Pengertian dan penggunaan Gerund dalam bahasa inggris

Kalau kalian pernah belajar grammar dalam Bahasa inggris pasti istilah Gerund sudah tidak asing lagi dan mungkin bisa jadi kalian pernah mengalami kesulitan dalam penggunaannya maupun arti katanya. Pada umumnya, Gerund sering banget digunakan dalam kalimat ketika kita nulis ataupun berbicara. Oleh karena itu, untuk lebih detail nya yuk kita belajar gerund itu apa dan seberapa penting kah penggunaannya dalam kalimat Bahasa inggris.

Pengertian Gerund

Pada dasarnya pola kata Gerund adalah kata kerja atau yang disebut dengan verb yang ditambahkan akhiran ing. Akan tetapi, gerund berfungsi bukan sebagai kata kerja dalam sebuah kalimat namun sebagai kata benda atau disebut dengan noun. jadinya, udah paham yah! gerund itu berfungsi sebagai noun.

Penggunaan Gerund dalam kalimat

Seperti yang sudah dijelasin sebelumnya bahwa gerund adalah bentuk kata benda, oleh karena itu gerund pun memiliki fungsi-fungsi yang berbeda. Berikut adalah fungsi-fungsi utama gerund dalam kalimat. Pertama, gerund berfungsi sebagai subject dan object dalam sebuah kalimat. Kedua, Gerund bisa digunakan setelah preposisi. Terakhir, gerund yang berfungsi sebagai kata majemuk.

 Gerund sebagai Subjek kalimat

Bagi kalian yang mungkin masih bingung apa itu subjek, subjek adalah klausa atau kata benda yang menjelaskan atau menandai apa yang dibicarakan oleh pembicara dan yang pastinya subjek merupakan kata benda. Karena gerund merupakan kata benda, makanya gerund bisa berperan sebagai subjek kalimat. Berikut contoh- contoh untuk lebih memahami bentuk gerund dalam kalimat, yuk pahami contoh di bawah ini;

  • Studying makes me smart (belajar membuat saya pintar)
  • Doing sport makes me healthy (olahraga membuat saya sehat)

Faktanya, kata” studying dan doing” dalam kalimat di atas merupakan subjek dari kalimat yang berperan sebagai gerund dan kata “makes” adalah berfungsi sebagai kata kerja utama atau main verb. Selanjutnya, sebagai informasi aja nih bahwa 2 kalimat di atas merupakan kalimat dari present simple tense ya!

 Gerund sebagai objek kalimat

sebelum kita bahas alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa sih objek itu dalam kalimat. Jadi, objek adalah kalimat yang dikenai perbuatan atau kata benda. Pada umumnya objek posisinya berada setelah kata kerja. Seperti contoh di bawah ini yang menggunakan gerund sebagai objek kalimat.

  • I like watching movie (saya suka nonton film)
  • She enjoys listening to music (dia suka mendengarkan music)

Dari kedua contoh di atas kata “watching dan listening” berperan sebagai gerund setelah kata kerja “like dan enjoy”. Maka, pertanyaannya kenapa kita butuh gerund dalam kalimat ini? Penjelasannya adalah kalau kalian tidak menggunakan gerund yang pastinya kalimatnya seperti ini:

  • I like watch movie. (salah)
  • I enjoy listen to music (salah).

struktur kalimat di atas adalah salah karena memiliki 2 kata kerja dan dalam satu kalimat ada kata “like dan watch”. Pada umumnya, satu kalimat  dalam Bahasa inggris tidak direcomendasikan untuk menggunakan 2 kata kerja dalam 1 kalimat. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan gerund agar kalimat nya menjadi benar. Selanjutnya, fungsi gerund yang digunakan setelah preposisi.

Gerund digunakan setelah preposisi

Apakah ada yang udah pernah dengar preposisi atau preposition? preposisi adalah kata yang mempunyai hubungan makna dengan kata benda. Sehingga, preposisi digunakan untuk mehubungkan kata benda, orang, objek dalam kalimat.

Berikut adalah contoh kata preposisi yang mungkin udah pernah kalian ketahui sebelumnya seperti kata after, before, at, in, on, with, by, for, of. Preposisi ini digunakan sebelum kata benda ya. Jadinya, sekarang kita liat penggunaan gerund sesudah preposisi.

  • I am good at studying math
  • He is interested in singing
  • Thanks for watching
  • By reading books, we get knowledge
  • I am live within my means. I don’t like the idea of spending much money

Akhirnya, dari contoh- contoh di atas apakah kalian pernah menggunakannya dalam percakapan Bahasa inggris?

Selanjutnya, kata gerund sebagai compound noun. Kita pahami contoh berikut yuk;

Gerund sebagai kata majemuk (compound noun)

smoking area
parking lot
running shoes
washing machine
waiting room
dining table

Sebagai contoh di bawah ini;

1. there are many smoking areas in my city ( ada banyak tempat khusus merokok di kota saya)

2. my father is repairing the washing machine (ayah saya sedang memperbaiki mesin cuci)

Kita pastinya sering banget ya melihat contoh-contoh kata majemuk seperti contoh di atas. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa peranan gerund dalam kalimat adalah sangat penting untuk diketahui ya!

Sebagai tambahan, setelah kita belajar pengertian dan penggunaan gerund dalam kalimat, sekarang kita mengenal list kata kerja apa saja yang selalu mengunakan gerund. Berikut adalah list kata kerja yang perlu kalian ketahui ketika belajar gerund;

List kata kerja yang diikuti dengan Gerund

AllowDislikeRecollectStartLikeResist
AcknowledgeEnjoyRecallSpendLoatheResent
AbhorDreadQuitShunLoveReport
AdviseEntailProposeShirkMeanRemember
AnticipateDisputeProhibitSaveMentionRegret
ImagineEndurePreventRiskMindNeglect
AppreciateFancyPreferResumeMissRecommend
InvolveEscapePracticeContemplateNecessitateAttempt
JustifyForgetStopDefendNeedBegan
KeepExcuseSuggestDeferNeglectCancel
GoEvadeSupportDelayOmitCease
HateFinishTolerateDenyPardonCelebrate
HaveExplainTryDetestPermitConfess
InvolveForbidUnderstandDiscontinuePictureConsider
AdmitFeignUrgeDiscussPostpone 

Agar kalian lebih memahami penerapan gerund dalam kalimat, lihatlah bentuk- bentuk kalimat seperti di bawah ini:

  1. I don’t mind repeating once again my explanation ( saya tidak keberatan untuk mengulang sekali lagi penjelasan saya )
  2. My English teacher told me that I should keep learning ( kata guru bahasa inggris saya bahwa saya sebaiknya tetap terus belajar)
  3. My brother postponed traveling to Bali last week (kaka saya menunda perjalanan ke bali).

Faktanya, memahami penggunaan gerund dalam kalimat bahasa inggris akan terasa mudah jika kalian memiliki niat yang serius. oleh karena itu, kalian harus bisa menghafal kata2 apa saja yang bisa diikuti dengan gerund untuk bisa membuat kalimat yang baik dan benar. Kesimpulannya, gerund keliatan seperti kata kerja tetapi berfungsi sebagai kata benda.

Akhirnya, kita udah belajar banyak yah mengenai defini dan penggunaan gerund. Jadi, Keep studying ya, guys!

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *