Penggunaan Do dan Does: Sederhana tapi Menyulitkan!

penggunaan do dan does

writing essay

Hi, English enthusiasts! Balik lagi sama SUN English, yang siap bantu kamu ngelancarin kemampuan Bahasa Inggris kamu. Kali ini, kita bakal bahas sesuatu yang seringkali banyak orang lupakan ketika mulai belajar Bahasa Inggris, yaitu Grammar. Memang benar kalau Vocabulary atau kosakata itu penting, tapi Grammar atau Tata Bahasa juga gak kalah pentingnya. Kenapa? Biar kita, tentunya, gak salah dalam pemakaian dan membuat kita jadi terlihat lebih natural dalam berkomunikasi. Sekarang kita akan fokus tentang penggunaan Do dan Does yang terlihat sederhana, tapi ternyata menyulitkan loh!

Parts of Speech

Nah, sebelum lanjut ke penggunaan do dan does, SUN English mau ngingetin nih kalo dalam Bahasa Inggris ada sebuah konsep bernama Parts of Speech. Apa itu? Sederhananya, Parts of Speech adalah klasifikasi kata-kata dalam Bahasa Inggris berdasarkan makna dan penggunaanya dalam sebuah kalimat, yang terbagi jadi 8 jenis: 

1. Noun (Kata Benda) 5. Adverb (Kata Keterangan) 

2. Pronoun (Kata Ganti Benda) 6. Preposition (Kata Depan)

3. Verb (Kata Kerja) 7. Conjunction (Kata Sambung)

4. Adjective (Kata Sifat) 8. Interjection (Kata Seruan)

Banyak banget ya? Tentunya kita gak akan bahas semuanya karena bakal makan waktu banget. Maka dari itu, yang kita bahas sekarang adalah Kata Kerja atau Verbs. Apa sih Verbs itu? Pada dasarnya, Verbs adalah kelompok kata-kata kerja yang menjelaskan sebuah situasi atau tindakan.Kalau kita bedah lagi, Verbs ini terbagi jadi 2 kelompok: Action dan Auxiliary. Oh, kita lanjut di paragraf berikutnya yuk untuk Action dan Auxiliary Verbs

Source: freepik.com

Nominal dan Auxiliary Verb

Kita perlu tau nih kalau dalam bahasa Inggris, ada dua jenis kalimat yaitu Nominal dan Verbal. Nominal sentence adalah kalimat yang berisikan informasi tentang sebuah situasi, kondisi, atau nilai, dan ciri khasnya adalah menggunakan am, is, are (Auxiliary Verbs). 

Contoh: 

– Most of my friends are awfully studious that they submit their work before deadline

– The tea is still hot. Be careful when sipping it!

Sedangkan Verbal sentence adalah kalimat yang berisikan informasi tentang sebuah tindakan/kejadian, dan menggunakan action verbs seperti do, write, call, run dan semacamnya.

Contoh: 

– My mother called me this morning and told me not to skip my lunch

– Kim must be more diligent as she rarely does her school work

Source: freepik.com

Makna dari ‘Do’

Seperti yang kita ketahui, ‘do’ adalah terjemahan bahasa Inggris dari melakukan atau mengerjakan. Tapi, kata ‘do’ tidak terbatas pada makna itu saja karena ada beberapa konteks makna lainnya. 

Semisal: 

1) ‘Considering the little time we have, I think that won’t do’

2) ‘If you feel dizzy, closing your eyes for 5 minutes does the trick’

‘that won’t do’ memiliki arti ‘akan percuma saja’ atau ‘tidak akan berhasil’ 

‘does the trick’ bukan berarti melakukan trik ya. Arti sebenarnya adalah ‘ampuh’ atau ‘berhasil’

Penggunaan ‘Do’ dan ‘Does’

Nah jadi apakah penggunaan Do dan Does itu sama? Tentu saja beda. Walaupun memiliki makna yang sama, ada syarat yang harus dipenuhi untuk menggunakannya. ‘Do’ adalah kata kerja asli atau biasa kita sebut Verb 1. Kalau kalian masih ingat pelajaran di sekolah, Verb 1 (dalam hal ini ‘Do’) hanya bisa dipakai untuk present tense dengan subjek I, You, We, They atau dipakai setelah Modal Verbs. Contoh;

1) We do our tasks on a daily basis

2) Martin will do it tomorrow when he will be off work

Sementara itu, penggunaan does hanya untuk present tense dengan subjek He, She, It. Contoh:

1) Anneth does the laundry every Sunday 

2) Our computer is really important since it does the works that we could not do 

Source: freepik.com

Itulah bahasan kita kali ini tentang penggunaan do dan does. Sebenarnya bisa dibilang sederhana, tapi kalau kalian gak latih secara konsisten, tentunya bakal jadi susah. Nah, SUN English punya program Conversation dan General English loh untuk bantu kamu menguasai penggunaan Verbs dan Parts of Speech lainnya. Dengan kualitas materi terbaik dan pengajar yang profesional, tentunya kamu bisa lebih paham dan lancar ketika berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Yuk, hubungi kantor SUN English terdekat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *