Ingin Dapat Pengalaman Menarik? Simak Program Pertukaran Pelajar Ini

Siapa sih yang tidak mau mendapatkan berbagai pengalaman menarik sambil menambah wawasan tentang budaya negara lain? Selain mendapatkan pengalaman menarik dan belajar budaya negara lain, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa asingmu dengan mengikuti program ini. Sangat menarik bukan? 

Source: freepik.com

Program pertukaran pelajar sendiri ada banyak sekali jenisnya mulai dari jenjang sekolah menengah hingga ke jenjang perguruan tinggi. Buat kalian yang penasaran sama program-program pertukaran pelajar, yuk simak beberapa program terkenal ini!

Kampus Merdeka

Porgram ini merupakan suatu terobosan terbaru dari Kemendikbud yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan pengembangan diri di luar kampus. Kampus merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar beberapa semester pada perguruan tinggi terbaik di dalam maupun luar negeri. Kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja dimana kamu dapat belajar berbagai macam hal dari praktik di industri sesungguhnya. Kamu juga tidak perlu khawatir selama belajar di luar negeri karena nilai yang kamu dapat bisa dikonversikan di kampus Indonesia. Dengan adanya program ini, mahasiswa diharapkan akan menjadi insan yang berpendidikan tinggi dan berkontribusi pada negeri suatu saat nanti.

Source: freepik.com

Youth for Understanding (YFU) 

Program Youth for Understanding adalah sebuah organisasi program pertukaran pelajar yang terbesar dan tertua di dunia sejak tahun 1951. Program ini sangat terfokus pada budaya karena budaya merupakan hal yang penting kaitannya dengan peningkatan keterampilan mahasiswa di lingkup internasional. Untuk program YFU ini pelajar dan mahasiswa Indonesia akan bisa melakukan pertukaran pelajar ke beberapa negara seperti: Amerika, Jerman, Belanda, Mexico, Switzerland, Perancis, Belgia, Austria, Estonia, Lithuania, Serbia, Turki, Korea, China, Jepang, dan Australia. 

AIESEC 

AIESEC merupakan salah satu organisasi yang cukup terkenal juga di kalangan siswa maupun mahasiswa. Organisasi ini merupakan organisasi yang tersebar di 124 negara, termasuk di Indonesia. Akan tetapi, program pertukaran pelajar ini agak sedikit berbeda dari program pada umumnya di mana fokusnya hanyalah belajar di kelas. AIESEC memiliki berbagai macam program di mana kamu bisa mendapatkan pelatihan menjadi global leader, menjadi global volunteer, atau mengikuti international internship. Tujuan program ini lebih terfokus untuk menyiapkan anak muda agar dapat bersama-sama membangun dunia dengan berbagai macam pelatihan dan kegiatan sosial. 

Source: freepik.com

Indonesia – Korea Youth Exchange Program

Di era sekarang ini, siapa sih yang tidak asing dengan budaya Korea? Apabila kamu tertarik untuk melakukan pertukaran pelajar ke Korea, kamu bisa mengikuti program IKYEP. IKYEP merupakan sebuah program kerja sama antara KEMENPORA bersama dengan Kementerian Kesetaraan Gender dan Keluarga Republik Korea ini.  Kegiatan pertukaran pelajar ini sudah ada sejak tahun 2019 dan biasanya terselenggara di bulan November. Program IKYEP ini berlangsung selama 20 hari yaitu 10 hari di Indonesia dan 10 hari di Korea Selatan. Beberapa kegiatan yang pada umumnya kamu bisa lakukan dalam program ini yaitu courtesy call, homestay, kunjungan industri/kebudayaan, cross-cultural awareness, workshop, dan berbagai aktivitas kelompok lainnya. 

Nah, itu dia beberapa program-program pertukaran pelajar yang cukup ternama yang bisa kamu ikuti. Akan tetapi, kamu harus ingat bahwa untuk dapat mengikuti program pertukaran pelajar ini tidak mudah, lho! Ada beberapa syarat-syarat yang harus kampu penuhi dan salah satunya adalah kemampuan berbahasa Inggris. Kamu harus menyertakan sertifikat yang menunjukkan bahwa kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni. Kalau kamu ingin menyiapkan diri untuk mengikuti tes bahasa Inggris, yuk ikutan program kelas bahasa Inggris di Sun English yang memiliki kelas sesuai dengan kebutuhan belajar kamu. Kamu juga bisa mengetahui level bahasa Inggris kamu agar pilihan program dapat disesuaikan dengan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *