Penggunaan Verb-Ing : Definisi dan Aturannya

Source: Unspalsh – Penggunaan Verb-ing

Penggunaan Bahasa Inggris di era globalisasi semakin banyak dibuhtuhkan terutama dalam dunia pendidikan dan pekerjaan. Itu mengapa minat belajar Bahasa Inggris semakin lama semakin meningkat. Namun, tentu bukanlah hal yang mudah untuk benar-benar menguasai Bahasa Inggris karena banyak aspek yang mancangkup bahasa ini. Salah satu materi dalam Bahasa Inggris yang paling sering masuk ke dalam pembahasan adalah penggunaan Verb-Ing. 

Penggunaan Verb-Ing dapat terbilang penting karena hampir banyak materi dalam Bahasa Inggris menggunakan imbuhan ini. Misalnya, dalam tense Present Continuous Tense, kata kerja yang digunakan adalah kata kerja akhiran -ing. Bukan hanya itu, penggunaan verb-ing juga biasanya berlaku untuk materi Gerund

Apa Penggunaan Verb-Ing?  

Sebelum lebih lanjut kita membahas tentang penggunaan verb-ing, mari kita bahas tentang definisi atau arti kata -ing itu sendiri. Pada umumnya, verb-ing adalah kata kerja yang berfungsi untuk menerangkan satu keadaan atau situasi yang sedang berlangsung atau present participle. Dalam hal ini verb-ing akan berperan sebagai kata kerja dalam sebuah kalimat tertentu yang menerangkan bahwa kegiatan yang terjadi adalah kegiatan yang sedang berlangsung. Tentu kegunaan verb-ing akan berbeda dengan penggunaan verb-ing dalam gerund yang perannya tergantikan dari sebuah kata kerja menjadi sebuah nomina. Di bawah ini merupakan pejelasan lebih lanjut tentang perbedaan verb-ing dalam present participle  dan gerund. 

Penggunaan Verb -Ing sebagai Present Participle 

Source: taitdesign.com

Verb-ing dalam present participle biasanya merupakan bagian dari kata kerja dalam tense continuous, misalnya: 

  • I am working at the office. 
  • She is creating an art for her job. 
  • We are commuting to our workplace. 

Selain kata kerja continues, verb-ing juga berperan sebagai kata kerja yang memiliki kaitan dengan panca indera. Di bawah ini merupakan contoh kata kerja yang berkaitan dengan panca indera: 

  • They saw him cheating during the test. 
  • We heard her crying after the clas. 
  • He witnessed them stealing the bank. 

Beberapa kata sifat juga menggunakan kata kerja -ing, seperti misalnya: 

  • Her performance looks outstanding!
  • I can’t believe it! It was amazing!
  • The game is very exciting! I won’t miss it!  

Penggunaan Verb-Ing sebagai Gerund 

Memiliki kemiripan dalam bentuk kata, namun verb -ing pada gerund bukan berfungsi sebagai kata kerja melainkan kata benda. Tentu saja kegunaan juga pasti berbeda dengan present participle karena gerund sendiri memiliki beberapa fungsi yakni: 

  • Gerund sebagai Subjek

Gerund dapat berperan sebagai subjek yang melakukan aksi dalam sebuah kalimat. Contohnya:

Climbing makes Amel’s hand stronger. 

Di kalimat ini climbing menjadi subjek karena melakukan satu aksi yang membuat tangan Amel lebih kuat. Contoh lain misalnya: 

  • Reading books can help you to enhance your knowledge. 
  • Cooking helps me to boost my mood. 
  • Gerund sebagai Objek 

Selain menjadi subjek, gerund juga dapat memiliki fungsi sebagai objek. Misalnya: 

Jude likes dancing very much. 

Di sini, Jude memberikan satu aksi yaitu menyukai satu kegiatan yakni menari. 

  • She will choose singing class than math class. 
  • I always assume talking with him will be complicated. 
  • Gerund sebagai Pelengkap

Kegunaan gerund dalam sebuah kalimat juga bisa menjadi pelengkap. Seperti: 

My favorite activity is eating

Eating di sini menjadi sebuah pelenkap dalam kalimat dan memberikan keterangan tambahan. 

