Tiga Kata Dasar dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kita Tahu!

source: www.bing.com

Dalam penyusunan sebuah kalimat dalam bahasa Inggris tentunya harus sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu grammar. Nah, susunan kalimat yang baik terdiri dari beberapa kata dasar, parts of speech, yang tepat sesuai dengan fungsinya. Ada beberapa kata dasar yang perlu kita ketahui yaitu, kata benda (noun), kata sifat (adjective), kata kerja (verb). Berikut penjelasannya:

Parts of Speech

Apa sih fungsi dari parts of speech di dalam kalimat?. Nah, kalimat tidak akan bermakna ketika penggunaan parts of speech atau kata dasar tidak ditempatkan sesuai dengan tempat dan fungsinya. Seperti yang kita ketahui ada delapan parts of speech di dalam kalimat. Namun, kali ini kita membahas tiga kata dasar dari parts of speech yang paling sering muncul, yaitu kata benda (noun), kata sifat (adjective, dan kata kerja (verb).

Kata Benda (noun)

Mungkin ada dari kalian yang bingung bagaimana cara  menggunakan kata benda (noun). Mungkin seringkali yang terlintas dalam benak kalian kata benda ya nama-nama benda. Namun, arti kata benda bukan hanya nama benda, tetapi juga nama orang (Tania, Bob, Sonia), nama tempat  seperti negara (Indonesia, Inggris, dan Australia), kota (Jakarta, Surabaya, dan Bandung), dan nama pekerjaan (Guru, Dokter, dan Profesor). Fungsi kata benda di dalam kalimat yaitu sebagai subject dan object.

Contohnya: 

  1. Shelline works as a Doctor. (Shelline bekerja sebagai Dokter)
  2. My father has lived in Jakarta for 7 years. (Ayah saya sudah tinggal di Jakarta selama 7 tahun)
  3. Tom writes a letter for her grandmother. (Tom menulis surat untuk neneknya)

Kata Sifat (adjective)

source: www.bing.com

Kata sifat berfungsi untuk menerangkan kata benda, dan memberikan informasi tambahan tentang orang, tempat, atau benda, seperti cantik, ganteng, tenang, indah, keras, lembut dan lainnya.

Contohnya: 

  1. Celline is beautiful. (Celline itu cantik)
  2. Jakarta is a calming city. (Jakarta adalah kota yang tenang)
  3. My cat’s leather is so soft. (Bulu kucingku sangat lembut)

Kata Kerja (verb)

Kata kerja berfungsi untuk menerangkan aktivitas seperti berbicara, menulis, menangis, dan lainnya. Biasanya kita temui penempatannya setelah subject. Terdapat tiga bentuk kata dasar kata kerja yaitu base form, past form, dan past participle.

  1. Base form atau nama lainnya kata dasar atau infinitif. Penempatan kata kerja biasanya setelah subject. Contoh kata dasar yaitu have, write, read, dan make. Seperti dalam kalimat I usually write a letter to my grandmother once a month (Saya biasanya menulis surat untuk nenek saya sebulan sekali), atau My father travels to another country with me once a year (Ayahku dan aku pergi ke luar negeri setahun sekali). Penggunaan kata dasar biasanya saat kita membuat kalimat simple present tense, dan juga saat kita menggunakan modal auxiliary seperti will, may, can, must, dll. Contohnya dalam kalimat yaitu I must go now (Saya harus pergi sekarang), atau Tom will come to your party (Tom akan pergi ke pestamu).
  2. Past form atau kata kerja lampau. Bentuk lampau dari kata dasar yaitu verb 2. Ada dua kata kerja lampau yaitu kata kerja beraturan (regular verbs) contohnya yaitu dari kata kerja dasar watch menjadi watched atau play menjadi played. atau kata kerja tidak beraturan (irregular verbs) contohnya eat jadi ate atau take dan took.
  3. Past participle atau kata kerja ketiga, bisa kita gunakan saat membuat kalimat present perfect tense atau past perfect tense. Penempatan kata kerja ketiga ini setelah auxiliary verb have/has contohnya I have eaten (saya sudah makan) atau she has submitted her test (Dia sudah mengumpulkan tes nya)

Nah begitulah penjelasan mengenai kata dasar dalam bahasa Inggris. Mudah kan 🙂

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *