Contoh Kalimat Possessive Adjective

Dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris merupakan suatu kebutuhan di era globalisasi ini, mengingat bahasa Inggris saat ini yang menjadi bahasa pengantar utama di seluruh dunia. Sebagai contoh, dalam mendapatkan pekerjaan, bagi yang memiliki kemampuan penguasaan bahasa Inggris aktif tentu akan dipertimbangkan untuk bergabung pada perusahaan tertentu dari pada mereka yang memiliki kemampuan bahasa Inggris pasif. Dalam pokok bahasan kali ini, salah satu materi yang akan kita pelajari adalah tentang Contoh kalimat possessive adjective.

contoh kalimat possessive adjective
Source : tutorialbahasainggris.com

Untuk kata kepunyaan, selain possessive adjective, ada juga possessive pronoun. Possessive Adjective merupakan kata-kata sifat yang digunakan agar bisa menunjukkan kepemilikan terhadap suatu kata benda atau noun. Jika dilihat dari susunan grammar, materi ini memang akan diletakkan tepat di depan noun atau kata benda yang dimilikinya. Agar lebih memahami bagaimana penggunaannya di dalam bahasa Inggris, Anda bisa mengamati beragam contoh yang ada.

Pengertian

Possessive Adjective merupakan kata-kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan terhadap suatu kata benda atau noun. Seringkali yang digunakan adalah kata-kata sifat terhadap kata benda tersebut. Possessive adjective juga menjadi salah satu dari central determiner. Yakni yang diletakkan diantara pre dan post-determiner di noun phrase. Berikut jenis jenis possessive adjective yang biasa kita pakai dalam bahasa Inggris: 

  1. My memiliki arti kepunyaan saya.
  2. His menunjukkan arti kepunyaan dia untuk laki-laki.
  3. Her menunjukkan arti kepunyaan dia untuk perempuan.
  4. Your berarti kepunyaan kamu.
  5. Our menunjukkan kepunyaan kami.
  6. Its menunjukkan kepunyaan dia yang berarti hewan atau benda mati.
  7. Their menunjukkan kepunyaan mereka.

Penggunaan ini bisa sebagai subjek ataupun objek di dalam suatu kalimat. Contoh kalimat possessive adjective, yakni“My car is new” atau “This is my new car”. Untuk kalimat pertama dengan kata “my car” artinya menunjukkan mobil kepunyaan saya. Kata my di awal kalimat berfungsi sebagai subjek kalimat. Sementara untuk contoh kedua, my new car berfungsi menjadi objek karena letaknya setelah subjek dan juga verb.

contoh kalimat possessive adjective
Source : englishclass.com

Contoh kalimat possessive adjective yang lain:

  1. My sister asked me to buy pineapple. Artinya kakakku menuruhku membeli buah nanas.
  2. My husband is working to Jakarta. Artinya suamiku sedang bekerja di Jakarta.
  3. My cat is sick and i bring to venetarian today. Artinya kucingku sakit dan aku membawanya ke dokter hewan hari ini.
  4. This is my first time to visit in such a expensive hotel. Artinya ini adalah kali pertama aku mengunjungi hotel yang sangat mahal.
  5. Safira will be very happy if she tastes my homemade tart. Artinya Safira akan sangat senang jika ia mencicipi kue ulang tahun buatan saya.
  6. Can you bring my bag to my sister tomorrow? Artinya bisakah kamu membawakan tasku pada kakakku besok?
  7. Will Kiana come to my birthday party today? Artinya akankah Kiana datang pada pesta ulang tahunku hari ini?

Beberapa contoh kalimat possessive adjective ini bisa kita amati, baik dari segi jenisnya ataupun dari tata kalimatnya. Karena penguasaan materi ini juga akan menambah kelancaran dalam berbahasa Inggris. Ada bentuk yang berbeda dari possessive adjective ini tergantung dari:

  1. Person yang menunjukkan subjek dalam pembicaraan dan dibagi lagi menjadi 3 yaitu, orang pertama atau yang berbicara, orang kedua atau yang diajak bicara dan orang ketiga/benda yang dibicarakan.
  2. Number yang menunjukkan jumlah dari orang atau benda. Number dibagi lagi menjadi dua yakni singular atau tunggal, plural atau jamak.
  3. Gender menunjukkan tentang jenis kelamin untuk orang. Bisa juga jenis benda yang dibicarakan. Gender dibagi menjadi tiga yakni masculine atau laki-laki, feminine atau perempuan, neuter atau natural untuk nama benda, hewan atau tumbuhan.

Dari penjelasan diatas, bagaimana nih teman-teman? Pasti sudah ada sedikit gambaran ya mengenai contoh kalimat possessive adjective dalam kalimat bahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat ya buat teman teman sekalian. Belajar bahasa Inggris itu memang terlihat sulit di awal , tapi tiap kali ada kemauan disitu pasti ada jalan. Yang terpenting adalah seberapa intens waktu belajar kita. Jika kamu ingin segera melatih kecapakapan berbahasa Inggris dan memerlukan konsultasi lebih lanjut untuk kebutuhan Bahasa Inggrismu agar lebih oke dan maksimal, yuk langsung konsultasi gratis melalui WA SUN English 081-211-86 82 83.

Comments are closed.