Mengenal Metode Pembelajaran Bahasa Inggris

metode pembelajaran bahasa inggris

Source: Envato

Bagaimana cara agar kita dapat mempelajari suatu bahasa dengan cepat? Metode pembelajaran bahasa Inggris apa yang cocok untuk diri kita? Sejak jaman perang dahulu kala hingga saat ini telah banyak tercipta berbagai macam metode pengajaran bahasa Inggris yang berkaitan erat dengan metode pembelajaran bahasa Inggris yang cocok untuk masing-masing individu. Berikut adalah beberapa metode yang dapat kalian baca dan aplikasikan sesuai dengan preferensi kalian. Berikut ini cara belajar bahasa inggris dari nol yang dapat kalian terapkan untuk mempercepat proses pemahaman terhadap materi.

The Direct Method

metode pembelajaran bahasa inggris
Source: Envato

Jika kamu pernah lihat atau dengar the Direct Method ajarkan, kamu mungkin akan mengira bahwa ada pelatihan tentara yang sedang belangsung, hal ini tidak bisa kita bilang salah karena metode belajar ini pertama kali di gunakan di Perancis dan Jerman pada awal tahun 1900 untuk membantu para tentara agar dapat berkomunikasi dengan bahasa kedua dengan sangat cepat.

Metode belajar the Direct Method, juga di kenal sebagai Natural Method, ini di gunakan untuk mempelajari sejumlah bahasa yang berbeda tidak hanya bahasa Inggris, dan gagasan utama the Direct Method adalah metode ini hanya menggunakan bahasa target yang coba di pelajari oleh siswa secara penuh di dalam kelasnya.

Fokus utamanya adalah keterampilan lisan dan di ajarkan melalui latihan secara berulang-ulang. Tata bahasa di ajarkan dengan cara induktif dan siswa perlu mencoba menebak aturan melalui presentasi lisan sang guru.

Baca Juga : Cara Cepat Belajar Percakapan Bahasa Inggris

Metode Pembelajaran Bahasa Inggris: The Grammar Translation Method

Seperti namanya, metode pembelajaran bahasa Inggris ini menitik beratkan pada tata bahasa dan sangat bergantung pada terjemahan. Ini adalah cara belajar bahasa tradisional atau ‘klasik’ dan masih umum di gunakan saat mempelajari beberapa bahasa. Beberapa negara lebih menyukai gaya pembelajaran ini dan ide utama di balik metode ini adalah siswa mempelajari semua aturan tata bahasa, sehingga mereka dapat menerjemahkan sejumlah kalimat. Ini sangat umum bagi siswa yang ingin belajar sastra di tingkat yang lebih dalam.

The Audio Lingual Method

metode pembelajaran bahasa inggris
Source: Envato

Metode satu ini terkait dengan the Direct Method dan seperti pendahulunya, metode ini hanya menggunakan bahasa target. Perbedaan terbesar antara the Audio Lingual Method dan the Direct Method adalah fokus pembelajarannya. The Direct Method berfokus pada mempelajari kosakata sedangkan the Audio Lingual Method berfokus pada mempelajari tata bahasa tertentu.

The Structural Approach

Seperti namanya, metode ini adalah tentang struktur. Idenya adalah bahwa bahasa apa pun terdiri dari aturan tata bahasa yang kompleks. Aturan-aturan ini, menurut pendekatan ini perlu di pelajari dalam urutan tertentu, misalnya hal yang logis akan belajar kata kerja “to be” sebelum mempelajari ‘present continuous’ yang membutuhkan penggunaan bentuk tambahan dari kata kerja “to be.”

Suggestopedia

Ini adalah teori behaviorist dan terkait dengan ilmu pseudoscience. Metode ini sangat bergantung pada keyakinan siswa tentang keefektifan metode tersebut. Teori ini bertujuan untuk menawarkan kepada peserta didik berbagai pilihan, yang pada gilirannya membantu mereka menjadi lebih bertanggung jawab atas pembelajaran mereka.

Baca Juga : Mengenal Kata Sambung dalam Bahasa Inggris

Metode ini sangat bergantung pada atmosfer dan lingkungan fisik kelas. Semua pelajar harus merasa nyaman dan percaya diri. Saat berlatih menggunakan metode Suggestopedia, banyak seni dan musik yang terlibat. 

Total Physical Response

Total Physical Response, atau kita kenal sebagai TPR adalah pendekatan yang mengikuti gagasan ‘belajar dengan melakukan’. Pemula akan belajar bahasa Inggris melalui serangkaian tindakan berulang seperti “Stand up”, “Open your book”, “Close the door”, dan “Walk to the window and open it.” Dengan TPR, keterampilan yang paling penting adalah pemahaman aksi dan yang lainnya akan mengikuti secara alami.

Metode Pembelajaran Bahasa Inggris: Task Based Language Learning

metode pembelajaran bahasa inggris
Source: Envato

Tujuan utama dari pendekatan pembelajaran ini adalah penyelesaian tugas. Biasanya, tugas yang relevan dan menarik di pilih dan siswa di harapkan memanfaatkan pengetahuan bahasa Inggris mereka yang sudah ada untuk menyelesaikan tugas dengan sesedikit mungkin kesalahan.

The Lexical Approach

Metode pembelajaran bahasa Inggris leksikal di dasarkan pada studi komputer yang sebelumnya telah di identifikasi kata-kata yang paling umum di gunakan. Pendekatan dalam pengajaran ini berfokus pada perolehan kosa kata dan pengajaran potongan leksikal dalam urutan frekuensi dan penggunaannya.

Comments are closed.