  • What she usually does on the weekend is reading some novels. 
  • My dad’s interest is building toys for my brother. 

Apa Aturan Penggunaan Verb-Ing yang Benar? 

Meskipun setiap kata kerja Bahasa Inggris dapat menggunakan imbuhan akhir -ing, namun ada beberapa yang tetap harus diperhatikan agar penggunaan verb-ing tepat pada sasarannya. Berikut beberapa peraturan agar menggunakan verb-ing yang benar:

Kata Kerja dengan akhiran E

Jika kita perhatikan, kata kerja yang memiliki akhiran E dalam Bahasa Inggris memang bukan hal yang langka. Jika verb dengan berakhiran E ini bertemu dengan imbuhan -ing, maka huruf E langsung digantikan dengan imbuhan -ing. Seperti misalnya SERVE menjadi SERVING, BAKE menjadi BAKING, atau TAKE menjadi TAKING. 

Kata Kerja dengan Akhiran IE 

Dapat ditemukan beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang berakhiran dengan huruf “IE”. Jika kita menemukan verb ini, dan kita ingin menggunakannya, mengganti huruf “IE” dengan “Y” dan menambah imbuhan -ing setelahnya merupakan cara yang tepat untuk dilakukan. Contohnya, kita ingin mengubah kata-kata LIE dengan menggunakan akhiran -ing. kita harus mengubahnya menjadi LYING. Atau contoh lain adalah kata kerja TIE, kita dapat mengubahnya menjadi TYING

Kata Kerja dengan Akhiran EE atau Huruf Vokal

Aturan yang selanjutnya bersangkutan dengan kata kerja yang berakhiran EE dan huruf vokal (a,i,u,e,o). Jika akan menambahkan imbuhan -ing ke belakang kata kerja yang memiliki akhiran EE, maka tidak ada yang peru dihilangkan. Misalnya, kata kerja SEE yang berubah menjadi SEEING saat terdapat imbuhan -ing di bagian belakang kata tersebut. Aturan tersebut juga berlaku bila akhir suatu kata kerja merupakan huruf vokal seperti GO, SKI, atau DO. kita tidak perlu menghilangkan huruf akhiran dari kata tersebut karena tinggal menambahkan akhiran -ing dan menggantinya menjadi GOING, SKIING, atau DOING. 

Kata Kerja dengan Huruf Vokal diikuti Huruf Konsonan

Untuk kata kerja yang memiliki akhiran huruf konsonan tetap terdapat huruf vokal sebelumnya memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya:

  • Kata kerja yang memiliki huruf konsonan di akhir yang sebelumnya dilengkapi dengan huruf vokal, harus menambah satu huruf konsonan yang sama sebelum kata -ing. Contohnya kata kerja BEG yang huruf terakhirnya adalah G (huruf konsonan) namun sebelumnya adalah huruf E (huruf vokal), maka akhirnya kata BEG harus ditambah satu huruf konsonan yang sama dengan huruf terakhir menjadi BEGGING. Contoh lain adalah OFFER yang dalam bentuk verb-ing nya adalah OFFERRING
  • Kata kerja yang memiliki dua suku kata dapat langsung ditambah dengan imbuhan -ing. Misalnya VISIT dapat langsung bertransformasi menjadi VISTING. Contoh lain adalah EAT yang dapat berubah menjadi EATING

Kata Kerja dengan Akhiran C 

Penggunaan imbuhan -ing pada kata kerja dengan akhiran C juga memiliki aturan tertentu. kita harus menambahkan huruf K setelah huruf akhiran C sebelum kita mengubahnya menjadi verb-ing. Kata kerja dengan akhiran C misalnya PANIC yang mana kata kerja ini dapat berubah menjadi PANICKING

Demikian penjelasan tentang definisi dan aturan dalam penggunaan verb-ing yang dapat kamu pelajari untuk meningkatnya Bahasa Inggris kamu. Jangan lupa untuk terus berlatih dan belajar!

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Add a Comment

Your email address will not be published.