Mengenal Gerund dan Infinitive, Serta Cara Menggunakannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

myteacher.com

Untuk menguji kemampuanmu dalam berbahasa Inggris, tentunya kamu harus dapat menggunakan berbagai jenis kata yang lebih spesifik dan variative. Salah satu cara yang bisa kalian gunakan untuk memberikan variasi dalam menggunakan kata kerja adalah dengan menyisipkan gerund dan infinitive. Namun, apakah kalian sudah mengenal gerund dan infinitive? Serta bagaimanakah cara menggunakannya dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris?

Untuk mengetahui lebih jauh, mari simak penjelasan dalam artikel ini.

Gerunds and Infinitives

Gerunds dan Infinitives memiliki fungsi yang sama, yaitu keduanya sama-sama menempati kata kerja. Namun keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Lalu, apakah perbedaan antara gerund dan infinitive? Simak materi penjelasan berikut ini:

Berdasarkan definisi dari Cambrige English Dictionary, Gerund is a word ending in “-ing” that is made from a verb and used like a noun, yaitu kata kerja yang memiliki imbuhan –ing dan fungsinya di dalam kalimat adalah sebagai kata benda (noun).  

Menurut Collins COBUILD Learner’s Pocket Dictionary, the infinitive of a verb is the basic form, for example “do”, “be”, “take”, and “eat”. The infinitive is often used with “to” before it. Infinitive adalah bentuk dasar kata kerja, dan biasanya menggunakan “to” sebelumnya. Dari penjelasan ini, dapat terlihat jelas bedanya antara gerund yang mengunakan –ing dan infinitive yang menggunakan “to”.

Meski demikian, kedua nya memiliki ciri-ciri yang berbeda dalam menuliskan sebuah kalimat dalam Bahasa Inggris. Berikut ini cara menggunakan gerund dan infinitive secara spesifik.

source: kompas.com

Cara Menggunakan Gerunds (-ing)

Dalam kaidah Grammar Bahasa Inggris, kamu dapat menggunakan Gerunds dalam tiga kondisi, yakni sebegai berikut:

  1. Gerund berfungsi sebagai subyek dalam suatu kalimat

Dalam hal ini, gerund berfungsi untuk menjelaskan suatu aktivitas yang memiliki dampak terhadap sesuatu, atau membahas kegiatan dan tren-tren yang berlaku secara umum

Contoh:

Gerund sebagai subject

Banking is less popular than it was in 2000.

Working and studyingat the same time can be hard.

Living in a larger city gives numerous benefit

2. Gerund setelah preposisi (kata depan)

Dalam sebuah kalimat, kamu dapat menggunakan gerund dengan beragam bentuk kata depan (preposition), seperti in, at, about, with, for, on, etc.

Contoh:

I’m not happy about working late.

Brian is interested in visiting an art gallery

My sister is good at baking.

3. Gunakan gerund setelah kata kerja tertentu

Kita dapat menggunakan bentuk –ing setelah kata-kata kerja tertentu, seperti avoid, prevent, consider, finish, keep,  give up, imagine, involve, mind, practice, recommend, suggest, understand, dan sebagainya.

Contoh:

The researchers suggested introducing higher taxes

The project involved building a new centre for the homeless.

My brother has stopped smoking recently.

Cara Menggunakan Infinitives

Sama halnya penggunaan gerund, kamu memiliki tiga persyaratan yang perlu dilakukan untuk bisa menggunakan kalimat dengan kata kerja infinitives.

  1. Infinitives setelah kata sifat (adjectives)

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan kata kerja dengan “to” setelah penggunaan kata sifat dalam suatu kalimat.

Contoh:

It’s difficult to identify the right person for the job.

It was hard to remember the company’s name

It seems too easy to spot other people’s mistakes

2. Infinitives setelah kata kerja tertentu

Perlu diingat, sama halnya dengan gerund, terdapat beberapa kata kerja yang harus diikuti oleh infinitives, di antaranya ialah afford, agree, appear, arrange, ask, choose, decide, expect, hope, learn, manage, offer, plan, refuse, seem, want, dan sebagainya.

Contoh:

The speakers agreed to open Q and A session.

The results appeared to show a difference in sales.

The principle has arranged to hold a meeting with parents.

3. Infinitives untuk menerangkan tujuan

Kalian juga dapat menggunakan infinitive untuk menjelaskan sebuah tujuan atau maksud dari suatu kegiatan.

Contoh

They separated into two groups to get the work done faster.

The figures were checked to make sure they were correct.

They should come punctually to welcome the guests.

Meski terdapat banyak perbedaan dalam penggunaan gerund dan infinitive, kamu tetap bisa menggunakan keduanya secara fleksibel. Kata kerja tertentu seperti like, love, begin, start, stop, forget, remember bisa diaplikasikan dalam kalimat baik oleh gerund maupun infinitive. Akan tetapi, kamu perlu ingat bahwa keduanya memiliki makna dan arti yang berbeda.

Contoh:

I like playing chess, artinya saya hobi bermain catur

I like to play chess, artinya saya ingin bermain catur.

Demikianlah definisi, perbedaan, persamaan, serta penggunaan infinitives dan gerund. Semoga penjelasan dalam artikel ini dapat menambah wawasan Bahasa Inggris kalian untuk lebih baik lagi.

Kalian bisa temukan informasi mengenai kursus Bahasa Inggris disini untuk mengetahui lebih detil informasi mengenai tes Bahasa Inggris di website SUN English. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Tunggu apalagi? Persiapkan Bahasa Inggris-mu dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *