Penulisan Mana sih yang Betul Dalam Bahasa Inggris: Worthed atau Worth it?

Written by Tomi Wijaya

Source: https://unsplash.com/

Hi Sunners! Kembali lagi dalam artikel baru nih! Semoga kalian semua tetap sehat dan dalam keadaan baik ya. Nah, hari ini kita akan membahas suatu topik yang sering jadi pembicaraan dan terkadang bahkan bisa membuat bingung loh haha. Kita akan membahas penggunaaan ‘worth it’ atau ‘worthed’. Sudah siap? Let’s go!

Source: https://unsplash.com/

Konsep Arti

Istiliah ‘worth it’ pasti bukan sesuatu yang baru bagi kalian yang sudah lama belajar Bahasa Inggris. Isitilah ini digunakan untuk menyatakan bahwa apa yang kita dapatkan itu setimpal dengan harga yang kita bayar. Misalnya, kita sangat menyukai pizza, tapi karena kita sedang diet, maka kita memilih makan sayuran yang lebih bergizi dan berserat. Biarpun harga yang harus dibayar adalah kita tidak jadi memakan makanan kesukaan kita, tapi asalkan tubuh kita jadi lebih sehat dan langsing, maka kita anggap pengorbanan tersebut worth it.

Source: https://unsplash.com/

Mana yang betul menurut Bahasa Inggris? Worth it atau Worthed?

Namun, terkadang ada yang berkata bahwa penulisan yang betul adalah ‘worthed’, dan bukan ‘worth it’. Karena itu, jika kalian masih ada yang berpikir seperti ini, maka kalian salah. Kata ‘worthed’ tidak akan dapat kalian temukan dalam kamus Bahasa Inggris manapun, karena hal ini salah secara grammar. Menggunakan imbuhan -ed pada sebuah kata dalam Bahasa Inggris menandakan bahwa kita akan membuat kalimat dalam past tense ataupun kalimat pasif. Nah, tapi ingat bahwa ada beberapa kata yang tidak membutuhkan imbuhan -ed, bahkan di saat mereka digunakan dalam past tense ataupun kalimat pasif, salah satu contohnya adalah kata ‘worth’ yang sedang kita bahas ini.

Karena itu, sangat penting kalian kritis dalam menyerap berbagai informasi. Selalu lakukan penelusuran lebih dalam sebelum kalian memakai kata yang baru kalian dengar, sehingga tidak salah pemakaiannya. Nah, sekarang yuk kita lihat beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata ‘worth it’.

-The movie was so good and it was worth it, even if I had to skip my evening class to watch it.

Filmnya bagus banget dan pantas ditonton. Setimpal rasanya walaupun aku harus bolos kelas malam supaya bisa menontonnnya.

-It was worth it to climb all morning to get to the top of this mountain. The view is spectacular.

Setimpal rasanya apa yang kita dapat, walaupun kita harus mendaki sepanjang pagi untuk sampai ke puncak gunung ini. Pemandangannya sungguh indah.

-I’m not coming to the meeting. It is not worth it.

Aku tidak akan datang ke rapat karena rapatnya tidak begitu penting menurutku.

Source: https://unsplash.com/

Tips belajar

Apa kamu sekarang sudah mengerti bahwa worthed itu salah? Nah, seperti yang tadi Sun bilang bahwa sebagai pelajar, kita wajib untuk kritis ketika kita menemukan suatu informasi yang belum pasti kebenarannya. Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisir kesalahan ketika belajar Bahasa Inggris:

  1. Carilah informasi dari sumber yang terpercaya

Jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas sumbernya. Dengan semakin luasnya penggunaan internet saat ini, ada banyak website terpercaya yang dapat membantumu belajar dengan maksimal, contohnya adalah website Sun ini.

2. Gunakan kamus Bahasa Inggris yang sah untuk mengecek kebenarannya.

Kamus Bahasa Inggris merupakan alat belajar yang sangat berguna dan tentunya dapat dipercaya. Berhubung kamus saat ini dapat dengan sangat mudah didapatkan, pastikan kamu memiliki setidaknya 1 kamus Bahasa Inggris. Dengan kamus, kamu dapat mengecek penulisan yang betul dari sebuah kata.

3. Temukan teman atau guru yang dapat membimbing ataupun mengkoreksi kesalahanmu

Cara lainnya tentu adalah dengan mencari orang lain yang lebih mahir berbahasa Inggris untuk memberikan nasihat ataupun memberikan feedback dari kesalahan yang sering kamu buat. Jika kamu memang sedang membutuhkan guru, Sun English siap membantu kamu mengatasi tantangan yang kamu hadapi karena kamu dapat menemukan guru-guru yang tidak hanya ramah, namun juga kompeten di bidangnya.

Bagaimana? Apa sekarang kalian sudah mengerti bedanya ‘worth it’ dan ‘worthed’? Semoga artikel ini berguna untuk kalian ya Sunners!

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.