Contoh Adjective Clause, Apa Aja ya Bentuk Kalimatnya!

Pernahkah kamu mendapatkan tugas menulis esai di sekolah atau di kampus, atau bahkan di tempat kamu bekerja saat ini? Tentunya dalam menulis esai, kamu perlu kemampuan menuangkan ide ke dalam kalimat yang baik dan benar, serta mudah dimengerti oleh pembaca. Salah satu alat yang kamu bisa gunakan untuk membuat tulisan mu menjadi lebih mudah untuk dipahami adalah dengan menggunakan adjective clause. Nah, sebelum mengenali contoh penggunaan dari adjective clause, mari kita simak bersama definisi dari clause ini yuk!

contoh adjective clause
Source : seputarilmu.com

Definisi dari  Adjective Clause

Adjective dalam bahasa Indonesia adalah kata sifat. Kata ini berarti mendeskripsikan sebuah noun atau kata benda. Namun apakah adjective dan adjective clause sama? Adjective clause itu sendiri ternyata termasuk ke dalam golongan dependent clause atau clause yang tidak dapat berdiri sendiri dalam sebuah kalimat. 

contoh adjective clause
Source : visitpare.com

Dalam kelas kata, adjective clause disebut juga dengan relative clause. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, adjective clause dibutuhkan untuk membuat tulisan dan percakapan kamu menjadi lebih menarik. Adjective clause juga berguna untuk membuat ide kamu menjadi lebih coherent karena kamu tidak memotong kalimat terlalu banyak. Adjective clause, dalam sebuah kalimat, berfungsi untuk menerangkan noun (kata benda) serta pronoun (kata ganti orang) dalam sebuah kalimat.

Baca Juga : Macam-Macam Part of Speech yang Penting Kamu Ketahui

Source : linguistikid.com

Kata Sambung dari Adjective Clause

Penggunaan adjective clause biasanya disandingkan dengan noun atau pronoun untuk menyampaikan ide baru. Kamu juga harus memastikan kalau kamu menggunakan salah satu kata penghubung di bawah ini untuk memulai adjective clause kamu:

  1. Who

Kata sambung ini digunakan jika noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti orang) yang di jelaskan oleh kata penghubung ini adalah orang. Mari simak contoh penggunaan dari adjective clause yang menggunakan who dibawah ini ya.

The man who is talking to me is my uncle. 

Dalam kalimat ini, who menjelaskan noun “man”. Karena “man” adalah orang, maka kata penghubung yang harus dipakai adalah who.

  1. Which

Which adalah kata penghubung yang digunakan jika kata benda yang akan kamu jelaskan ada benda atau thing. Yuk lihat contoh penggunaan which dalam adjective clause.

The bag which I bought yesterday is sophisticated

Pada contoh di atas, which digunakan karena kata benda yang dijelaskan oleh kata penghubung which adalah bag dan bag adalah thing.

Baca Juga : Perhatikan Contoh Descriptive Text yang Baik untuk Tulisan Kamu!

  • Where

Where digunakan jika kata benda atau  noun yang di deskripsikan oleh where merujuk kepada tempat. Contoh dari tempat meliputi rumah, mall, sekolah, ataupun pasar. Lalu, bagaimana where digunakan dalam contoh kalimat adjective clause? Berikut adalah contoh adjective clause yang menggunakan where sebagai kata penghubungnya.

This is the house where I used to live in.

Contoh di atas menggunakan kata penghubung where karena noun sebelumnya, yaitu house, merujuk kepada tempat.

  1. Whose

Kata penghubung lainnya dalam adjective clause adalah whose. Kata penghubung ini  digunakan berbeda dengan kata penghubung sebelumnya lho! Kata penghubung whose digunakan jika kamu ingin merujuk kepada kepunyaan. Secara spesifik, ketika jawaban dari pertanyaan adalah her, his, theirs, ours, yours, mine, maka kata penghubung yang kamu gunakan haruslah whose. SImak contoh dibawah ini baik-baik yuk!

Baca Juga : Belajar Menggunakan Idiom Dalam Bahasa Inggris

The boy whose bicycle was stolen cried so hard.

Dalam contoh kalimat di atas, whose digunakan karena bicycle was stolen dimiliki oleh boy. Dengan kata lain, boy adalah pemilik dari bicycle was stolen. Cukup mudah bukan?

Contoh-Contoh Lain dari Adjective Clause

Apakah penggunaan dari kata penghubung tersebut masih sedikit membingungkan? Kamu tidak perlu khawatir, karena berikut adalah beberapa contoh tambahan.

  1. The man whose car is red stands up in front of the office.
  2. The bed which Alyssa bought two days ago was dried under the sun.
  3. The governments who create new rules think there should be more rules to combat traffic jams.
  4. The university where I had my undergraduate degree from is closed now.

Itulah penjelasan dan beberapa contoh penggunaan adjective clause. Jika menurutmu masih ada kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi SUN ENglish untuk mendapatkan bantuan terkait materi ini ya!

Comments are closed.