk menyatakan suatu harapan, baik dalam waktu lampau, sekarang, atau di masa depan, tentang sesuatu yang kemungkinan terjadinya sangat kecil. Karena itu, saat kita menggunakan wish, kita biasanya menggunakan kalimat pengandaian yang menjelaskan bahwa sesuatu yang di harapkan terjadi tetapi tidak sebenarnya terjadi.  

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Penggunaan Active dan Passive Voice

Misalnya kita mengatakan, “I wish I had more free time”. Ini berarti kita tidak memiliki banyak waktu luang, tetapi berharap kalau kita memilikinya. Sayangnya, memang tidak ada waktu luang. Contoh lain, “She wishes she spoke Chinese.” Dia tidak bisa berbahasa Chinese, tetapi akan sangat baik jika dia bisa meskipun kenyataannya tidak. 

Bukan hanya itu, wish dalam bentuk past form biasanya juga dapat kita gunakan untuk menyatakan suatu penyesalan. Misalnya, “I wish I studied last night so I can do the test better.” Situasi yang terjadi sebenarnya adalah dia tidak belajar tadi malam dan sekarang nilainya jelek, dan dia menyesal. Kalimat lain yang biasa juga di gunakan, “I wish turn off all the light before I go.” Kenyataannya sesuatu terjadi karena dia tidak mematikan lampu, sehingga dia menyesal.

perbedaan hope dan wish
Source: Envato

Selain digunakan sebagai kata yang menunjukan kemustahilan, wish biasa juga diikuti dengan kata “to”. “Wish to” sendiri juga dapat memiliki arti yang hampir mirip dengan “want to’. Misalnya:

– They were very much in love and wished to get married. 

– Ugh, I don’t wish to see him ever again. 

– Hmm.. I don’t wish to interrupt, but the food is coming.

– Well, I wish to meet my friends before I go to Canada. 

Setelah membaca penjelasan dan contoh diatas, kita jadi bisa melihat perbedaan hope dan wish terutama dalam konteks penggunaanya. Hope kita gunakan untuk menyatakan satu harapan yang kemungkinannya lebih besar terjadi. Baik kita gunakan dalam waktu masa lampau, masa sekarang, atau masa depan. Kata hope merupakan ekspresi yang mampu di gunakan untuk menyatakan suatu harapan yang positif. Kebalikannya, wish di gunakan untuk menyatakan harapan yang tidak mungkin terjadi atau kemungkinannya sangat kecil untuk terjadi. Selain itu, wish juga bisa di gunakan untuk menyampaikan penyesalan akan suatu tindakan. Bukan hanya itu, kita bisa menggunakan kata wish saat kita ingin menyatakan suatu keinginan atau harapan. 

Jika kamu membutuhkan konsultasi lebih lanjut untuk kebutuhan Bahasa Inggrismu, yuk konsultasi Gratis melalui WA SUN English 081-211-86 82 83 atau kunjungi Website SUN English untuk mendapatakan informasi menarik lainnya.

Comments are closed.