Inilah Contoh- Contoh Present Continuous Tense Yang Sering Kamu Pakai Sehari-Hari

contoh present continuous tense

contoh present continuous tense

Ketika ingin berkomunikasi rutin dengan memakai Bahasa Inggris, kamu sudah semestinya mampu bertutur kata tanpa memberikan maksud yang salah. Kita sering menjumpai sejumlah bentuk tenses yang masing-masing memiliki peran di situasi tertentu, seperti juga contoh present continuous tense. Tenses di dalam Bahasa Inggris memiliki tujuan untuk mengacu pada garis waktu atau masa kapan sebuah kejadian atau peristiwa yang kita alami. Namun, kita perlu lebih memahami dimana letak perbedaan antara tenses satu dengan lainnya sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Makna ‘Present’ dalam Grammar

Dalam hal ini, kamu perlu menyesuaikan alur waktu dari topik yang kamu utarakan saat berbincang. Jika mendengar kata ‘present’ di dalam susunan tata bahasa Inggris, kamu mungkin berasumsi bahwa peristiwa tersebut ada di masa sekarang, bukan? Hal itu tidak salah, namun tidak sepenuhnya benar, ya. Arti ‘present’ yang dipakai di dalam pelajaran grammar yang sering kamu jumpai mempunyai interpretasi yang jauh lebih kompleks dan detail. Sehingga, kamu perlu mencari tahu lebih lanjut, khususnya untuk bentuk contoh present continuous tense yang akan kamu pelajari di paragraf berikut ini.

Present Continuous Tense

contoh present continuous tense
freepik.com

Secara mendasar, kalimat ‘present’ adalah bentuk kalimat yang mengindikasikan bahwa kejadian yang kamu ceritakan atau beritahukan ke orang lain adalah valid dan masih berlaku. Namun, kamu harus memahami bahwa makna ‘continuous’ atau nama lainnya ‘present progressive’ adalah bentuk kalimat yang menjelaskan kegiatan yang masih berlanjut atau sedang berlangsung ketika obrolan itu kamu sebutkan dalam percakapan. Adapun beberapa situasi tertentu di dalam memakai Present Continuous atau Progressive Tense:

1. Temporary Action – Sementara dan Sedang Berlangsung

2. Temporary Action – Sementara dan Sedang Terjadi Sekitaran Masa Kini

3. Menggambarkan Peristiwa Yang Dapat Berubah Sewaktu-Waktu

4. Mendeskripsikan Gambar atau Foto

5. Peristiwa Yang Sudah Terencana di Masa Depan

Pola dan Struktur Kalimat Present Continuous Tense

Sebelum kamu masuk ke dalam pembahasan kalimat continuous berdasarkan situasi-situasinya, berikut ini adalah bentuk contoh Present Continuous Tense dengan susunan pola yang baik dan benar dalam kaidah Bahasa Inggris:

(+) Subject + to be (is/am/are) + verb-ing + object

(-) Subject + to be (is/am/are) + not + verb-ing + object

(?) To be (is/am/are) + subject + verb-ing + object + ?

macam-macam contoh present continuous tense
Istockphoto.com

1. Temporary Action – Sementara dan Sedang Berlangsung

Di dalam situasi ini, contoh Present Continuous Tense akan merujuk ketika kamu memberitahu kegiatan yang sedang dilakukan saat itu juga dan di dalam waktu bersamaan:

(+) I am trying to finish my assignments at the moment.

(-) My friends are not walking around the city now.

(?) Is she having pizza with her family?

2. Temporary Action – Sementara dan Sedang Terjadi Sekitaran Masa Kini

Kamu akan menemukan sedikit perbedaan antara situasi sebelumnya dengan yang kita akan bahas sekarang. Jenis kegiatan sementara pada konteks ini adalah kejadian yang dilakukan, tetapi tidak benar-benar dikerjaan bersamaan dengan saat kejadian itu dibicarakan. Mungkin saja kamu melakukan hal itu pada minggu-minggu ini, bulan ini, bahkan beberapa tahun yang hanya terjadi sementara waktu:

(+) She is taking IELTS preparation for two months.

(-) I am not participating in any sports clubs lately.

(?) Are they focusing on Olympic competition this year?

3. Menggambarkan Peristiwa Yang Dapat Berubah Sewaktu-Waktu

Berbeda dengan dua situasi temporary action sebelumnya, jenis kalimat ini bisa kamu pakai saat kamu ingin menjelaskan keadaan yang tidak menentu, dimana hal itu bisa saja berubah fakta, berkembang, berkurang, bertambah jumlah, dan lain hal. Contoh:

(+) Currently, many companies are using video conferences to hold meetings.

(-) More and more children are not paying attention to their health and lifestyle.

(+) The number of Covid19 cases is increasing dramatically due to several reasons.

jenis present continuous tense
vecteezy.com

4. Mendeskripsikan Gambar atau Foto

Media visual yang kamu lihat setiap hari dapat kita artikan bahwa kegiatan itu akan tetap berlangsung di dalam gambar tersebut secara kekal. Dengan demikian, kamu dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi di dalam foto maupun gambar dengan memakai contoh Present Continuous Tense yang bisa kamu ikuti dibawah ini:

(+) Hey, look! This is one of my favorite photos when I am visiting the museum.

(-) She is not smiling at the camera at all, but she loves this picture. (Merujuk pada foto)

(?) Are you carrying all of the equipment here? (Merujuk pada foto)

5. Peristiwa Yang Sudah Terencana di Masa Depan

Kamu bisa memakai present continuous tense untuk mengartikan sebuah kegiatan, acara maupun rencana di masa depan yang sudah kamu putuskan dengan rencana yang matang:

(+) I am flying to London next week.

(+) They are having a wedding ceremony tomorrow!


Itulah beberapa penjelasan singkat serta contoh Present Continuous Tense. Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa kulik dan ikuti informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.