PENGGUNAAN EITHER, NEITHER, AND BOTH

penggunaan either, neither dan both
Source: PNGwing.com

Dalam mempelajari bahasa Inggris, ada banyak hal secara gramatikal yang harus kamu ketahui termasuk dalam penggunaan either, neither, and both. Hal ini adalah untuk membantu kamu supaya bisa menggunakan bahasa tersebut secara benar sesuai dengan aturan dasarnya. 

Sebenarnya apa sih either, neither dan both itu? Nah, kamu pasti tau dengan kata penghubung karena either, neither, and both juga merupakan bagian dari kata penghubung tersebut, yakni baik untuk benda hidup maupun benda mati. Adapun aturan dan cara penggunaan either, neither, and both bisa kamu simak berikut ini ya.

PENGGUNAAN EITHER, NEITHER, AND BOTH 

penggunaan either, neither dan both
Source: istockphoto.com

EITHER

Either yang bisa berarti dua-duanya atau keduanya biasa nya terdapat dalam kalimat positif ataupun negatif. Ataupun bisa merupakan pilihan yang menyertakan ‘or’ atau tanpa ‘or’. Dalam bahasa Indonesia either ini juga bisa berarti ‘entah’. Kamu bisa lihat contoh dan rumus menggunakan nya.

EITHER dalam kalimat negatif

Dalam kalimat negatif penggunaan either bisa tanpa or. Sebagai contohnya adalah:

Tom: I don’t like the clashing colors in that abstract painting on the wall.

Jerry: Well, I don’t like it, either.

EITHER dalam kalimat yang terdapat pilihan atau possibilities

Either + countable noun  : Either book is fine to kill my time. ( Tidak masalah buku yang mana saja untuk menghabiskan waktu saya.)

Either of + these,those, possessives + plural noun: Either of these two clothes suit my style. ( Tidak dari kedua pakaian tersebut cocok dengan style saya.)

EITHER dalam kalimat yang merupakan kata ganti yang berarti keduanya

Anna: Now showing movies are Resident Evil and Scream. Which one do you want to choose? (Film yang sedang tayang adalah Resident Evil and Scream. Film yang mana yang akan kamu pilih?)

Gina: I don’t like either. (I don’t like Resident Evil and I don’t like Scream.) (Saya tidak suka keduanya. Saya tidak suka Resident Evil  dan Saya tidak suka Scream.)

There were nice buildings on either side of the road in the past. (Both sides of the road). (Terdapat gedung-gedung yang bagus di kedua sisi jalan pada jaman dahulu.)

EITHER dalam kalimat yang berfungsi sebagai kata keterangan

The restaurant has scrumptious food, and it is not expensive either. (Restaurant itu mempunyai makanan yang sangat lezat dan harganya tidak mahal.)

He doesn’t like tomatoes, and he doesn’t like garlic either. (Dia tidak suka tomat dan dia tidak suka bawang putih juga.)

EITHER dalam kalimat yang menghubungkan dua kelompok kata dengan ide yang sama

Either we catch a taxi or we drive our car. Which do you prefer? (Apakah kita naik taxi atau mengemudikan mobil, yang mana kamu lebih suka?

She can go either with her parents or my parents to the airport. (Dia dapat pergi baik dengan orang tuanya atau orang tua saya ke bandara.)

Nah, penggunaan either, neither, and both  masih bisa kamu simak selanjutnya ya.

Baca juga: SIMPLE FUTURE TENSE DAN PENGGUNAAN NYA

Source: pinterest.com

NEITHER

Sama halnya dengan either, maka neither juga bisa berarti dua-duanya atau keduanya biasa nya terdapat dalam kalimat positif ataupun negatif. Ataupun bisa merupakan pilihan yang menyertakan ‘nor’ atau tanpa ‘nor’. 

NEITHER dalam kalimat negatif

She is not doing her homework, and neither am I. (Dia sedang tidak mengerjakan pekerjaan rumahnya dan tidak juga dengan saya.)

My mom didn’t go out, and neither did my dad. (Ibuku tidak pergi ke luar dan ayah juga tidak.)

NEITHER dalam kalimat untuk menggantikan kata yang sudah disebutkan terlebih dahulu

Mike: Which one do you like best? The yellow one or the black one? (Yang mana kamu lebih suka, kuning atau hitam?)

Gwen: Neither. I like the purple one. (Tidak keduanya. Saya suka yang ungu.)

NEITHER dalam kalimat yang menggunakan kata sambung

Neither juga termasuk dalam kata sambung atau paired conjunction. Biasanya setelah memakai neither harus menggunakan nor yang berfungsi sebagai or. 

Neither Mauro nor Merry loves horror movies. (Baik Mauro atau Merry tidak suka film horor.) 

Neither the students nor the teachers were happy with the band performance. (Baik murid atau guru tidak senang dengan penampilan band tersebut.)

NEITHER dalam kalimat yang menggunakan kata benda tunggal dan jamak

Neither color fits him. (There are so many colors, but no colors fit him.) (Tidak ada warna yang cocok dengan dia). (Ada beberapa warna, tapi tidak ada satupun yang cocok dengan dia.)

Neither of them came to the party last night. (Tidak ada dari mereka yang datang ke pesta semalam.)

Nah, penggunaan either, neither, and both  masih berlanjut. Jadi, kamu harus terus membaca artikel ini ya.

Baca juga: PERBEDAAN ALTHOUGH DAN EVEN THOUGH APA SIH?

penggunaan either, neither dan both
Source: vecteezy.com

BOTH

Both yang berarti kedua-duanya dan prnggunaan nya dalam bentuk positif. Nah, both ini biasanya menggunakan ‘and’ sebagai kata penghubungnya. Jadi, both ini selalu menggunakan kata kerja jamak karena menggabungkan dua buah benda hidup atau benda mati dan selalu berarti positif.

BOTH dengan kata benda jamak

Both Mauro and Merry are happy. (Baik Mauro dan Merry bahagia.)

Both cities are Jakarta and Surabaya. (Kedua kota nya adalah Jakarta dan Surabaya.)

BOTH dengan kata depan dan kata benda jamak

Both of them are students. (Keduanya adalah pelajar-pelajar.)

Both of these books are novels. (Kedua buku-buku ini adalah novel.)

BOTH berada sebelum atau sesudah kata kerja

They are both in the class. (Mereka berdua di kelas.)

They both have similar stories. (Mereka berdua mempunyai cerita yang sama.)

BOTH berada setelah kata ganti objek.

I miss them both. (Saya merindukan keduanya.)

The colors are pink and purple. I love them both. (Warna-warnanya adalah merah muda dan ungu. Saya suka keduanya.)

penggunaan either, neither dan both
Source: stock.adobe.com

Nah, kalau kita perhatikan penggunaan both beserta contoh-contohnya, maka ada yang menggunakan ‘and’ dan juga ada yang tidak menggunakan ‘and’. Nah, penggunaan either, neither, and both sudah  lengkap semuanya ya, jadi, jangan sampai salah dan bingung lagi karena semua sudah secara jelas ada di contoh-contoh kalimat di atas. 

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *